Solitaire : Game Jadul Yang Abadi Sepanjang Masa

Game merupakan salah satu hiburan semua kalangan, baik dari yang muda sampai yang dewasa, di dalam game itu sendiri ada beberapa kategori, ada yang hanya untuk dewasa, remaja, anak-anak, atau juga bisa di mainkan segala usia.

Ragam game sekarang banyak sekali jumlahnya, sampai - sampai tak terhitung jumlahnya. Banyak game - game kita bisa nikmati dari mulai yang di download, atau yang berbasis web. Selain game terbaru ada juga beberapa game yang sudah ada dari jaman dulu tapi masih eksis sampai sekarang, ada yang dimodif ada juga yang tetap mempertahankan keaslian game tersebut.

Jika Anda salah satu penikmat game, pasti tidak asing dengan game solitaire. Game solitaire ini sudah lama sekali, namun masih tetap eksis di jaman sekarang, dulu sering kali kita mainkan di komputer dengan monitor tabung. Namun sekarang sudah ada yang berbasis web, jadi sekarang Anda bisa menikmati game solitaire ini tanpa perlu mendownload aplikasi atau apapun. Bisa di mainkan di smartphone, gadget, laptop. Nah praktis kan.

Game solitaire merupakan game untuk kalangan remaja hingga orang dewasa, game ini tidak cocok untuk anak-anak, karena membutuhkan konsentrasi dan kejelian untuk dapat memainkan serta memenangkan di setiap gamenya. Game solitaire ada banyak jenisnya, selain itu tingkatan dalam permainannya juga beragam, ada yang mudah, medium, sampai sulit.

Sekarang kita bahas yuk Jenis - jenis game solitaire dan cara memainkanya

1. Klondike

Klondike merupakan salah satu jenis permainan yang ada di game solitaire, cara memainkannya yakni dengan mengurutkan urutan kartu seperti 9,8,7, dst tetapi dengan di silang warna / berbeda warna, misalnya 9 hati merah, lalu urutan berikutnya 8 keriting hitam, dst.

Cara Bermain Klondike Solitaire
Cara Bermain Klondike Solitaire

Jika pada lembaran kartu ang di buka tidak ada urutanya lagi, atau tidak bisa memainkan lagi, Anda bisa membuka kartu yang ada di ujung atas sebelah kiri ( kartu yang tertutup ).

Apabila bertemu kartu AS anda langsung saja bisa meletakan kartu di pojok kiri bawah, dengan pada tempatnya, artinya AS kriting di tempatkan juga ke kotak keriting. Lalu setelah kartu AS terpasang, dan Anda menemukan 2 keriting bisa lagsung masukan ke atas AS keriting, begitu seterusnya sampai semua kartu habis. Hal ini berlaku untuk semua kartu. Jika Anda berhasil menyusun semua kartu pada tempatnya, secara otomatis Anda juga sudah memenangkan Game Klondike ini.

Perlu diketahui game ini ada 2 kategori, yaitu Easy / Mudah, dan Hard / Sulit. cara memainkanya sama hanya saja berbeda pada kartu yang terletak pada kiri atas,

  1. Easy/Mudah : kartu tertutup yang di pojok kiri bisa di buka satu persatu sehingga memudahkan kita untuk menyelesaikan susunan kartu, sedangkan
  2. Hard/Sulit : kartu tertutup yang di pojok kiri jika di klik/dibuka akan muncul 3 kartu, itu agak menyulitkan karena kita hanya bisa mengambil kartu yang berada di depan saja, tidak bisa mengambil yang ditengah secara langsung.

2. Spider Solitaire

Spider ini merupakan game yang sangat populer dan sering dimainkan orang bila dibandingkan dengan game solitaire yang lain, karena paling simple memainkannya, cukup mengurutkan kartu yang terbuka dari besar ke kecil. Dari K, Q, J, 10, s/d AS, Jika kartu sudah terurut biasanya akan secara otomatis tertumpuk di bagian kanan atas. Lakukan sampai semua kartu habis, maka Anda akan memnangkan permainan ini.

Cara Bermain Spider Solitaire
Cara Bermain Spider Solitaire

Lalu bagaimana jika dalam kartu yang terbuka tidak ada lagi urutanya / tidak bisa melanjutkan permainanya? Gampang saja, Anda tinggal membuka kartu tertutup yang tertutup di bagian pojok kanan bawah, maka akan ada kartu terbuka lagi. Dan Anda bisa melanjutkan permainannya lagi.

