Webinar IBN Tegal: Hadapi Covid Dengan Spirit Pancasila

Pancasila sebagai falsafah Bangsa Indonesia menjadi pegangan dalam menghadapi permasalahan kemanusiaan, Pandemik korona yang mewabah khususnya di Indonesia harus dihadapi dengan Spirit Pancasila. Demikian disampaikan oleh Keynote Speaker Wakil Menteri Desa Budi Arie Setiadi di Webinar Nasional yang diadakan IBN Tegal, Sabtu 20 Mei 2020.

Webinar yang diadakan secara Live Zoom dan Live Youtube Kampus Merdeka, selain menghadirkan Narasumber Wamen Desa Budi Ari Setiadi, hadir Wagub Jateng Taj Yasin Maimoen, Wabup Tegal Sabilillah Ardie, Tim Revolusi Mental Kemendagri Aryo Santiko, Wawan Hermawan dan DR Saepudin Akademisi IBN Tegal.

Wamen Desa Budi Arie, menyampaikan diawal Webinar bahwa Spirit Pancasila itu ya Kearifan Lokal, jadi kalau seluruh elemen bangsa dari Pusat, daerah, desa hingga RT bergerak gotong royong bersama hadapi Covid19 itu merupakan Spirit Pancasila. "Bangsa kita menghadapi Covid19 dengan Spirit Pancasila," jelasnya.

Selanjutnya, Wagub Jateng Taj Yasin Maeimoen menyampaikan tentang Program Jogo Tonggo yang juga merupakan penjabaran dari Spirit Pancasila. "Di Jawa Tengah kita terapkan Jogo Tonggo, sebagai bentuk melawan covid19," paparnya.

Sedangkan, di Kabupaten Tegal sendiri, yang sedang menuju ke zona hijau terus melakukan upaya-upaya pencegahan covid-19 dengan protokoler kesehatan yang ketat. "Kita terapkan protokoler ketat, dan meneruskan program dari pusat dan daerah provinsi," kata Wabup Tegal Sabilillah Ardie.

Sementara Dua Narasumber dari Tim Revolusi Mental Kemendagri Aryo Santiko mencoba menggelorakan semangat Pancasila sebagai spirit menghadapi covid 19 dari berbagai sudut pandang. Dilanjutkan oleh DR Saepudin dari sudut pandang Ketuhanan.

Webinar Nasional Dihadiri Lebih dari 1000 pendaftar dari berbagai daerah dari luar jawa dan terbagi dalam 2 ruang webinar, Zoom dan Youtube.

"Terimakasih kepada semua pihak yang mensukseskan Webinar Nasional, berikutnya kita akan menuju ke Webinar International," Imbuh Kepala LP3M IBN Tegal Fatkhudin.

(slawiayu/fat)


Desa : Procot, Kecamatan : Slawi, Kab. Tegal #Webinar #Webinarnasional #seminar