Panwascam Ajak Masyarakat Awasi Pemilu 2019

Demi lancar dan suksesnya pemilu serentak 17 april nanti, Panwascam Jatinegara adakan sosialisasi pengawasan pemilu tahap pertama di pendopo Kecamatan Jatinegara, Minggu (3/3).

Acara dibuka dengan menyanyikan lagu Indonesia raya dan mars Bawaslu, dilanjutkan sambutan-sambutan. Dihadiri oleh Kapolsek Jatinegara, Bawaslu Kabupaten Tegal, Himpaudi, IGRA, IGTK, IPNU IPPNU, tokoh pemuda dan masyarakat.

Ketua Panwascam Jatinegara, Muhammad Wari mengatakan Amanat Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum berkaitan dengan pengawasan partisipatif kami sengaja mengundang Bapak Ibu untuk bisa ikut mensukseskan Pemilu Presiden dan legislatif tahun 2019.

"Pengawasan partisipatif yang dimaksud ialah keterlibatan masyarakat untuk mengawasi setiap tahapan pemilu yang berlangsung dalam lingkungannya.

Peran dari semua elemen masyarakat sangat diharapkan dalam rangka pengawasan jalannya proses pemilu. Dilaksanakan berjalan sesuai dengan prinsip demokrasi, agar pemilu semakin berkualitas," kata wari.

Wari keluhkan beban kerja dan fokus pengawasan yang cukup kompleks, maka sangat dibutuhkan peran penting masyarakat dalam berperan aktif melakukan pengawasan.

Ketua Bawaslu Kabupaten, Ikbal Faizal mengatakan ini merupakan hari kedua diadakan sosialisai terkait pengawasan pemilu yang diselenggarakan oleh 6 kecamatan, salah satunya Kecamatan Jatinegara."Pengawasan pemilu merupakan tugas masyarakat secara umum. Ketika dinegara lain, pelaksana pemilu hanya sebatas KPU. Tidak ada pengawas secara struktural," paparnya.

"Nantinya juga akan kita adakan grebeg pasar, pasar cerih dan pasar sawah luwijawa. Targetnya pengunjung dan warga sekitar," kata Ikbal.

(slawiayu/siswandi)


Desa : Jatinegara, Kecamatan : Jatinegara, Kab. Tegal #jatinegara