KKN IBN Tegal Adakan Pelatihan Dakwah Cyber

Program integrasi keilmuan islam dengan teknologi informatika dilaksanakan mahasiswa KKN IBN Tegal melalui Pelatihan Dakwah Cyber di Desa Grobog Wetan Kecamatan Pangkah Kabupaten Tegal, Selasa (5/3).

Pelatihan Dakwah Cyber berbasis Website Desa difokuskan pada optimalisasi pembuatan website desa dengan konten-konten informasi yang mendidik, selain informasi desa juga ada rubrik Dakwah.

Kades grobog wetan, Maskuri mengatakan dengan adanya website, nantinya masyarakat perantau yang berdomisili jauh bisa mengakses terkait informasi dan kegiatan yang ada di desa. "Terima kasih kenang-kenangan yang diberikan kepada desa, nantinya akan menjadi tanggung jawab pemerintah desa terkait update data," ucapnya.

Kordinator Desa KKN IBN Tegal, Hilal mengatakan bahwa kita sedang proses pembuatan website desa. Semoga bisa menjadi panutan desa lain di Kabupaten Tegal yang jumlahnya mencapai 200an lebih. "Semoga setelah website jadi 100 persen, bisa memberi manfaat bagi masyarakat Desa Grobog Wetan," ujarnya.

Menurutnya, website desa merupakan program unggulan integrasi keilmuan, kemudian untuk menunjang website desa KKN IBN Tegal menggandeng partner Pengembang Pastiin Media Network terkait integrasi keilmuwan dengan teknologi. "Kami berinisiasi untuk memberi kenang-kenangan website desa dan cyber dakwah," jelasnya.

Manfaat website desa meliputi publikasi desa keseluruh dunia yang bisa diakses lewat hand phone, memudahkan pelayanan, publikasi tentang potensi desa serta produk desa, dan keterbukaan informasi dan anggaran desa.

"Setelah pelatihan ini kami akan membuat kelompok informasi desa, yang diambil dari pihak diluar pemerintah desa untuk membantu admin website desa, nanti dilantik pas launching website," ujarnya.

(slawiayu/siswandi)


Desa : Grobog Wetan, Kecamatan : Pangkah, Kab. Tegal #Grobogwetan