Program Kewirausahaan Pemuda, Perlu Digencarkan Sosialisasinya

Program penumbuhan kewirausahaan pemuda yang dicanangkan Pemerintah Kabupaten Tegal sedang gencar disosialisasikan, butuh bantuan dari semua elemen. Sebab, dengan suksesnya program ini akan mengurangi angka pengangguran di Kabupaten Tegal. Demikian disampaikan Sekretaris Panitia Penumbuhan Kewirausahaan Pemuda, Jum'at (22/20

Menurutnya, program ini sudah direncanakan sejak almarhum Bupati Tegal Entus susmono masih menjabat, yang dulu pernah mendapat penghargaan nasional. Baru terlaksana tahun ini, dengan dibentuknya tim kolaborasi kewirausahaan pemuda yang di diberi SK pada tanggal 28 Januari.

"Target kita mengumpulkan 1000 ide atau gagasan dari pemuda Kabupaten Tegal meliputi agrobisnis, pariwisata, industri kreatif, dan manufaktur. Awal mei harus sudah selesai proses pendaftaran, nantinya akan diseleksi menjadi 50 pengusaha muda melalui kurang lebih 20 tahap," kata Diana saat ditemui di Bappeda Kabupaten Tegal.

Diana pun mengatakan ini merupakan gagasan awal di tingkat nasional, baru muncul dari Kabupaten Tegal. "Ketika berhasil kita akan menciptakan pengusaha-pengusaha muda, yang diharapkan menularkan gagasan atau idenya ke pihak lain. Sehingga makin berkembang dan bermanfaat," harapnya.

"Kebanyakan keinginan wirausaha muncul dari tamatan SD dan SMP. Tamatan SMA dan S1 lebih condong mencari peluang kerja, yang berakibat pada munculnya pengangguran. Mari kita rubah pola pikir pemuda melalui program ini," kata Diana.

Ditambahkanya, bahwa jumlah pendaftar masih jauh dari target, perlu adanya bantuan dari berbagai pihak untuk kepentingan bersama. "Surat pemberitahuan sudah diedarkan ke desa, tinggal desa memberikan informasi kewirausahaan untuk pemuda dengan umur 19-28. Kami tunggu idenya," paparnya.

(slawiayu/sis)


#kewirausahaanpemuda #Usaha