IBN Tegal, Institut Swasta Pertama Di Tegal Dan Pantura Barat

Harapan Masyarakat Kabupaten Tegal mempunyai Perguruan Tinggi berbentuk Institut menjadi kenyataan, kini Sekolah Tinggi Agama Islam Bakti Negara (STAIBN) Tegal beralih status menjadi Institut Agama Islam Bakti Negara (IBN) Tegal. Peresmian alih status dilaksanakan di Pendopo Amangkurat Kabupaten Tegal, Sabtu (19/1)

Perubahan alih status dari STAIBN ke IBN juga menjadi era baru bagi iklim pendidikan khususnya perguruan tinggi di Kabupaten Tegal, sebab IBN merupakan Institut pertama di Wilayah Tegal dan Pantura Barat serta Kabupaten Tegal khususnya. Dalam peresmian IBN, juga sekaligus melantik Rektor IBN Drs. H. Badroddin, MSI.

Bupati Tegal Umi Azizah yang hadir dalam peresmian juga sangat bangga dengan beralih stusnya STAIBN menjadi IBN, sebab IBN yang pertama di Kabupaten Tegal. "Selamat atas peresmian IBN Tegal, semoga semakin meningkat kualitas akademiknya," jelasnya.

Umi juga memberikan semangat kepada Civitas akademika IBN agar mampu menyongsong era baru ini dengan mengimbangi kemajuan dibidang digitalisasi. Karena era revolusi 4.0 semua elemen diantaranya perguruan tinggi harus mengikuti perkembanganya. "Diera revolusi 4.0, IBN akan terus merespon dan bersaing dengan lainya," harapnya.

Dijelaskan Ketua Yayasan Drs. H. Bahrudin,MSI, dengan berubahnya menjadi IBN maka semua elemen akademik akan mulai berubah dan diperbarui, sebab tantangan kedepan akan lebih besar. Hal itu juga termasuk dalam peluncuran Masterplan Bangunan gedung IBN.

"Kita baru saja menyelesaikan masterplan gedung baru IBN, dan juga akan dibarengi sistem akademik yang lebih baik," terangnya.

"Kita semua patut bersyukur, penantian selama 32 tahun lebih, kini Kabupaten Tegal punya Perguruan tinggi berbentuk Institut lewat IBN Tegal," kata Ketua Yayasan Drs. H. Bahrudin, MSI.

Diketahui, saat ini di IBN Tegal terdapat 8 program studi, diantaranya Pendidikan Agama Islam (PAI), Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD), Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI), Bimbingan Konseling Islam (BKI), Hukum Keluarga Islam (Syariah), Perbankan Syariah (PBS), Ekonomi Syariah (ES) dan Ilmu Alquran dan Tafsir (IAT).

(slawiayu/siswandi)


Desa : Procot, Kecamatan : Slawi, Kab. Tegal #IBN #Staibn #StaibnTegal #PerguruanTinggi #InstitutAgamaIslamBaktiNegara #SekolahTinggiAgamaIslamBaktiNegara