Empat Calon Ketua KNPI Bersaing Ketat

Perebutan kursi Ketua DPD KNPI Kabupaten Tegal semakin ketat, Empat calon saling klaim dukungan menjelang Musyawarah Daerah yang akan dihelat Sabtu (2/2) besok di Pendopo Amangkurat Pemkab Tegal. Sebelumnya, mereka sudah beradu visi misi pada debat calon yang disiarkan live di Gedung DPD KNPI Kabupaten Tegal.

Empat Calon, Kusnanto, Mughni, Azwar dan Ersal mengklaim sudah mengantongi masing-masing syarat rekomendasi dari organisasi kepemudaan dan pimpinan kecamatan. "Syarat untuk menjadi calon harus mendapatkan minimal 10 rekomendasi yang kemudian diverifikasi," kata ketua panitia Kiki Dwi Aryanto.

Kiki menyampaikan,bahwa masing-masing calon sudah menyampaikan visi misi dihadapan pemuda dan masyarakat Kabupaten Tegal secara live di radio dan media lainya. "Kami sudah memberikan ruang agar visi misi calon bisa didengar dan dimengerti masyarakat, jadi tidak asal salah pilih ketua KNPI, ide dan gagasanya harus teruji," terangnya.

Dia menyebutkan secara singkat tentang visi misi masing-masing calon yang secara garis besar akan meneruskan visi dan misi DPD KNPI Kepengurusan sebelumnya, yang siap menjadi mitra kritis dan mitra strategis pembangunan kepemudaan di Kabupaten Tegal. "Saat ini KNPI sedang memperjuangkan Perda Kepemudaan, jadi siapapun yang jadi nanti harus meneruskan pengawalan dan pelaksanaan dari Perda Kepemudaan," jelasnya.

Saat ditemui redaksi slawiayu.com, masing-masing calon Ketua KNPI memaparkan visi misi yang akan dilaksanakan jika terpilih nanti. Kusnanto secara kongkrit akan meneruskan perjuangan Syamsul Falah dan Menjadikan KNPI Sebagai Organisasi kepemudaan yang menghimpun semua elemen dan menggali potensi kepemudaan menuju Kabupaten Tegal Layak Pemuda. "Kami akan turun kebawah untuk menggali potensi pemuda, dan menjadikan Kabupaten Tegal sebagai Percontohan Gerakan Pemuda Desa Kreatif," paparnya.

Selanjutnya, Abdul Mughni akan menjadikan KNPI sebagai wadah berhimpun pemuda yang berkualitas, bermanfaat dan hebat melalui soliditas kepengurusan dan anggota secara internal dan eksternal. "Kita akan kembangkan eksistensi kepemudaan yang mandiri, profesional memiliki moralitas tinggi," sebutnya.

Kemudian, Azwar yang juga masih menjabat sebagai Bendahara KNPI berkeinginan mensinergiskan KNPI dengan Pemerintah daerah guna mengawal program kerja, anggaran dan kebijakan publik. "Kami akan bangun hubungan baik dengan dinas terkait, dan akan bekerjasama untuk membangun kegiatan kepemudaan di Kabupaten Tegal," jelasnya.

Terakhir, Ersal Aburizal menyampaikan garis besar visinya menjadikan KNPI sebagai organisasi strategis yang berdaya dan berkontribusi nyata terhadap pembangunan kepemudaan di Kabupaten Tegal. "Salah satu progam kami, pemberdayaan pemuda melalui program KNPI mandiri," paparnya.

Saat ditanya sejauh mana dukungan yang sudah diraih, mereka mengaku sudah memperoleh 10 lebih rekomendasi dari organisasi kepemudaan dan pimpinan kecamatan.(Slawiayu-Sis)

(slawiayu/siswandi)


#knpi