Tari Sufi Pesantren Al Amiriyah Di Malam Tasyakuran Kab Tegal

Pondok pesantren saat ini sudah mulai mengikuti perkembangan zaman, mulai dengan bertambahnya fasilitas gedung modern dan perlengkapan mutakhir. Alhasil sekarang pemerintah sudah mulai menggandeng pesantren, salah satunya dengan melibatkan pada kegiatan pemerintahan.

Sudah dianggap ritual tahunan yang wajib dilaksanakan mulai tingkat RT hingga pemerintah provinsi ialah malam tasyakuran, sebuah acara kumpul bersama yang arahnya perwujudan rasa syukur kita telah diberikan Kemerdekaan.

Rasa Syukur Indonesia Merdeka

Sama halnya di pemerintah kabupaten Tegal yang juga menyelenggarakan acara Malam Tasyakuran HUT RI ke 74 di Pendopo Amangkurat kab. Tegal, diawali dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya.

Malam Tasyakuran HUT RI ke 74 di Kab. Tegal
Malam Tasyakuran HUT RI ke 74 di Kab. Tegal

 

Dalam acara yang cukup khidmat tersebut terlihat bupati Tegal ibu Umi Azizah ditemani wakil bupati Tegal bapak Sabilillah Ardie menghayati setiap rangkaian acara syukuran tersebut.

Pondok Pesantren Tahfidz Al-Amiriyah

Acara malam tasyakuran kabupaten Tegal 2019 ini juga dihadiri beberapa ulama khos, diantaranya :

  1. KH. Soleh Basalamah (pengasuh ponpes Darussalam jatibarang)
  2. KH. Syamsul Arifin (pengasuh ponpes Misbahul Huda Al-Amiriyah kambangan)

Seperti yang kita ketahui bahwa pondok pesantren Misbahul Huda Al-Amiriyah merupakan pesantren tahfidz terbaik di tegal, dengan berbagai prestasi diraih oleh para santrinya.

Rupanya di malam tasyakuran HUT RI ke 74 di Pendopo kabupaten tegal ini, dimeriahkan pula group hadroh dari Pondok Pesantren Tahfidz Al-Amiriyah kambangan.

Para hadirin dibuat kagum dengan munculnya tari sufi yang berputar diiringi group hadroh, hal ini dikarenakan saat ini cukup sulit untuk melakukan tari sufi.

Semoga dengan dilangsungkannya acara malam tasyakuran diberbagai lapisan masyarakat, dapat meningkatkan rasa syukur kita kepada Allah yang telah memberikan rasa aman dan nyaman berupa kemerdekaan.

Meskipun menjalani hari-hari sangat sulit, setidaknya kita merdeka dan bebas dari ancaman penjajah. Merdeka!!! Merdeka!!! Merdeka!!! Sekali merdeka tetap MERDEKA.

(slawiayu/pastiin)


Desa : Dukuhsalam, Kecamatan : Slawi, Kab. Tegal #PondokPesantren #MalamTasyakuran