Daftar Alat Musik Tradisional Jawa Timur

Indonesia memiliki alat musik tradisional yang sangat beragam. Bahkan dalam satu provinsi saja, biasanya memiliki lebih dari satu alat musik. Disini kita akan membahas secara khusus alat musik tradisional dari provinsi Jawa Timur.

Daftar alat musik tradisional Jawa Timur

Alat musik tradisional dari provinsi Jawa Timur sangat bervariasi. Dilansir dari gasbanter.com, ada 20 alat musik tradisional dari Jawa Timur yang memiliki beragam bentuk.

Setiap alat musik ini memiliki keunikan dari suara yang dihasilkan serta paduan dalam memainkannya. Untuk lebih lengkapnya, berikut kita ulas empat alat musik tradisional Jawa Timur :

1. Angklung Reog

Membicarakan Provinsi Jawa Timur, kalian tentunya terfikirkan salah satu kesenian dari daerah Ponorogo yang bernama Reog. Angklung reog ini adalah salah satu alat musik yang digunakan dalam mengiringi tarian reog saat dipentaskan.

Perbedaan angklung reog dengan yang lainnya adalah suara yang dihasilkan. Angklung reog memiliki hasil suara yang cenderung lebih keras. Menariknya, angklung reog desainnya ditambah dengan rumbai-rumbai sehingga tampak meriah.

2. Bonang

Adakah di antara kalian yang sering menganggap sama antara bonang dan gamelan ? Perlu kalian ingat bahwa gamelan merupakan alat musik tradisional dari Jawa Tengah sedangkan bonang dari Jawa Timur.

Yang perlu kalian perhatikan adalah bahwa bonang memiliki suatu poros cembung pada bagian tengah. Fungsi poros cembung ini adalah sebagai tempat yang dipukul saat instrumen dimainkan. Dalam memainkan bonang, bindhi adalah alat pemukul khusus yang biasanya digunakan.

Jika dirumuskan, Bonang adalah bagian dari gamelan. Jadi kalau disebut gamelan, dia merupakan seperangkat alat musik seperti, kendang, saron, demung, bonang dan lain-lain.

Sedangkan dari daerah Jawa Timur, namanya terkhusus hanya bonang saja. Dan bentuknya tentu berbeda dengan bonang yang berada dalam seperangkat gamelan.

3. Saronen

Alat musik tradisional dari daerah Jawa Timur berikutnya adalah saronen. Menjadi alat musik khas Jawa Timur, saronen sebenarnya berasal dari Madura.

Saronen memiliki panjang sekitar 40 cm dan terbuat dari kayu jati yang kuat. Pada bagian tempat tiupannya, ada bahan khusus dari daun aren. Selain itu Masih ditambah dengan sayap dari tempurung kelapa yang kalau dilihat menyerupai kumis orang yang sedang memainkan saronen tersebut.

4. Terompet reog

Masih seputar alat musik yang biasa digunakan untuk mengiringi tarian Reog Ponorogo, ada juga yang dinamakan terompet reog. Terompet ini memiliki 6 lubang yang fungsinya untuk pengaturan nada saat dimainkan.

Demikian 4 jenis alat musik tradisional dari daerah Jawa Timur yang sering digunakan. Selain itu masih ada beberapa alat musik tradisional lain seperti angklung caruk, kendang tong-tong dan juga ketipung. Selain memiliki bunyi bervariasi, alat musik tradisional ini memiliki bentuk yang sangat indah.

(slawiayu/pastiin)


#AlatMusik #MusikTradisional #AlatMusikTradisional