Bila muncul permasalahan kok di klik kartu di kanan bawah tidak bisa terbuka, coba Anda perhatikan lagi jejeran kartu yang terbuka, adakah slot yang kosong? jika ada, silahkan isi slot kosong tersebut dengan kartu, Anda harus merelakan beberapa tumpukan yang sudah terurut. Jika sudah terisi semua slot, coba klik lagi tumpukan kartu di pojok kanan bawah, maka akan langsung terbuka.

Ada 3 tingkatan dalam memainkan spider solitaire ini

  • Easy/Mudah : Berisi satu jenis kartu, jadi mudah untuk mengurutkan kartu - kartunya dari K s/d As.
  • Medium : Berisi dua jenis kartu, hati merah dan waru hitam. Ini agak sulit karena 2 jenis kartu, bisa di urut secara silang/ dua kartu tak sejenis, misal 5 waru hitam, lalu 4 kartu hati merah,3 waru hitam, 2 hati merah. Namun jika urutanya seperti itu, kartu tidak bisa di pindahkan secara langsung, yang bisa dipindahkan hanya yang urutannya sejenis, seperti 6 hati merah, 5 hati merah, 4 hati merah, dst. Jadi saran saya lebih baik utamakan dulu urutan kartu yang sejenis agar mudah ketika memindahkan urutan kartu.
  • Hard/Sulit : Namanya juga sulit, jadi permainannya lebih membutuhkan konsentrasi yang lebih lagi, karena di kategori ini akan disediakan 4 jenis kartu. caranya sama dengan yang medium hanya lebih rumit lagi, karena ada 4 jenis kartu yang harus Anda susun.

3. FreeCell

Sebelum membahas bagaimana cara memainkan game FreeCell ini, kita ulas terlebih dahulu bagian yang ada pada game ini,

  1. Ada papan kosong sebelah kiri fungsinya untuk menaruh / menitipkan /memindahkan 1 kartu
    untuk membantu atau mempermudah kita menyingkirkan sementara kartu yang menghalangi permainan.
  2. Ditengah ada tumpukan kartu - kartu yang terbuka untuk kita mainkan.
  3. Disebelan kanan ada deretan kotak transparan untuk memindahkan kartu yang sudsh urut,
    sesuai jenisnya.
Cara Bermain Free Cell Solitaire
Cara Bermain Free Cell Solitaire

Setelah mengenal bagian game FreeCell ini, mari kita mulai bagaimana cara memainkan game ini.

Caranya yakni tinggal mengurutkan kartu - kartu yang telah terbuka dengan cara menyilang jenisnya contoh 8 merah, lalu 7 hitam begitu seterusnya.

Berbeda dengan Spider solitaire, walaupun kartu yang terurut berbeda jenis masih bisa di pindah - pindah, asal masih dalam urutan yang benar. urutan di kartu yang terbuka dimulai dari besar ke kecil. Namun, kartu yang di masukkan ke kotak sebelah kanan di mulai dari Kartu As sampai ke kartu K sesuai jenisnya.

Jika, kartu yang terbuka sudah habis yang berarti sudah berhasil di urutkan kedalam kotak sebelah kanan semua, Otomatis Anda berhasil memenangkan / menyelesaikan game ini.

4. Pyramid

Salah satu permainan yang berbeda di antara game solitaire, karena Anda tidak perlu mengurutkan kartu - kartu. Selain itu, Anda juga tidak perlu memikirkan jenis kartu.

Dalam permainan Pyramid ini Anda hanya perlu mencari 2 kartu, dengan ketentuan 2 kartu tersebut berjumlah/ bernilai sama dengan 13.

Seperti ini caranya, misal klik kartu 10 kemudian klik kartu 3 nanti otomatis kartu itu jatuh dan hilang, kemudian cari dan klik lagi 2 kartu yang apabila di jumlah bernilai 13.

Catatan,

  • khusus untuk kartu K = 13,jadi Anda tinggal klik K saja maka kartu akan jatuh dan tergeser dari tempatnya. kemudian Q + 1 = 13, J + 2 = 13, 10 + 3 = 13, dst.
  • kartu yang bisa di klik adalah kartu yang tidak terhalang kartu didepanya, juga kartu yang berada di bawah pyramid.
  • bila kartu yang terbuka ( tidak terhalang ) sudah tidak ada yang berjumlah 13, Anda bisa mencari di tumpukan kartu ndibawah pyramid, dengan cara klik tombol panah.

5. Tripeaks

Game Tripeaks juga tergolong cukup mudah, Anda tinggal mengurutkan kartu - kartu dengan membuka kartu di bawah 3 piramid lalu cari dan pilih kartu yang berada di urutan atas atau bawah dari kartu tersebut.

