Puncak Dies Natalies UPS Dan HUT KSB Akan Dihadiri Gubernur Jateng

Rangkaian acara Dies Natalis UPS Tegal ke 39 dan Anniversary UKM Kajian Seni dan Budaya (KSB) terus berlanjut, puncak acara akan dilaksanakan besok tanggal 26 hingga 27 maret 2019. Puncak acara akan dilaksanakan dengan tema Ngaji Budaya bersama Gubernur Jateng Ganjar Pranowo dan Dalang Firman Haryo Entus.

Menurut informasi dari panitia, puncak acara akan dilaksanakan di Lapangan olahraga UPS Tegal, dengan cara dianataranya. Pementasan teater dan monolog, ngaji budaya, festival jajanan tradisional, dance, games dan birtday party KSB ke 19.

Perlu diketahui bahwa Unit Kegiatan Mahasiswa Kajian Seni dan Budaya (UKM KSB) merupakan salah satu Unit Kegiatan di Kampus Universitas Pancasakti Tegal yang berdiri mulai tahun 2000.
Di dalam UKM KSB, terdapat beberapa divisi yang berpusat pada bidang kesenian. Divisi tersebut antara lain, Divisi Musik, Divisi Tari, Divisi Teater, Divisi Seni Rupa, Divisi Sastra, Divisi Sinematografi

Kemudian UKM KSB sudah berlalu lalang dalam dunia kesenian sejak didirikannya pada tanggal 06 Maret tahun 2000 yang artinya untuk tanggal 06 Maret 2019 mendatang UKM KSB akan berumur 19th.
Selama 19 tahun ini, UKM KSB telah menorehkan beberapa prestasi dalam dunia kesenian, Mengikuti Dramakala Fest yang merupakan ajang kompetesi drama tingkat nasional yang diadakan oleh LSPR (London School Public Relation) di Jakarta Pusat dengan membawakan Naskah “KULUP KARO EMANE” adaptasi dari Buku berjudul sama karya Dr. Maufur (Mantan Wakil Walikota Tegal).

Kolaborasi Pentas Teater bersama Teater Keliling Indonesia binaan Rudolf Puspa. Berpartisipasi dalam acara NET TV di Kano Point Cafe. UKM KSB membawakan Dance Modern. Sebagai peserta nominasi Lomba MURAL di Pemalang. Partisipan dalam Jogja Menari 2018. Finalis 10 Besar PEKSIMIDA 2012 dalam Tangkai Lomba Monolog. Finalis 3 Besar PEKSIMITAS 2018 dalam Tangkai Lomba Baca Puisi. Peserta PEKSIMIDA pada 2008 dalam Tangkai Lomba Monolog.

Pertunjukan seni keliling kampung yang diadakan setahun sekali. Pertunjukan seni keliling Kampus yang diadakan setahun sekali. Pemenang lomba baca puisi yang diadakan oleh berbagai instansi di Kota Tegal, Kabupaten Tegal, dan Kabupaten Brebes. Sebagai tuan rumah berbagai pementasan teater dan kegiatan seni lainnya dari berbagai komunitas seni luar kota.

(slawiayu/siswandi)


#KSBTegal #UPSTegal