Ini Dia Ikan Cupang Terbesar Dan Ikan Cupang Termahal

Sekarang ini banyak orang yang hobi memelihara ikan cupang, tentu saja mereka terpesona dengan keindahan yang dimiliki ikan asal Asia Tenggara ini. Ikan cupang hidup di air tawar sehingga sangat cocok untuk dipelihara Anda dirumah, selain sebagai ikan hias ternyata ikan cupang juga dibeberapa tempat menjadi ikan aduan.

Ikan yang dikenal pemarah ini bisa kita temukan di beberapa negara asia tenggara seperti Thailand, Vietnam, Malaysia, Singapura, Brunei, dan Indonesia

Perlu Anda ketahui bahwa ikan cupang dibagi menjadi dua kategori yaitu ikan cupang hias dan ikan cupang aduan, detail jenis-jenisnya bisa dilihat pada dibawah ini.

Ikan Hias

  • Ikan cupang serit
  • Ikan cupang halfmoon
  • Ikan cupang slayer

Ikan Aduan

  • Ikan cupang Giant
  • Ikan cupang plakat

Kelebihan Ikan Cupang

Kita mengenal ikan cupang sebagai hewan yang memiliki warna beraneka ragam dan bentuk ekor yang unik-unik tergantung jenisnya, namun rupanya tidak hanya itu saja. Ikan cupang

  1. Warna yang banyak
  2. Mudah beradaptasi
  3. Bisa hidup ditempat yang kadar airnya sedikit

Dialam liarnya ikan cupang bisa bertahan hidup di sungai yang bercampur dengan tanah liat, bahkan ada sebuah penelitian ketika sungai tersebut menyusut airnya (hanya terlihat tanah liat basah) ikan cupang bisa bertahan hidup hingga waktu yang lama. Tentunya harus kandungan air di tanah liat tersebut, karena ikan tetap membutuhkan air.

Mungkin kita biasa menemukan warna orange, merah, putih, hitam di penjual ikan hias. Jika melihat dari data yang ada, ikan cupang memiliki 20 jenis warna yang berbeda.

Ikan Cupang Terbesar

Ketika Anda mendengar kata ikan cupang terbesar, mungkin terbesit di benak "ah, ikan cupang paling besar ya segitu aja". Tapi ternyata ada jenis ikan cupang terbesar yang ada, namanya Giant Betta.

Rata-rata ukuran jantan dewasa ikan cupang giant mencapai 12 cm, WOOW, padahal kita tau bahwa jenis ikan cupang King Betta saja paling-paling 6cm saja. Jika dibandingkan antara ikan guppy biasa dengan Giant Betta, ukurannya bisa dibilang dua kali lipat dari yang terbesar di jenis biasanya.

Giant Betta Fish
Giant Betta Fish

Bentuk tubuh giant guppy yang sangat besar menjadikan gerakannya kurang aktif, namun rupanya si cantik ini sangat agresif ketika bertemu musuh. Untuk itu jangan coba-coba mengadu antara giant guppy dengan yang biasanya. Karena jika melihat dari ukuran sangat tidak seimbang, kasihan dengan ikan cupang kecil.

Jika melihat sejarah dari ikan cupang terbesar ini, bermula pada tahun 1999 ada seorang peternak ikan cupang bernama Mr Athapon (Diamond Fish Farm) dari Thailand. Awalnya dia punya seekor ikan cupang plakat dengan ukuran 10 cm, kemudian dia mencoba budidaya ikan cupang terbesar untuk pertama kali.

Kemudian Mr Athapon mencoba memasarkan ikan cupang raksasa pada tahun 2001, saat itu dia beri nama Giant Betta. Setelah pemasaran perdananya tersebut, setahun berselang dia mengikut sertakan Giant Betta pada International Betta Competition (IBC). Saat kompetisi itu terjual sebesar $1000 USD atau 10 juta rupiah pada Aquabid.

Perbandingan Ikan Cupang Giant dengan Biasa
Perbandingan Ikan Cupang Giant dengan Biasa

Dulu saat awal-awal budidaya ikan cupang terbesar ini dibutuhkan 9 bulan untuk mendapatkan ukuran 7cm, namun saat ini berkembang menjadi 5 bulan saja.

Seiring perkembangan, jenis-jenis mulai bermunculan seperti Giant Doble Tail, Giant Halfmoon, Giant Serit, dan lain sebagainya. Rekor ikan cupang terbesar yang pernah ada ialah sepanjang 12.5 cm atau 5 inchi dengan umur 1 tahun.

Ikan Cupang Termahal

Untuk pembahasan ikan cupang termahal kita kali ini, akan kami coba kategorikan harga ikan cupang terbaru Oktober 2019 berdasarkan jenisnya. Tujuannya untuk mempermudah Anda dalam mencari dan menemukan ikan idaman Anda, karena banyak sekali yang hobi ikan cupang bertanya kepada kami (team SlawiAyu) seperti: apa ikan cupang termahal? berapa harga ikan cupang dibulan Oktober 2019 ini? dan lainnya.

Lebih jelasnya Anda bisa membaca publikasi terbaru kami di Harga Ikan Cupang Terbaru Oktober 2019.

Gambar Ikan Cupang Terbaik
Gambar Ikan Cupang Terbaik

Untuk memperkaya Anda dalam pengetahuan seputar ikan aduan yang super cantik ini, inilah jenis-jenis ikan cupang yang sudah ditemukan dan tercatat pada bulan Oktober 2019.

Mouth Breeder

Pengelompokan jenis ikan cupang yang mengerami telur didalam mulut:

  1. Betta Unimaculata (Golden Slender)
  2. Betta Pugnax (Forest Betta)
  3. Betta Edithae (Betta Brederi)
  4. Betta Picta (Painted Betta)
  5. Betta Taeniata (Banned Betta)
  6. Betta Anabantoides (Pearly Betta)
  7. Betta Foerschi (Purple Saphire Betta)
  8. Betta Macrostoma (Bruney Beauty)

Bublle Nest

Pengelompokan jenis ikan cupang yang membangun sarang dengan gelembung:

  1. Betta Bellica (Standards Betta)
  2. Betta Imbelis (Sluggers Betta)
  3. Betta Coccina (Clorats Betta)
  4. Betta Splendens (Siamese Fighting Fish)
  5. Betta Tesyae (Peaceful Betta)
  6. Betta Smaragdina (Emerald Betta)
  7. Betta Akarensis (Sarawak Betta)

Selain yang tertulis diatas berdasarkan pengembang biakan, ada juga jenis ikan cupang antara lain:

  1. Betta Cambodian
  2. Betta Channoides
  3. Betta Albimarginata
  4. Kampffisch Betta Splenden
  5. Double Tail Betta
  6. Betta Enisae
  7. Hector Betta Splendens
  8. Betta Balunga
  9. Betta Breviobesus

Itulah pembahasan kita seputar ikan cupang terbesar dan ikan cupang termahal, semoga dapat memberikan sedikit gambaran kepada Anda yang hobi memelihara ikan hias khususnya ikan petarung betta fish.

nb : Sumber referensi wikipedia dan pehobi ikan cupang

(slawiayu/pastiin)


#ikancupang #IkanCupangTerbesar #IkanCupangTermahal #hargaikancupang #hargaikancupangOktober2019 #budidayaikancupang #ikancupangaduan