Misal, yang terbuka kartu 10, maka untuk kartu selanjutnya bisa J, atau 9. Jadi urutanya bisa seperti ini, 10,9,8,7,8,9,10,j,10 dst.

Dalam permainan Tripeaks, terdapat 3 piramid, dan di dalam piramid ada kartu - kartu yang tertutup. Untuk membuka kartu tersebut Anda harus menyingkirkan kartu yang menghalangi dengan cara menumpuk/mengurutkan kedalam tumpukan kartu di bawah piramid. Jika kartu yang terbuka atau yang menghalangi sudah tidak ada, maka otomatis kartu yang tertutup akan terbuka.

Jika kartu yang berada di dalam piramid habis, Itu artinya Anda berhasil memenangkan permainan ini.

6. Golf

Cara memainkan Golf tidak jauh berbeda dengan Tripeaks, mencari urutan kartu dengan menumpuknya di deretan kartu dibawah yang terbuka. Perbedaannya hanya kartu yang tertutup terlihat jumlahnya.

Apabila deretan kartu di bawah sudah habis sedangkah kartu yang terpampang belum habis dan sudah tidak ada urutan atau sudah tidak bisa dimainkan berarti Anda kalah, Namun sebaliknya apabila kartu yang terpampang sudah berhasil ditumpuk dan habis, maka Anda memenangkan game ini.

Perbedaan Golf dan Tripeaks juga terletak pada kategori permainan, dalam Tripeaks tidak ada kategori permainan yang mudah atau susah. Namun pada Golf ada 2 kategori permainan, yakni Easy dan Hard.

  • Easy : Kartu tidak ada batasan pengulangan, maksudnya apabila kartu itu Q,K, As maka bisa klik kartu K untuk urutan selanjutnya. Sebaliknya juga berlaku apa bila kartu 3,2,As, bisa klik kartu K.
  • Hard : Kartu ada batasanya ketika kartu di K tidak bisa klik As, begitu juga sebaliknya ketika As tidak bisa klik kartu K.

7. Mahjong

Permainan ini walau terlihat menyenangkan, namun memerlukan kejelian. Peraturanya juga lebih simple. Anda hanya perlu menemukan 2 gambar yang sama.Di klik secara berurutan gambar yang sama, maka akan menghilang gambar tersebut dan membuka gambar yang ada di urutan bawahnya.

Jadi Mahjong seperti balok yang bertumpuk - tumpuk, Anda hanya mencari yang sama namun yang tidak terhalang oleh balok lainnya ( berada di barisan paling luar/paling atas). Lakukan sampai semua balok habis.

Perlu diperhatikan juga di bagian kanan ada beberapa tombol, yuk kita bahas fungsinya satu persatu:

  1. New Game : fungsinya untuk memulai kembali permainan baru. Jadi apa bila Anda sudah separuh jalan dan tidak sengaja memencet tombol ini, maka permainan akan otomatis berubah menjadi permainan baru.
  2. Shuffle : tombol ini digunakan untuk mengacak gambar, jadi apabila Anda sudah pusing tidak menemukan gambar yang bisa d klik/dibuang, Anda bisa mengacak gambar yang ada di balok tanpa mengubah susunan balok.
  3. Undo : Tombol ini digunakan untuk membalikan permainan sebelumnya secara setahap setingkat, ini berfungsi ketika Anda salah langkah yang mengakibatkan susunan balok menjadi satu tumpukan sehingga tidak bisa di klik, Oleh karenanya tombol ini berguna untuk membalikan permainan sebelumnya.
  4. Option : Tombol ini digunakan untuk desain gambar balok (memakai pilihan style), atau susunan balok (di select a map). Ini berfungsi apabila Anda bosan dengan gambar atau susunan balok, jadi bisa disesuaikan dengan keinginan Anda.

Bagi Anda, khususnya yang lahir di era 90-an, dan ingin bernostalgia dengan game-game di atas, Anda bisa mengunjungi solitaire.org di situs tersebut banyak permainan seperti yang sudah kita bahas.

Karena menggunakan browser Anda tidak perlu menginstal permainan atau mendownload aplikasi apapun hanya untuk bermain solitaire.

Namun jika Anda ialah orang tua, dan ingin mengenalkan game ini ke anak Anda, harus tetap awasi ya apa yang dimainkan oleh anak - anak kita, harus pandai mengatur jam bermainnya agar anak tidak kecanduan game. Sedangkan untuk para penikmat game jadul, silahkan kunjungi situs tersebut. Selamat Bernostalgia.

(slawiayu/roy)


#solitaire #game