Struktur Dan Cara Membuat Daftar Riwayat Hidup

Cara Membuat Daftar Riwayat Hidup - Daftar riwayat hidup merupakan dokumen yang didalamnya berisi terkait data diri pengalaman kerja dan riwayat pendidikan seseorang. Adapun pada berkas-berkas ini nantinya akan digunakan ketika melamar pekerjaan. Ketika membahas soal lamaran kerja biasanya banyak orang atau pihak perusahaan yang mensyaratkan agar si calon pelamar ini harus menuliskan daftar riwayat hidupnya secara langsung.

Karena terkadang perusahaan ini tidak menerima daftar riwayat hidup yang berupa print out hasil ketikan komputer. Namun pada dasarnya ketika mencari contoh daftar riwayat hidup pada internet juga sangat mudah dan banyak sekali ditemukan sebagai bahan referensi. Tapi beberapa orang juga harus mengetahui adanya struktur penulisan atau cara menulis daftar riwayat hidup yang baik dan benar.

Adapun pada artikel ini akan dibahas seputar Cara membuat daftar riwayat hidup.

Struktur Penulisan Daftar Riwayat Hidup

Pada dasarnya keberadaan struktur penulisan daftar riwayat hidup ini hanya terdiri dari informasi seputar data diri Anda. Daftar riwayat hidup ini memiliki manfaat dan tujuan untuk memberikan gambaran atau profil secara singkat tentang diri Anda kepada pihak perusahaan atau pihak rekruter.

Dan nantinya ketika dirasa cocok serta daftar riwayat hidup yang Anda berikan ini telah memenuhi kriteria yang ditetapkan, maka anda bisa saja langsung diterima sebagai calon kandidat pada perusahaan tersebut. Adapun berikut ini struktur yang harus anda perhatikan ketika akan membuat daftar riwayat hidup.

  • Memuat seputar identitas diri seperti nama, tempat dan tanggal lahir, alamat, usia, foto, dan lainnya.
  • Pendidikan terakhir (dapat pula mencantumkan 2 pendidikan terakhir saja).
  • Pengalaman pekerjaan.
  • Keahlian dan minat.
  • Pengalaman organisasi (jika dirasa perlu).

Cara Menulis Daftar Riwayat Hidup Tulis Tangan

1. Siapkan Kertas Kosong dan Alat Tulis

Cara membuat daftar riwayat hidup pertama yang anda lakukan Yaitu anda harus menyiapkan kertas kosong terlebih dulu, misalnya kertas folio bergaris dan juga jangan lupa untuk menyiapkan alat tulis.

Terkadang dokumen daftar riwayat hidup ini akan ditulis menggunakan pulpen. Setelah itu sebelum anda membuat daftar riwayat hidup ini Anda juga harus mengetahui terlebih dahulu kalimat apa saja yang nantinya akan ada tulis dan ada masukkan ke dalam daftar riwayat hidup.

2. Buat Draft

Cara membuat daftar riwayat hidup kedua yaitu bisa membuat drive atau semacam konsep kalimat yang nantinya akan ada tulisan pada daftar riwayat hidup yang anda buat. Hal ini dirasa cukup penting sebab ketika terjadi sebuah kesalahan maka otomatis anda pun harus membuat daftar riwayat hidup lagi dari awal.

3. Mulailah dengan Kalimat Sederhana Tapi Menarik

Ketika anda telah mulai membuat draft maka secara tidak langsung akan muncul gambaran kalimat yang ada di kepala anda yang nantinya ingin anda tulis. Jadi agar mempermudah hal tersebut maka tulislah kalimat pembuka yang menarik dan sederhana.

Karena ketika anda sering menulis maka akan terasa gampang Ketika menulis daftar riwayat hidup. Di samping itu ketika anda menyusun daftar riwayat hidup ini hindari coretan yang berlebih serta dapat merusak adanya berkas yang anda buat.

4. Tulis Informasi Secara Berurutan

Cara membuat daftar riwayat hidup Selanjutnya anda pun dapat memulai tulisan dari data diri Anda sampai dengan data tambahan dan perhatikan struktur daftar riwayat hidup yang baik dan benar.

5. Cantumkan Kalimat Penutup

Pada dasarnya ketika membuat sebuah daftar riwayat hidup ini pasti terdapat kalimat penutup. Adanya kalimat penutup ini bertujuan untuk menyatakan bahwa daftar riwayat yang anda buat adalah jujur serta diiringi dengan adanya tanda tangan pada bagian kanan bawah dokumen daftar riwayat hidup yang anda buat.

(slawiayu/roy)


#RiwayatHidup #DaftarRiwayatHidup