Cukit, Makanan Khas Ramadhan, Begini Cara Membuatnya

Berbagai jenis kuliner dibulan ramdhan sangat beraneka ragam, salah satunya Kue Cukit. Cukit merupakan makanan khas yang dapat dijumpai ketika masuk bulan ramdhan. Bahkan, penjual kue cukit biasanya hanya ada di kampung-kampung dan menjadi menu saat takjil buka puasa ataupun dimakan usai sholat taraweh.

Kue cukit bentuknya sama persis dengan serabi, namun bahan yang dipakai untuk membuatnya berbeda. Kue serabi terbuat dari tepung beras yg dicampur dg santan kelapa, sedangkan kue cukit dibuat dengan menggunakan tepung terigu ditambah ragi atau tape singkong sebagai bahan untuk memfermentasi.

Cara pembuatan kue cukit relatif sama dengan cara pembuatan kue serabi, yaitu dipanggang diatas bara api dengan menggunakan cetakan semacam kuali kecil yg terbuat dari tembikar. Meski bentuk dan cara pembuatannya sama, rasa jelas berbeda.

Kue serabi memiliki rasa yang gurih sedangkan kue cukit rasanya cenderung tawar dan sedikit asam karena adanya proses fermentasi dalam pembuatannya.

Dalam penyajiannya kue cukit disajikan dengan saus gula merah yang kental atau saus gula dicampur parutan kelapa, sehingga rasanya manis dengan bau khas seperti tape singkong.

Jika anda tidak bisa mendapatkan penjual kue cukit dan susah mencarinya, anda bisa membuat sendiri kue cukit untuk santapan dirumah, berikut ini cara pembuatan kue cukit;

Cara Pembuatan dan Bahan:

Bahan :
- 225 gram tepung beras
- 3/4 sdt ragi instan
- 35 gram gula pasir
- 450 ml santan dari 1/2 butir kelapa
- 3/4 sdt garam
- 1/4 sdt moka pasta

Cara membuat :
1. Panaskan cetakan apem cukit yang diberi parutan kepala. Aduk-aduk kelapa sampai berminyak. Buang kelapanya dan panaskan 5 menit
lagi dengan api sedang.
2. Rebus santan sambil diaduk sampai mendidih. Ukur 425 ml santan. Biarkan hangat.
3. Aduk rata tepung beras, ragi instan dan gula pasir.
4. Tuang 350 ml santan (dari 425 ml santan) sedikit-sedikit sambil diuleni dan dikeplok-keplok 20 menit.
5. Masukkan sisi santan dan garam. Aduk rata. Diamkan selama 30 menit. Ambil 1/3 bagian. Tambahkan moka pasta. Aduk rata.
6. Tuang adonan putih di cetakan apem. Tuang adonan moka di tengahnya. Biarkan sampai berlubang. Tutup. Biarkan sampai matang. Cukit.Angkat.

(slawiayu/why)