Inilah Berbagai Metode Menanam Di Lahan Sempit Yang Bisa Kamu Lakukan

Inilah Berbagai Metode Menanam di Lahan Sempit yang Bisa Kamu Lakukan - Memiliki lahan hijau di sekitar rumah merupakan dambaan setiap orang. Pasalnya, hal tersebut dapat membawa kesejukan bagi lingkungan. Namun, permasalahan yang sering dihadapi oleh banyak orang ialah lahan yang dimiliki ini sangat terbatas.

Banyak sekali kerabat kita yang tinggal di perumahan subsidi 2021 ingin menanam tumbuhan hijau di depan rumahnya, yang menjadi masalah yakni halaman yang dimiliki tidaklah luas. Jelas saja ukuran rumah dengan luas 70 sudah pasti halaman yang bisa dimanfaatkan tidak terlalu luas, namun apakah itu menjadi sebuah hal yang mustahil?

Nah, kali ini kamu tidak usah khawatir karena banyak sekali berbagai metode tanam yang bisa dilakukan untuk lahan yang relatif lebih sempit. Rupanya ada metode alternatif yang bisa kamu ikuti dalam melaksanakan hobi, namun tetap realistis dengan keadaan lahan sempit.

Metode Hidroponik

Metode yang paling umum dilakukan untuk menanam di lahan sempit yaitu dengan metode hidroponik. Hal yang paling unik dari metode tanam ini merupakan tidak menggunakan media tanah, melainkan air. Namun, tentunya air yang digunakan ini sudah dilengkapi dengan nutrisi yang dibutuhkan oleh tumbuhan.

Cara menanamnya pun terbilang cukup sederhana. Dalam hal ini, kamu bisa menggunakan botol bekas di mana lehernya sudah memiliki lubang. Selain itu, untuk air yang akan digunakan ini disarankan untuk meraciknya sendiri supaya kamu menyesuaikan nutrisi apa saja yang dibutuhkan oleh tanaman tersebut.

Menanam Hidroponik di Botol
Menanam Hidroponik di Botol

Metode Aeroponik

Jika metode hidroponik menggunakan media air, berbeda halnya dengan metode aeroponik yang menggunakan media udara sebagai media tanamnya. Metode ini pun bisa diterapkan untuk menaman di lahan sempit. Untuk bahan yang bisa digunakan yaitu styrofoam. Sementara itu, untuk cara perawatannya terbilang cukup mudah di mana kamu hanya perlu menyemprotkan cairan nutrisi pada akar tanaman yang menggantung tersebut.

cara metode aeroponik
cara metode aeroponik

Jika memperhatikan gambar diatas maka bisa kita pahami jika metode aeroponik itu akar tanamannya tidak ditanam di tanah dan tidak tergenang didalam air, maknanya akar dibiarkan menggantung begitu saja.

Perlu diingat bahwa tumbuhan itu membutuhkan nutrisi untuk bertahan hidup, jadi meskipun menggunakan teknik aeroponik bukan berarti tanaman dibiarkan begitu saja tanpa nutrisi. Jadi nutrisinya dibuat seolah mengembun, maksudnya dibawah akar ada alat penyemprot atau alat misting agar tetap lembab sehingga nutrisi bisa tersampaikan ke akar.

Metode Vertikultur

Selanjutnya, metode penanaman untuk lahan sempit yaitu vertikulur. Pada umumnya, metode ini sangat cocok untuk tanaman sayur-sayuran seperti tomat, seledri, pakcoi, dan berbagai sayuran lainnya. Adapun wadah yang bisa Anda gunakan ialah botol air mineral bekas atau bisa juga menggunakan paralon PVC bekas.

Nah untuk tempatnya sendiri, kamu bisa meletakkan tanaman tersebut di tembok rumah dengan sinar matahari yang cukup. Maka dari itu, kamu masih bisa menanam di lahan sempit dengan tanaman yang cukup banyak.

metode vertikultur
metode vertikultur

Metode Tabulampot

Pernahkah kamu mendengar kata “tambulampot”? Sebenarnya, kata ini merupakan sebuah singkatan yang berarti tanaman buah di dalam pot. Sesuai dengan artinya, metode ini bisa digunakan oleh kamu jika ingin menanam buah, namun tidak memiliki lahan yang luas. Untuk wadahnya sendiri, kamu bisa mengunakan berbagai wadah bekas yang sudah tidak dipakai lagi di antaranya yaitu drum, wadah plastik ataupun wadah yang terbuat dari kayu.

Dengan metode menaman di lahan sempit tersebut, kamu bisa menyimpan tabulampot di mana saja, asalkan tetap mendapatkan sinar matahari dan nutrisi yang cukup.

Harga Tabulampot 2021
Harga Tabulampot 2021

Itulah ulasan mengenai metode menanam di lahan sempit yang bisa kamu terapkan. Semoga bermanfaat ya!

(slawiayu/cahyo)


Desa : Talok, Kecamatan : Pangkah, Kab. Tegal #Tanaman #Tumbuhan #Hidroponik #Aeroponik #Vertikultur #Tabulampot