Gandeng Onthelis, Bawaslu Sosialisasikan Pemilu Partisipatif

Sosialisasi pengawasan Pemilihan Umum (Pemilu) terus dilakukan oleh Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Tegal, kali ini Bawaslu Kabupaten Tegal menggandeng Komunitas Sepeda Onthel sosialisasikan pengawasan partisipatif Pemilu.

Giat sosialisasi bersama onthelis dilaksanakan, Minggu (17/2) pagi, start didepan kantor Bawaslu Kabupaten Tegal dan mengitari ruas jalan sekitar Slawi, hingga ke Alun-alun Hanggawana Slawi.

Ketua Bawaslu Kabupaten Tegal, Ikbal Faizal mengatakan, kerja sama itu sesuai UU No. 7 tahun 2017 tentang Pemilu yang intinya melakukan pencegahan terhadap potensi pelanggaran Pemilu. Oleh karenanya, perlu peningkatan pengawasan Pemilu dengan menggandeng pihak lain dalam pengawasan partisipatif.

“Untuk pengawasan partisipatif masyarakat, Bawaslu Kabupaten Tegal melaksanakan kerjasama dengan beberapa komunitas, kali ini dengan komunitas onthelis di Slawi," ungkapnya.

Disampaikan Ikbal, anggota komunitas onthelis bersama bawaslu dengan memakai kaos bertuliskan stop ujaran kebencian, juga dibekali stiker yang dibagikan kepada masyarakat terutama masyarakat yang ramai di Alun-alun Hanggawana Slawi. "Kami sebar stiker sosialisasi pemilu dan pengawasan partisipatif," jelasnya.

Menurutnya, bahwa pada dasarnya seluruh masyarakat mempunyai hak mengawasi Pemilu. Setiap yang memiliki hak pilih diperbolehkan menyampaikan informasi-informasi atas pelanggaran Pemilu. Oleh karenanya, Bawaslu memiliki slogan ‘Bersama Rakyat Awasi Pemilu’. “Rakyat kita ajak untuk mengawasi kegiatan pemilu,” katanya.

(slawiayu/siswandi)


#Bawaslu