Kiat Sukses Usaha Online Bagi Pemula

Di Zaman Modern seperti sekarang ini, memulai usaha online menjadi salah satu alternatif untuk mendapatkan penghasilan. Sudah terbukti banyak dari beberapa kalangan berhasil dengan bisnis yang mereka tekuni. Ada yang berawal dari hobi, ada yang mewarisi usaha orang tua, ada juga yang berawal dari mimpi. Apapun itu, selama giat dan pantang menyerah suatu saat akan menerima hasilnya. Namun, apabila Anda merasa sudah berusaha tapi tetap belum berhasil dalam mengelola aktifitas tersebut, itu berarti ada beberapa faktor yang mempengaruhi. Salah satunya yakni pemasaran yang kurang bagus atau lemah.

Dalam berusaha yang baik, pemasaran adalah salah satu hal terpenting agar usaha bisa berjalan dan dikenal banyak orang. Banyak cara untuk mengenalkan bisnis Anda kepada khalayak ramai, bisa dari mulut ke mulut, membuat brosur, memasang banner, atau memasang iklan diberbagai media sosial.

Dalam berbisnis mengejar keuntungan merupakan tujuan, namun jangan pernah melupakan hal terpenting dalam bisnis yakni membuat Branding. Branding sangat penting agar bisnis Anda dapat dikenal di Masyarakat. Tanpa branding, apa yang Anda lakukan akan dipandang sebelah mata oleh orang lain.

Sebagai contoh, apabila Anda ingin membeli barang elektronik seperti TV, ketika Anda harus memilih merek TV dengan abal-abal dibanding TV dengan merek terkenal mana yang akan dipilih? Pasti sebagian besar orang akan memilih TV dengan merek yang terkenal. Nah, kasus tersebut merupakan salah satu peran penting dari branding.

Dalam membuat Branding, Anda bisa memulainya dengan membuat logo perusahaan. Banyak orang menganggap logo hanya sekedar pemanis, sebenarnya logo merupakan identitas dari usaha yang Anda dirikan. Dari logo bisa terlihat visi dari pendiri perusahaan tersebut. Maka apabila Anda akan membuat logo, buatlah sebagus mungkin sesuai dengan usaha yang Anda dirikan. Karena logo yang bagus akan memancarkan karakter dari sebuah perusahaan.

Logo dan Branding merupakan faktor penting dalam bisnis. Oleh karenannya, Brand atau logo bisnis yang akan Anda pilih hendaknya memiliki beberapa kriteria, diantaranya:

1. Mengandung Pesan

Sekedar pengetahuan, bahwa logo perusahaan bukan hanya pemanis, sedangkan brand bukan sekedar nama tanpa makna. Dalam perusahaan, logo dan brand harus memiliki makna untuk menyampaikan pesan kepada masyarakat. Logo dan brand harus memiliki bentuk yang unik dan menarik agar mudah dikenal dan diingat oleh masyarakat.

Untuk itu, perusahaan hendaknya berhati-hati dalam memilih jasa desain logo. Anda perlu mempertimbangkan dengan matang bentuk logo dan brand yang akan dipakai untuk bisnis Anda.

2. Keterikatan Emosional

Pencapaian tertinggi dari sebuah brand terdapat pada tingkat kepercayaan masyarakat kepada brand tersebut. Keterikatan Emosional dengan pelanggan bisa dibentuk karena brand tersebut memiliki kesan yang melekat di hati pelanggan.
Entah karena pelayanannya, kualitas, ataupun branding (cerita dalam suatu brand) itu sendiri.

Banyak pelanggan yang setia dengan brand yang mereka percayai. Sampai-sampai pelanggan tersebut akan rela memburu ke toko lain, jika mereka tidak menemui merek maupun brand yang diinginkan dalam sebuah toko. Apabila Anda mempunyai pelanggan yang seperti itu, berarti Anda telah berhasil membuat brand.

3. Mampu Menunjukkan Kredibilitas

Kredibilitas dari perusahaan bisa tercermin dari brand maupun logo yang digunakan. Beberapa brand ditaksir memiliki harga yang sangat fantastis. Walaupun demikian, kenapa masih banyak peminat dari brand tersebut? Hal ini didasari dari keputusan pembeli dalam memilih brand tersebut.

Bisa jadi karena pelayanan yang bagus, ataupun produk dari brand tersebut memang berkualitas. Jikalau mungkin keputusan pembeli memilih suatu produk tergantung dari brand yang dirasa lebih kredibel daripada brand yang lain.

