Harga Cabai Tegal Masih Anjlok

Memasuki Bulan Februari, harga cabai merah di Pasar Trayeman Slawi masih Anjlok pada harga Rp 15.000 per kilogram (Kg).

Pantauan Slawiayu.com di Pasar Trayeman Slawi, Sabtu (2/2), harga cabai merah di tingkat pedagang eceran rata rata Rp 15.000 per kg, dan yang kualitas super mencapai Rp 20.000 per kg. Sementara harga cabai rawit setan/super sekitar Rp 24.000 per kg.

Beberapa pedagang mengaku turunnya hanga cabai merah di luar perkiraan, karena terjadi ketika musim hujan. Suharti, salah seorang pedagang di Pasar Trayeman menjelaskan anjloknya harga cabai merah karena stok melimpah yang dipasok dari daerah penghasil cabai.

Stok yang melimpah di pasaran terasa sejak sebulan belakangan atau awal tahun 2019 sehingga berpengaruh harga cabai merah turun drastis. Pedagang mengaku sangat jarang terjadi cabai merah dijual eceren hanya Rp 15.000 per kg.

Bila tingkat pedagang eceran hanya Rp 15.000 per kg, maka harga cabai merah di tingkat petani tentu diperkirakan hanya Rp 10.000 per kg.

Anjloknya harga cabai merah mendorong sebagian ibu rumah tangga membeli bahan bumbu dapur tersebut dalam jumlah yang lumayan banyak. Cabai merah digiling dengan mesin, kemudian disimpan dalam kulkas setelah dibungkus-bungkus dengan plastik untuk kebutuhan ke depan.

Sementara harga bahan bumbu dapur dan sembako jenis lainnya, saat ini relatif stabil. Seperti bawang lokal Rp 23.000 per kg, telur Rp 18.000 per kilogram.

(slawiayu/siswandi)


#hargacabaitegal