Ketahui Pengertian Dan Cara Membuat Terrarium

Yuk, Ketahui Pengertian dan Cara Membuat Terrarium - Apakah Anda sebelumnya pernah mendengar istilah “Terrarium”? Ya, baru-baru ini “terrarium” cukup banyak diperbincangkan oleh banyak orang, terutama setelah di Juni 2021 ini influencer menampilkan foto hobi baru mereka. Perlu Anda ketahui bahwa terrarium adalah suatu wadah yang di dalamnya berisi berbagai tanaman. Nah, untuk lebih jelasnya dalam ulasan kali ini kita akan mengetahui lebih jauh mengenai pengertian terrarium dan cara-cara untuk membuatnya. Berikut penjelasannya!

Pengertian Terrarium

Terrarium adalah berbagai tanaman kecil yang ada di dalam sebuah toples atau wadah tertutup yang biasanya wadah tersebut terbuat dari kaca. Berbagai tanaman yang ada di dalam wadah ini nantinya akan membentuk sebuah ekosistem tersendiri. Terdapat dua jenis terrarium yang bisa Anda buat yaitu :

  1. Terrarium udara tertutup
  2. Terrarium udara terbuka

Bagi Anda yang memang tertarik untuk memiliki sebuah terrarium maka harus mengetahui pengertian terrarium dan cara membuatnya. Hal ini menjadi sangat penting karena jika dibuat sendiri pun sangat mudah.

Cara Membuat Terrarium

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa cara membuat terrarium ini tidaklah sulit. Berikut cara membuatnya!

Persiapkan Alat dan Bahan

Langkah pertama yang harus Anda lakukan untuk bisa membuat terrarium ini ialah mempersiapkan alat dan bahannya terlebih dahulu. Alat dan bahan yang akan digunakan ini terbilang cukup sederhana dan sebagian besar bisa ditemukan di lingkungan sekitar.

Mulai dari wadah (bisa terbuat dari bahan kaca ataupun plastik), arang, batu berukuran kecil, tanah, dan tanaman hias. Persiapan inilah yang harus dilakukan oleh Anda yang ingin memahami seputar dunia tanaman hias mini.

Bersihkan Wadah yang Akan Digunakan

Selanjutnya, hal yang harus dilakukan adalah dengan membersihkan wadah yang akan digunakan. Tujuannya yaitu supaya tanaman bisa tumbuh dengan baik dan terlihat cantik.

Buat Terrarium Sesuai dengan Keinginan

Setelah itu, mulailah untuk memasukkan berbagai bahan yang telah disiapkan. Diawali dengan batu berukuran kecil dan potongan arang. Apabila wadah yang akan digunakan sudah padat, masukanlah tanah kurang lebih sampai akar dari tanaman tersebut tertutupi.

Tutorial membuat terrarium
Tutorial membuat terrarium

 

Bagaimana sejauh ini sudah paham bukan mengenai pengertian terrarium dan cara membuatnya?

Tambahkan Aksesoris

Untuk bisa mendapatkan hasil terrarium yang cantik dan memiliki nilai estetika yang tinggi yaitu dengan menambahkan aksesoris lainnya seperti bebatuan yang berwarna-warni, mainan kecil ataupun aksesoris lainnya.

Namun yang perlu diingat yakni menanam tanaman didalam wadah tertutup harus memperhatikan beberapa aspek seperti ekosistem untuk berlangsungnya kehidupan bagi tumbuhan pada tank maupun wadah, gunakan pupuksecukupnya dan kadar air yang cukup.

Itulah ulasan mengenai pengertian terrarium dan cara membuatnya. Nah, intinya hal yang perlu diperhatikan ketika Anda ingin membuat sebuah terrarium adalah jenis tanaman yang akan ditanam. Karena tentunya tidak semua jenis tanaman bisa dijadikan terrarium. Pilihlah tanaman yang tidak memerlukan sinar matahari terlalu banyak dan bisa tahan dengan kadar kelembapan yang cukup tinggi. Semoga bermanfaat ya!

(slawiayu/cahyo)


#Tanaman #Tumbuhan #Terrarium #Hobi