Nyamuk, Pembawa Musibah Atau Manfaat?

Siapa yang tidak mengenal hewan nyamuk, Binatang kecil yang sering dianggap manusia sebagai binatang pengganggu bahkan pembawa kematian. Anggapan bahwa nyamuk adalah penghisap dan pemakan darah tidaklah sepenuhnya benar. Nyatanya, hanya nyamuk betinalah yang menghisap darah dan hisapan itu bukan untuk kebutuhan makan mereka.

Sebab, nyamuk jantan dan betina hanya memakan nectar atau sari madu bunga. Nyamuk betina menghisap darah karena darah mengandug protein yang dibutuhkan untuk perkembangan dan pertumbuhan telur nyamuk.

Seringkali kita terbangun dari tidur hanya karena gigitan nyamuk. Apa mungkin ini peringatan atau pertanda dari tuhan, agar hambanya mengingatNYA di sepertiga malam?

"Ketahuilah bahwa ALLAH menciptakan sesuatu dengan tidak sia-sia, semuanya ada tujuan, semuanya diciptakan penuh hikmah, semuanya diciptakan dengan manfaat. Dan kami tidak menciptakan langit dan bumi dan apa yang ada diantara keduanya tanpa hikmah" QS. Shad: 27.

Nyamuk juga Sebagai indikator dini berbagai permasalahan kesehatan manusia. Nyamuk mampu mendeteksi perubahan suhu hingga derajat yang sangat kecil, dan menyedot darah yang berbau asam serta berbau kolesterol, dan tubuh secara otomatis akan memproduksi darah baru lengkap dengan hemoglobin yang berkurang tadi. Nyamuk juga dapat menusuk ujung-ujung saraf yang terletak dibawah kulit yang berfungsi sebagai pemicu kesehatan tubuh.

Mengapa kita mengalami bintik merah pada bekas gigitan nyamuk? Bintik itu sesungguya reaksi alergi terhadap cairan pencegah pembekuan darah. Bagaimana nyamuk tahu ada enzim pembeku pada manusia? bagaimana nyamuk memproduksi cairan penetral enzim tersebut? Jawaban dari pertanyaan ini telah jelas bahwa nyamuk tidak mungkin bisa melakukan semua hal tersebut.

Nyamuk tidak memiliki akal, ilmu kimia, ataupun laboratorium. Jelaslah bahwa allah, tuhan dari langit dan bumi dan segala sesuatu yang ada didalamnya, telah menciptakan nyamuk dan manusia, dan memberikan kemampuan-kemampuan luar biasa dan menakjubkan kepada nyamuk.

Bagi orang yang berfikir, dari alergi gigitan nyamuk inilah bisa menjadi peluang usaha yang menguntungkan, bahkan mampu menghidupi orang banyak. Terciptanya perusahaan-perusahaan besar yang memproduksi berbagai macam jenis obat anti nyamuk, seperti obat nyamuk bakar, semprot, lotion, elektronik, bahkan penangkal yang berupa kelambu.

Terciptanya lapangan pekerjaan dan mampu mengurangi pengangguran jutaan orang melalui pabrik-pabrik obat nyamuk, petugas penyemprot nyamuk, hingga dokter dan perawat yang menangani korban dari gigitan nyamuk.

(slawiayu/why)


Desa : Kedungsukun, Kecamatan : Adiwerna, Kab. Tegal #Nyamuk #FaktaNyamuk #PembawaMusibah #Kolesterol #BinatangPengganggu #InfoKesehatan