Penyebab Dan Cara Mengatasi Biang Keringat

Biang keringat ialah dimana keadaan kulit muncul bintik-bintik berwarna merah kecil dan halus, menyebabkan rasa gatal dan sensasi panas. Penyakit yang satu ini biasanya menyerang pada kulit bagian leher, dada, punggung, dan paha. Meskipun menderitanya kebanyakan anak-anak biang keringat juga bisa saja dialami oleh orang dewasa.

Penyebab biang keringat adalah karena tersumbat nya kelenjar keringat sehingga keringat dari tubuh tidak bisa keluar dengan sempurna. Maka muncul bintik-bintik merah dan gatal yang disebut dengan biang keringat.

Untuk menghindari terjadinya biang keringat maka anda perlu menerapkan pola hidup sehat, dan melakukan beberapa tips sederhana seperti tidak membiarkan keringat menempel pada tubuh terlalu lama, tidak menggunakan pakaian yang terlalu tebal, rajin mencuci dan mengganti pakaian, dan hindari kelembaban keringat pada bagian tubuh tertentu.

Selain itu biang keringat juga bisa saja disebabkan oleh kelenjar keringat belum berkembang secara sempurna, dan kejadian seperti ini sangat sering dialami oleh bayi atau anak-anak.

Biang Keringat Pada Anak

Seperti disampaikan diatas bahwa biang keringat lebih sering menyerang pada anak-anak. Selain kelenjar keringat yang belum sempurna, kulit anak yang lebih sensitif juga bisa memicu terjadinya biang keringat. Dan biasanya biang keringat pada kategori rendah akan hilang atau sembuh dengan sendirinya, namun ada juga biang keringat yang cukup parah dan harus mendapatkan penanganan dan pengobatan oleh dokter.

Biang keringat pada anak biasanya muncul dibagian kulit sekitar wajah, perut, leher, dada, kaki, selangkangan, dan kulit yang tertutup oleh popok. Jika bintik merah atau biang keringat yang muncul pada tubuh anak masih dalam batas wajar maka pengobatannya pun cukup sederhana.

Cukup gunakan bedak dan hindari anak anda dari cuaca panas yang menimbulkan banyak keringat. Namun jika biang keringat yang keluar dari tubuh cukup parah dan mengganggu anak maka anda perlu melakukan beberapa cara berikut ini.

Cara Menghilangkan Biang Keringat Pada Anak

  • Menggunakan pakaian yang tidak terlalu tebal dan ketat.
  • Biasakan anak anda berada di ruangan yang sejuk dan menjaga kebersihan rumah.
  • Kurangi penggunaan krim, minyak, atau lation pada tubuh anak.
  • Rajin memotong kuku anak.
  • Lap dengan handuk yang bersih hingga betul-betul kering ketika selesai mandi.
  • Menggunakan krim tertentu yang khusus untuk mengurangi rasa gatal dan biang keringat (sebaiknya sesuai dengan resep dokter).
  • Periksa ke rumah sakit terdekat atau dokter spesialis kulit anak.

Itulah beberapa cara pengobatan biang keringat pada anak. Biang keringat pada anak juga bisa diobati dengan mengunakan bahan-bahan alami, seperti mencampurkan bubuk cendana dengan air mawar dan dioleskan pada bagian tubuh yang terkena biang keringat, atau oleskan tubuh yang terkena biang keringat menggunakan gel yang terdapat pada tumbuhan lidah buaya, dan mandikan anak menggunakan air hangat yang sudah dicampur dengan perasan buah lemon.

Biang Keringat Pada Wajah Bayi

Meskipun biang keringat bisa muncul di beberapa bagian tubuh bayi, namun biang keringat paling sering muncul ialah dibagian wajah bayi terutama disekitar jidat. Biang keringat pada wajah bayi biasanya tidak begitu gatal jika dibandingkan dengan biang keringat dibagian tubuh yang lain.

Cara pengobatan biang keringat pada wajah bayi pun hampir sama persis dengan beberapa cara yang sudah dipaparkan di atas. Jika biang keringat yang muncul pada bagian wajah bayi tidak terlalu parah maka anda cukup sering-sering mengelapnya menggunakan kain bersih dan sedikit basah. Bisa juga ditambah dengan menggunakan bedak kering khusus (bedak biang keringat) untuk mengurangi rasa gatal.

(slawiayu/samsul)


#BiangKeringat #BiangKeringatpadaanak #BiangKeringatpadawajahbayi #bedakbiangkeringat #sabununtukbiangkeringat