Nyong Festival, Destinasi Wisata Baru Di Kabupaten Tegal

Wakil Bupati Tegal Sabilillah Ardie meminta agar pagelaran seni "nyong festival" menjadi agenda rutin, Nyong Festival akan menambah destinasi wisata baru di Kabupaten Tegal. Demikian disampaikan beberapa waktu lalu saat berkunjung di Kantor Dewan Kesenian, Slawi.

Dia menjelaskan bahwa destinasi wisata Kabupaten Tegal yang cukup lengkap dari gunung hingga laut, kuliner, religi, dan kesenian kalau potensinya terus digali maka Kabupaten Tegal akan semakin banyak dikunjungi wisatawan. "Nyong festival yang digagas dewan kesenian harus menjadi agenda yang tersistem dan rutin dilaksanakan," katanya.

Menurutnya, menjelang HUT Kabupaten Tegal yang ke 481 banyak agenda yang dilaksanakan, diantaranya sinergi kegiatan dengan dewan kesenian yang menggelar Nyong Festival. "kami dukung kegiatan nyong festival, semoga menambah destinasi wisata di Kabupaten Tegal," paparnya.

Sementara, Ketua Dewan Kesenian yang juga musisi dangdut Imam Joend menyebutkan bahwa pagelaran nyong festival merupakan yang pertama di Kabupaten Tegal yang diinisasinya bersama kawan kawan seniman tegal. "Ini yang pertama di Tegal, kesenian asli khas Galawi," ucapnya.

Kemudian dalam nyong festival juga memiliki banyak rangkaian kegiatan hingga puncak HUT Kabupaten Tegal, diantaranya Slawi 12 jam Menari, lomba lawak tegalan, puisi kreatif, dolanan tradisional, fotografi dan seni rupa. Acara akan digelar pekan terakhir April ini hingga awal Mei.

Imam joend juga menyambut baik dukungan dari Wabup Tegal Sabilillah Ardie. Pihaknya bersama dengan jajaran pengurus yang lain dan para seniman siap untuk menggiatkan pergelaran seni Tegalan.

"Kami siap saja. Bakan konsep ini sudah kami rancang empat tahun yang lalu. Namun baru kali terealisasikan,'' kata Imam Joend, yang juga pencipta lagu tegalan ini.

(slawiayu/why)


#nyongfestival