Pengertian Endorse Dan Manfaatnya

Kalian pastinya sudah tidak asing dengan pengertian endorse yang biasa dilakukan oleh influencer. Kegiatan endorse dilakukan oleh selebgram, tiktokers atau sejenisnya dengan mempromosikan barang atau jasa orang lain di akun social media mereka.

Mengingat kini aktivitas sehari-hari banyak menggunakan gadget, maka kegiatan endorse tentu saja menguntungkan pihak penjual barang atau penyedia jasa.

Pengertian Endorse

Secara garis besar, pengertian endorse adalah suatu promosi atau iklan di akun media sosial seseorang yang memiliki banyak pengikut. Adapun manfaat endorse yakni sebagai berikut :

1. Memperkenalkan Merek

Suatu produk tidak langsung diketahui namanya oleh banyak orang. Karena itulah dibutuhkan endorse agar banyak orang yang mengenal produk tersebut. Karena selebriti yang menerima endorse, biasanya memiliki banyak pengikut yang akan melihat postingan mereka.

Bahkan saat orang melihat postingan endorse tersebut, banyak yang berfikir "Wah aku baru melihat produk ini" atau sejenisnya. Jadi kegiatan endorse ini sangat penting sebagai suatu promosi suatu produk untuk mengenalkan merek.

2. Membangun Kredibilitas

Selain pengertian endorse adalah membangun kredibilitas menjadi tujuan yang ingin dicapai dalam kegiatan endorse. Karena kredibilitas sendiri ialah suatu kepercayaan dari produk atau jasa di mata konsumen. Suatu produk akan dianggap memiliki kualitas yang tinggi saat dipakai oleh selebriti.

Ada yang di dinamakan kredibilitas merek terhadap niat beli konsumen. Dalam hal ini konsumen akan cenderung membeli produk yang dianggap berkualitas serta dapat dipercaya.

Untuk mempertahankan kualitas dari suatu produk, harus ada fokus tujuan penjalan dan terus dipertahankan. Kualitas harus memenuhi harapan konsumen. Kredibilitas dalam suatu penjualan sendiri lebih fokus pada pencerminan kejujuran merek serta nilai yang dirasakan oleh konsumen.

3. Menjangkau Pasar Dan Pelanggan Baru

Dalam penjualan suatu produk, keberadaan pelanggan dan target pasar baru yaitu dua hal yang sangat penting. Karena penjualan tidak akan meningkat jika tidak ditemukan pelanggan baru sebagai konsumen. Karena itulah dibutuhkan endorse oleh selebriti agar lebih banyak orang yang mengenal produk tersebut.

4. Meningkatkan Penjualan

Satu lagi manfaat dari kegiatan endorse adalah untuk meningkatkan penjualan saat. Suatu produk dipromosikan oleh seorang influencer, maka pengikut dari influencer tersebut akan tersugesti untuk membeli.

Jika influencer yang melakukan endorse memiliki banyak followers, tentu saja jangkauan calon pelanggannya akan lebih luas. Jadi untuk menjangkau lebih banyak orang, dibutuhkan influencer dengan followers banyak. Namun tentu saja harga endorsement akan berbeda-beda setiap influencer tergantung berapa followers mereka.

Jika ternyata endorse artinya memperkenalkan sebuah produk atau jasa terbaru, maka itu menjadi hal cukup penting bagi pengusaha maupun pemilik produk tersebut. Tentunya semua orang yang menjual sesuatu ingin banyak yang mengenal produk itu, dengan adanya dikenal orang banyak maka konversi penjualan akan meningkat.

Demikian pengertian endorse serta empat manfaat yang bisa didapatkan dari kegiatan tersebut. Yang jelas, suatu produk membutuhkan iklan agar bisa dikenal oleh masyarakat luas. Dengan begitu penjualan juga akan meningkat karena banyak orang yang tertarik untuk membeli.

(slawiayu/pastiin)


#Endorse #Promosi