Karena itu, memilih Logo dan brand harus difikirkan dengan baik. Gunakanlah jasa desain logo yang terpercaya. Yang mampu menunjukan kredibilitas dari Usaha dan Bisnis Anda.

Bagaimana cara membuat logo yang bagus?

Bila Anda bukan salah satu dari anak desain dan kesulitan untuk membuat logo perusahaan. Anda tidak perlu khawatir, karena banyak pelaku bisnis yang menawarkan jasa desain logo. Namun, untuk memilih jasa pembuatan logo tidak boleh sembarangan, karena logo perusahaan harus menarik sehingga bisa meyakinkan para pembeli untuk memakai produk dari perusahaan Anda.

Logo yang digunakan harus memiliki bentuk yang bagus, mudah diingat, dan yang terpenting memiliki wajah maupun identitas perusahaan. Tidak harus berwarna warni, cukup bentuk yang simple namun berkesan dalam pandangan masyarakat.

Walaupun banyak yang menawarkan jasa desain logo murah, Anda harus tetap mengutamakan kualitas dari logo yang akan Anda gunakan. Beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika memilih jasa desain logo, yakni :

1. Cek Profil

Bila Anda ingin menggunakan jasa desain logo. Sebaiknya cek dulu profilnya, cek juga project yang sudah pernah ditangani, lebih bagus lagi apabila penyedia desain tersebut pernah menangani klien dari brand terkenal. Hal ini penting untuk mengetahui apakah desainer tersebut mempunyai kualitas yang bagus dalam mendesain logo suatu perusahaan.

2. Cek Testimoni dari pembeli

Jasa Desain Logo yang bagus pasti memiliki beberapa testimoni ataupun review dari para pelangganya. Semakin banyak dan bagus review, berarti baik juga kualitas dari penyedia layanan desain logo tersebut.

Apalagi jika jasa desain logo tersebut tergabung dalam beberapa platform seperti Sribulancer, maupun platform yang lain. Maka akan memudahkan Anda untuk menilai seberapa bagus peforma dari penyedia jasa desain logo tersebut.

3. Pilih yang Berpengalaman

Pertimbangan memilih jasa pembuatan logo bisa dilihat dari pengalaman. Semakin berpengalaman sebuah penyedia jasa logo, semakin bagus pemahaman mereka dalam pemasaran dan brand.

Karena selain dari kemampuan mendesain logo, pemahaman tentang pemasaran juga penting dalam pembuatan logo. Oleh karenanya, akan lebih baik memilih jasa desain yang sudah berpengalaman dari pada pemula.

4. Pertimbangkan Harga dengan Kualitas

Setiap pembeli pasti menginginkan harga yang murah namun dengan kualitas yang bagus. Memang banyak jasa penyedia yang menawarkan harga terjangkau, tapi sebaiknya Anda juga harus memperhatikan apakah dengan harga yang terjangkau tersebut menghasilkan Logo dan Brand yang bagus dipasaran?

Jadi harga yang terjangkau disini jangan disalah artikan dengan harga murah. Anda harus menimbang harga dengan kualitas yang ditawarkan. Apabila harga dan kualitas sesuai, tidak salah apabila Anda menerima tawaran dari penyedia tersebut.

5. Lama Pengerjaan

Jika sudah mempertimbangkan keempat poin di atas, Anda juga perlu mempertimbangkan waktu atau lama pengerjaan dari desain yang Anda pesan.
Semakin cepat Logo Anda diselesaikan berarti penyedia tersebut mempunyai peforma yang bagus. Jadi sebelum memesan jasa desain logo, pastikan dulu berapa lama kira-kira desain Anda selesai dibuat.

Selain desain Logo dan Brand perusahaan, ada hal penting yang perlu Anda perhatikan. Yakni bungkus atau kemasan. Bagi Anda pemilik bisnis tentang makanan, minuman, ataupun produk lainnya, bentuk kemasan juga penting karena akan berpengaruh pada minat pembeli.

Bila makanan, minuman, atau produk Anda kualitasnya bagus, logo bagus sedangkan kemasan atau packaging kurang menarik, itu akan mengurangi minat dari para pembeli. Oleh sebab itu, Anda juga harus memilih penyedia desain packaging yang bagus dan terpercaya.

Setelah mengetahui seberapa penting logo dan brand pada suatu perusahaan. Dan Anda juga sudah mengetahui beberapa tips memilih jasa penyedia desain logo yang bagus. Serta memilih desain packaging yang bagus. Silahkan tentukan pilihan Logo dan Brand, juga packaging yang akan Anda gunakan. Semoga sukses dengan bisnis Anda.

(slawiayu/pastiin)


#online #BisnisOnline #Usaha