Dokumen Jasa Penerjemah Tersumpah Berdasarkan Jenisnya

Dokumen merupakan suatu hal yang penting dan juga berharga, baik yang tertulis maupun bentuk cetak, dokumen itu sendiri bisa menjadi suatu keterangan atau bukti. Terlebih sebelum mengetahui jenis dokumen untuk penerjemah tersumpah, maka dari itu baiknya mengetahui beberapa hal. Untuk pengertian lebih luas dokumen merupakan keseluruhan data yang dapat dikumpulkan, disediakan, disusun, atau disebarluaskan baik bentuk tertulis, lisan maupun digital.

Beberapa Jenis - jenis dokumen yang perlu Anda ketahui, diantaranya :

1. Berdasarkan Fungsi

Ada dua jenis dokumen berdasarkan fungsinya, yakni dokumen stasis ( dokumen yang dipergunakan secara tidak langsung pada proses pekerjaan di kantor ) dan dokumen dinamis ( dokumen yang secara langsung digunakan dalam proses pekerjaan di kantor ).

2. Berdasarkan Kepentingan

Jenis dokumen berdasarkan kepentingan dibagi menjadi 4, yakni :

  1. Dokumen Pemerintah
    Contohnya Undang-Undang, PERDA ( Peraturan Daerah ), Keputusan Presiden, Peraturan Pemerintah, sampai perjanjian kerja sama antar Negara satu dengan negara lainnya. Dengan kata lain dokumen pemerintah ini informasi suatu pemerintahan yang berisi ketatanegaraan dan digunakan pemerintah untuk pembuktian suatu kegiatan.
  2. Dokumen Niaga
    Sebagai contoh dokumen niaga yaitu, faktur, cek, kwitansi, saham, packing list, letter of credit, obligasi, dll. Dokumen Niaga merupakan dokumen perniagaan yang berupa surat berharga dan beberapa bisa digunakan sebagai alat atau bukti pembayaran.
  3. Dokumen Sejarah
    Contoh dokumen sejarah seperti fosil, film perjuangan, tugu, naskah proklamasi, rekaman, autobiografi, prasasti, dll. Dokumen sejarah berisi catatan penting dan pastinya berkaitan dengan peristiwa sejarah yang bisa menjadi pembuktian atas peristiwa yang terjadi di masa lampau.
  4. Dokumen Pribadi
    Contohnya seperti KTP, Akta Lahir, Paspor, ijazah, dll. Dokumen Pribadi berisi informasi pribadi seseorang dan bisa digunakan untuk berbagai kepentingan yang menyangkut perorangan.

3. Berdasarkan Bentuk Fisik

Berdasarkan Bentuk Fisik, Jenis Dokumen dibagi menjadi 3, yaitu :

  1. Dokumen Privat
    Dokumen Privat merupakan dokumen yang disimpan dengan sistem kearsipan dapat beruapa arsip atau surat - surat. Misalnya surat tanda bukti, surat berharga, surat niaga, surat dinas, atupun seperti laporan - laporan.
  2. Dokumen Korporil
    Dokumen Korporil biasanya dikumpulkan dan disimpan di dalam museum, karena dokumen korporil berupa dokumen yang berkaitan dengan benda sejarah. Misalnya Uang kuno. arca, keris, patung hingga pakaian adat jaman dulu.
  3. Dokumen Literer
    Dokumen Literer bisa ditemukan diberbagai perpustakaan, sebab jenis dokumen literer merupakan dokumen yang teripta karena ada yang mengabadikan dengan cara dicetak, ditulis, direkam, ataupun digambar.Misalnya Buku, Tabloid / majalah, serta film.

Terjemahan merupakan suatu hal yang lumrah dan tanpa disadari menjadi bagian yang sangat penting dalam kehidupan manusia. Terjemahan tidak bisa kita pungkiri manfaatnya. Sebagai contoh bila kita menonton film dengan bahasa negara lain, tentu kita juga membutuhkan terjemahan atau subtitle agar bisa lebih mengerti jalan cerita film tersebut. Salah satu contoh lainnya apabila kita akan mengirimkan dokumen ataupun menerima dokumen dengan bahasa negara lain pasti juga akan membutuhkan terjemahan agar bisa mengerti isi dokumen tersebut.

Dalam berkomunikasi diperlukan adanya bahasa yang tepat, maksudnya setiap daerah, wilayah, ataupun negara mempunyai bahasa tersendiri dalam komunikasi. Oleh sebab itu diperlukan Penerjemah Tersumpah agar bisa mengerti dan memahami apa yang ingin diutarakan atau disampaikan satu pihak ke pihak lain yang bersangkutan. Saat ini jasa penerjemah juga sudah meraja lela, sudah banyak dan mudah ditemukan diberbagai media. Namun Anda perlu hati - hati dalam memilih jasa penerjemah tersumpah yang terpercaya.

Jasa Penerjemah Tersumpah menjadi salah satu solusi apabila Anda ingin mentranslate dokumen ataupun yang lainnya. Jangan percaya pada Penerjemah tersumpah yang belum memiliki sertifikat resmi. Cek terlebih dahulu apakah Penerjemah Tersumpah yang akan Anda pakai jasanya sudah menjadi jasa penerjemah tersumpah yang terpercaya dan resmi.

(slawiayu/cahyo)


#PenerjemahTersumpah