Hal Yang Sering Dilupakan Saat Membuat Daftar Riwayat Hidup

Bagi seseorang yang ingin melamar suatu pekerjaan, istilah daftar riwayat hidup sangat tidak asing bagi mereka. Daftar riwayat hidup biasanya dibutuhkan bersamaan dengan portofolio atau pencapaian seseorang sebagai bukti bahwa mereka layak diterima dalam pekerjaan tersebut.

Cara membuat daftar riwayat hidup dapat dilakukan secara manual dengan cara tulis tangan atau secara otomatis menggunakan form yang tersedia dari internet. Karenanya dalam mencari lowongan kerja 2022 perlu memperhatikan poin yang biasanya dilupakan oleh si pelamar, namun poin ini bisa menjadi tidak berlaku bagi tempat usaha (perusahaan) yang tidak terlalu terikat pada pakem yang ada.

Tips Membuat Daftar Riwayat Hidup Menarik Bagi Pemula

Berikut akan disampaikan mengenai langkah-langkah cara membuat daftar riwayat hidup yang menarik. Pastikan kalian paham beberapa langkah tersebut karena dapat menjadi faktor penting dalam penerimaan kerja.

Cara membuat daftar riwayat hidup yang menarik bagi pemula diantaranya :

1. Memahami hal terpenting di daftar riwayat hidup

Di dalam daftar riwayat hidup biasanya terdapat beberapa informasi mengenai data diri pelamar kerja. Informasi dalam daftar riwayat hidup sendiri diantaranya pendidikan anda, pengalaman kerja, minat dan prestasi anda, keterampilan anda, dan lain-lain.

2. Mempertimbangkan pekerjaan yang akan di lamar

Melihat kembali lowongan pekerjaan dan jenis pekerjaan yang diperlukan. Memahami kembali jenis pekerjaan yang akan dilamar, apakah pelamar mampu menguasai pekerjaan atau tidak? Keterampilan diri anda telah mencukupi ketika melamar pekerjaan ini atau tidak?

Anda bisa mengecek diri anda sendiri terlebih dahulu sebelum melamar jenis pekerjaan tersebut apabila tidak sesuai dengan kemampuan anda.

3. Periksa profil dan situs perusahaan sebagai informasi tambahan

Perhatikan profil perusahaan yang membuka lowongan pekerjaan tersebut. Pastikan lowongan pekerjaan tersebut bukan penipuan.

Anda bisa menanyakan via email perusahaan atau dengan bertanya kepada orang yang berpengalaman untuk mengetahui informasi dari perusahaan tersebut.

4. Menulis daftar pekerjaan yang pernah dilakukan

Hal ini menjadi pertimbangan bagi pimpinan perusahaan dalam menyeleksi calon pelamar pekerja yang mempunyai banyak pengalaman agar memudahkan proses penerimaan pekerjaan.

5. Menunjukkan hobi dan minat

Hobi dan minat disampaikan dalam daftar riwayat karena dapat menjelaskan seorang pelamar kerja yang ambisius atau bukan.

Namun hobi dan minat yang sangat menonjol juga perlu diwaspadai karena dikhawatirkan anda dapat dikategorikan sebagai seseorang yang tidak peduli dengan prinsip perusahaan.

6. Menyampaikan daftar keterampilan yang dikuasai

Menjelaskan daftar keterampilan yang anda kuasai menjadi langkah terakhir yang perlu diperhatikan ketika membuat daftar riwayat hidup.

Hal itu bertujuan untuk memudahkan penempatan posisi pelamar kerja diterima di perusahaan tersebut. Tidak semua pelamar kerja mengerti tata cara membuat daftar riwayat hidup.

Hal ini ditandai dengan banyaknya pelamar kerja yang tidak lolos seleksi karena daftar riwayat hidup mereka tidak menarik bagi perusahaan ditempat mereka melamar kerja. Semoga beberapa tahapan diatas semoga bisa menjadi bermanfaat bagi Anda yang sedang mencoba untuk melamar kerja, dan mendapatkan pekerjaan sesuai harapan.

(slawiayu/pastiin)


Desa : Adiwerna, Kecamatan : Adiwerna, Kab. Tegal #DaftarRiwayatHidup #RiwayatHidup #lowongankerja #loker