KDS Mutiara Hati Margasari Siap Dampingi ODHA

Demi terciptanya kualitas hidup yang lebih baik dari Orang Dengan Hiv Aids (ODHA), Dibentuklah Kelompok Dampingan Sebaya (KDS) Mutiara Hati di Puskesmas Kecamatan Margasari Kabupaten Tegal.

Ketua KDS, Samsul mengatakan ini merupakan pembentukan KDS perdana yang diikuti oleh 9 peserta di Kecamatan Margasari, nantinya diharapkan mampu meminimalisir angka lost follow up pengobatan ARV bagi ODHA."Kita membantu konselor dalam memantau dan memberi masukan bagi ODHA," paparnya saat ditemui slawiayu.com, Rabu (20/3).

"Kemudian Mampu menghilangkan Stigma dan diskriminasi ODHA yang terjadi di masyarakat, agar mereka sabar dan tabah menjalaninya," kata Samsul.

Samsul juga menjelaskan KDS ini bisa menjadi wadah pemberdayaan bagi ODHA agar dapat menciptakan kualitas kehidupan yang lebih baik."Nantinya bisa ikut berkontribusi dalam setiap kegiatan Hiv Aids di wilayah Puskesmas Kecamatan Margasari," jelasnya.

Konselor, Eko Nugro berharap KDS melakukan kegiatan rutin setiap bulan, yang nantinya mampu meningkatkan kepercayaan diri dan berkumpul bersama di masyarakat sebagai sesama ODHA.

(slawiayu/sis)


Desa : Margasari, Kecamatan : Margasari, Kab. Tegal