Jenis Ayam Yang Ada Di Indonesia Untuk Dijadikan Bisnis

Jenis Ayam Yang Ada Di Indonesia Untuk Dijadikan Bisnis - Budidaya ayam memang dikenal luas dalam masyarakat terutama pedesaan, sudah dianggap sebagai jenis investasi dengan konsep dasar bagi masyarakat. Ayam memang dianggap memiliki peluang besar untuk dijadikan bisnis, apalagi cara merawat hewan berkaki dua ini tidak memerlukan perlakuan khusus dari pemiliknya. Hal tersebut tentu menjadi keuntungan bagi orang-orang yang ingin memeliharanya. Banyak sekali jenis ayam yang dapat dijadikan bisnis rumahan pada era modern saat ini.

Bagi pemula tentu terkesan ribet dan sulit dalam memelihara hewan yang cukup akrab bagi manusia, namun jika dilakukan terus-menerus maka kalian akan terbiasa. Sebenarnya berbisnis ayam sangatlah menyenangkan jika dilakukan dengan hati yang ikhlas, karena namanya hewan pasti membutuhka proses dalam hidupnya. Lalu apa saja ayam yang dapat kalian pelihara untuk dijadikan bisnis rumahan?

Ayam Serama

Jenis ayam yang ada di Indonesia yang bisa kalian manfaatkan untuk budidaya yaitu ayam serama, salah satu jenis yang dikenal sebagai ayam unik nan cantik. Satu ciri khasnya yaitu memiliki badan yang kecil dan terlihat indah sekali.

harga ayam serama Agustus 2021
harga ayam serama Agustus 2021 - (sumber : haipb.ipb.ac.id)

Ayam serama merupakan ayam yang memiliki dada tegap ke atas dan leher yang menjulang ke belakang, kebanyakan warga yang memelihara ayam serama dijadikan sebagai hewan peliharaan (dalam hal ini dimanfaatkan karena keindahan sebagai penghias, bukan pedaging).

Serama dikenal sebagai ayam sultan, lantaran harganya yang sangat mahal. Harga serama dipengaruhi oleh kecantikan fisik serta banyaknya peminat pada era modern 2021 ini, jenis ayam serama digunakan sebagai kontes sehingga memiliki penggemar yang sangat banyak di seluruh Indonesia.

Ayam Joper

Jenis ayam yang ada di Indonesia yang bisa kalian manfaatkan untuk berbisnis yaitu ayam joper, mungkin teman-teman belum tau kenapa diberinama seperti itu. Ayam joper adalah singkatan dari ayam jowo super, saat ini sedang tren di kalangan masyarakat pencinta bisnis ayam.

ayam joper 2021 Jika dibandingkan dengan ayam serama, tentu ayam ini jauh dari segi fisik. Ayam joper juga disebut sebagai ayam kampung yang dimanfaatkan dagingnya, namun karena persilangan yang dibilang sukses itu makanya disebut super.

Untuk merawat ayam joper tidak memerlukan waktu yang lama. Ayam ini dapat dipanen pada usia tiga bulan dan sudah memiliki bobot lebih dari 1 kg. Ayam joper atau ayam kampung merupakan hasil silang dari ayam petelur dan ayam bangkok. Jika kalian ingin mencoba bisnis ini, maka lakukan dengan jumlah kecil dahulu.

Ayam Bangkok

Jenis ayam yang ada di Indonesia saat ini yang bisa dimanfaatkan untuk bisnis yaitu ayam bangkok. Untuk jenis yang ini dikenal mempunyai postur yang cukup gagah, badannya cukup gamol. Salah satu varian yang kerap kali digunakan sebagai hiburan berupa tarung, banyak sekali orang yang memiliki ayam jenis ini untuk diadu dengan sebutan sabung.

ayam bangkok Agustus 2021
ayam bangkok Agustus 2021 - (sumber : wartawirausaha.com)

 

Jika kalian tidak suka mengadu, cukup jadikan koleksi kalian sebagai kesenangan pribadi saja. Dengan memelihara jenis bangkok ini tidak mengharuskan kalian untuk mengadu seperti orang-orang lainnya. Ayam bangkok merupakan bisnis yang cukup memiliki potensi besar, jadi kalian bisa memeliharanya di rumah meskipun kalian hidup di daerah kota.

Jenis ayam yang ada di Indonesia dapat saya ulas dalam bentuk artikel di atas. Jika kalian penasaran ingin memelihara ayam maka bisa melakukannya sekarang juga, semoga tulisan ini bermanfaat bagi kalian semua untuk menjadikannya referensi peluang bisnis budidaya modern.

(slawiayu/cahyo)


#ayam #budidaya #ternak #ayambangkok #ayamjoper #ayamserama