Tips Memilih Pakan Ikan Cupang Yang Bagus

Tips memilih pakan ikan cupang - Ikan Cupang, siapa yang tidak kenal dengan jenis ikan yang satu ini? Ikan Cupang merupakan salah satu jenis ikan hias yang mempunyai banyak penggemar. Penggemarnya mulai dari kalangan anak - anak hingga orang dewasa. Kenapa ikan cupang bisa sepopuler ini? Hal ini dikarenakan ikan cupang memiliki warna yang indah nan cantik. Selain cantik, ikan cupang juga termasuk ikan yang mudah untuk dipelihara.

Bila Anda salah satu penggemar ikan cupang, pastilah menginginkan perawatan yang terbaik untuk peliharaan Anda. Salah satu perawatan terbaik yakni dengan memberikan pakan yang baik. Dengan memberikan pakan yang baik, Ikan Cupang yang Anda pelihara pasti akan tumbuh dengan baik juga. Lalu bagaimana memilih pakan yang baik agar ikan cupang dapat tumbuh optimal?

Anda perlu memilih dan memilah pakan terbaik untuk peliharaan Anda. Karena ikan cupang merupakan golongan hewan karnivora (pemakan daging), ikan cupang cocok diberikan makanan seperti cacing sutra, kutu air, dan artemia. Namun apabila kesulitan untuk memperoleh pakan tersebut, Anda juga bisa memberikan pakan pelet pada ikan cupang Anda.

Walaupun dipasaran sudah banyak yang menjual pakan atau pelet ikan cupang yang harganya tergolong murah. Anda harus memperhatikan beberapa tips untuk memilih pakan yang terbaik untuk ikan cupang Anda. Berikut tips memilih pelet ikan cupang yang perlu Anda perhatikan.

Tips Memilih Jenis Pelet Ikan Cupang yang Bagus

Pelet Ikan Cupang memiliki beragam manfaat. Sama halnya manusia yang membutuhkan nutrisi dari makanan, ikan cupang hias juga membutuhkan pelet untuk membantu memenuhi gizi dan nutrisinya. Agar ikan cupang tidak mudah sakit, dan juga membantunya memiliki warna yang cantik dan bagus, hendaknya memperhatikan point - point berikut ini sebelum membeli pelet ikan cupang, diantaranya :

1. Cek Kandungan Nutrisi Pada Pelet Ikan Cupang

Pelet ikan cupang yang bagus seharusnya memiliki kandungan protein yang banyak. Karena protein sangat diperlukan oleh ikan cupang untuk membantunya mempercepat proses pertumbuhan dan juga dapat membantu agar si cantik ikan cupang tidak mudah sakit atau terkena penyakit.

Selain itu, pelet ikan cupang hendaknya mengandung karbohidrat, serat, fosfor, lemak, dan aneka vitamin. Karena selain protein, ikan cupang juga memerlukan gizi yang cukup dan seimbang.

2. Perhatikan Kemasan Pelet Ikan Cupang

Kemasan pelet juga memepengaruhi kualitas dari pelet itu sendiri. Lebih baik saat membeli pakan atau pelet, pilihlah kemasan yang rapi, bersih dan kedap udara serta steril, periksa kemasannya juga apakah ada yang rusak. Karena jika kemasannya baik maka kualitas dari makanan juga terjaga dengan baik.

Perhatikan juga pada kemasan apa saja kandungan dalam pelet tersebut, dan siapa produsennya, yang terpenting adalah cek tanggal kadaluarsanya jangan sampai Anda membeli makanan yang sudah melewati tanggal kadaluarsa.

3. Pilihlah Pelet Ikan Cupang Yang Mengandung Sprirulina

Spirulina dan pigmen karotenoid merupakan salah satu faktor pendukung agar ikan cupang dapat memiliki warna sirip dan tubuh yang lebih tajam sehingga akan tampak lebih cantik dan lebih indah.

Walaupun faktor utama warna ikan cupang yang dimiliki adalah dari induknya atau fari genetik ikan. Namun setidaknya kandungan spirulina dapat membantu ikan cupang memicu warna ditubuhnya agar tampak lebih tajam dan indah.

4. Perhaikan Tipe Dari Pelet Ikan Cupang

Perlu Anda ketahui pelet ikan cupang ada dua tipe, pertama adalah tipe yang tenggelam di dasar akuarium, dan kedua adalah tipe yang mengapung di permukaan air. Anda bisa memilih sesuai dengan kebutuhan tipe pelet apa yang akan Anda gunakan.

Perhatikan juga ukuran pelet ikan cupang yang kira -kira besarnya sama dengan bola mata ikan cupang yang Anda miliki. Hal ini dikarenakan beberapa dari pembudidaya atau pecinta ikan cupang profesional mempercayai bahwa ukuran dari bola mata ikan cupang sama dengan kapasitas dari perut ikan tersebut.

Nah itulah beberapa tips yang perlu Anda perhatikan sebelum membeli pelet ikan cupang. Beberapa merk pelet ikan cupang yang bagus sebenarnya sudah banyak dipasaran. Namun apabila Anda ingin mengetahui rekomendasi - rekomendasi merk apa saja yang bagus. Anda bisa melihat beberapa rekomendasi merk pelet ikan cupang yang bagus di ceklist.id, di disana sudah di rangkum rekomendasi merk-merk pelet ikan cupang terbaik.

Ikan cupang sama halnya dengan manusia, membutuhkan beberapa nutrisi untuk mempertahankan hidup dan warna indahnya. Oleh karena itu, hendaknya tidak boleh sembarangan dalam memilih pakan untuknya. Pilihlah pelet ikan cupang yang berkualitas, agar ikan cupang yang Anda miliki menjadi lebih cantik, sehat, dan terawat.

(slawiayu/roy)


Desa : Kalisapu, Kecamatan : Slawi, Kab. Tegal #PakanIkanCupang #ikancupang #cupang #tipsmemilihpakanikancupang