Cek Nomor Porsi Haji

Bagaimana cara cek keberangkatan haji 2019 yang benar menurut Kementerian Agama? Kami akan berikan tutorial cara mengetahui estimasi keberangkatan haji melalui nomor porsi haji 2019, berikut penjelasannya.

Sebelum cek estimasi haji, Anda perlu mendapatkan nomor porsi resmi yang sudah dipersiapkan.

Nomor Porsi Adalah

Nomor porsi adalah nomor yang Anda dapatkan setelah melakukan penyetoran dana haji awal sebesar Rp. 25.000.000 (dua puluh lima juta rupiah) pada Bank Penerima Setoran Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPS-BPIH).

Nomor porsi ialah rangkaian 10 digit nomor sebagai penanda nomor antrian ibadah haji Anda, melalui nomor porsi haji 2019 bisa Anda dapatkan informasi tentang estimasi tahun keberangkatan, nama calon jamaah haji, dan nomor urutan kabupaten.

Cara Cek Keberangkatan Haji

Anda bisa melakukan cek keberangkatan haji melalui 2 cara:

  • Aplikasi Android
  • Website Kemenag

Mari kita bahas satu persatu estimasi keberangkatan haji.

Aplikasi Android Haji Pintar

Melalui aplikasi android haji pintar Anda bisa melakukan pengecekan tahun berangkat haji 2019, inilah urutan cara cek porsi haji melalui aplikasi android haji.

  1. Buka playstore dan cari Cek Porsi Haji Indonesia
  2. Klik install.
  3. Buka aplikasi Cek Porsi Haji Indonesia.
  4. Masukkan nomor porsi, klik cek.
  5. Maka akan muncul informasi seperti
    • Nama
    • Alamat
    • Tahun keberangkatan hijriyah dan masehi
    • Lokasi pemondokan
    • Informasi pembayaran
    • Dll

Seperti itulah cara mengecek tahun berangkat haji terbaru depag melalui aplikasi Android, lalu bagaimana untuk mengecek tahun berangkat melalui web kemenag? Mari kita ketahui bersama.

Website Haji Kemenag

Pilihan kedua untuk melakukan cek estimasi keberangkatan haji 2019, bisa menggunakan website haji kemenag. Berikut tutorial urutannya.

  1. Buka cek nomor porsi haji
  2. Masukkan nomor porsi.
  3. Klik cek keberangkatan.
  4. Informasi estimasi haji pintar Anda sudah muncul.

Dari keterangan diatas maka bisa kita ketahui bahwa pengumuman keberangkatan porsi haji itu sangat penting bagi calon jamaah haji yang sudah melakukan pembayaran dan memiliki nomor porsi, namun ada hal yang perlu Anda ketahui.

Bahwa informasi keberangkatan haji yang kami tampilkan merupakan data dari kemenag.go.id meskipun situs kami bukan website resmi, namun data kami bisa dikatakan data valid karena bersumber dari Kementerian Agama RI secara realtime.

Waktu Cek Keberangkatan Haji

Kapankah anda harus cek keberangkatan haji terbaru 2019? Setiap tahun pemerintah negara Republik Indonesia melakukan konsolidasi dengan berbagai pihak luar negeri agar kuota haji di Indonesia bertambah, alhasil setiap tahun adanya kemungkinan tahun keberangkatan haji Anda maju beberapa tahun.

Untuk itulah kita seharusnya mengecek jadwal keberangkatan haji pintar 2019 setiap waktu, setidaknya Anda melakukan pengecekan satu bulan sekali.

Ada beberapa alasan kenapa berangkat haji bisa maju atau mundur, diantaranya ialag renovasi masjidil haram, calon haji yang mengundurkan diri atau bahkan m&‌#1077;n&‌#1110;ngg&‌#1072;l dunia terlebih dahulu sebelum pelaksanaan.

Bulan yang harus Anda catat untuk mengetahui keberangkatan haji ialah pada bulan Januari, karena mendekati pelunasan BPIH 2019, dan juga KEMENAG telah selesaikan tugas pelayanan haji pintar.

Cek Porsi Haji Error

Sering kali ketika kita melakukan Cek Nomor Porsi Haji mengalami error, hal ini disebabkan oleh updatenya database haji kemenag.

Cek porsi haji 2019 error itu bisa dikatakan sebuah keniscayaan, untuk itu diharap bersabar karena kemenag sedang update sistem database porsi haji pintar 2019.

Biasanya cek porsi haji error ketika :

  • Menjelang pelunasan BPIH
  • Menjelang keberangkatan (bulan syawal - dzulhijjah)
  • Setelah kepulangan jamaah haji

Ketika Anda melakumkan cek nomor haji lalu ternyata sedang error, maka ada beberapa cara yang harus dilakukan.

Pertama, download aplikasi android Cek Haji Pintar 2019. Ini sangat berguna untuk Anda, karena dengan memasang aplikasi ini maka Anda akan mudah dalam melakukan pengecekan estimasi keberangkatan ibadah di baitullah.

Kedua, sabar dan menunggu paling cepat 1 minggu kemudian paling lambat 1 bulan. Karena perlu waktu untuk pemeliharaan server database kemenag pusat, untuk itu Anda hanya bisa bersabar.

Ketiga, jika Anda sudah tidak sabar menunggu karena alasan yang mungkin sangat penting maka bisa menghubungi Call Center Haji 2019 langsung dari KEMENAG RI (Kementerian Agama Republik Indonesia).

  • Bagian data :
    • 021 - 350 9180
    • 021 - 350 9179
    • 021 - 350 9181
    • 021 - 350 9178
    • 021 - 350 9177
  • Bagian haji :
    • 021 - 500 425

Fungsi dari melakukan cek porsi haji kemenag adalah untuk persiapan haji seperti memantapkan ilmu haji dan umroh, persiapan perlengkapan, persiapan kesehatan, serta pelunasan BPIH.

Cara Mendapatkan Nomor Porsi Haji

Bagi Anda yang ingin mendapatkan nomor porsi haji (mendaftar haji) maka ada beberapa cara mendapatkan nomor porsi haji 2019, yaitu Harus melakukan pembayaran setoran awal sebesar 25 juta rupiah.

Pasca penyetoran di bank, maka Anda akan mendapatkan bukti setor BPIH. Nomor porsi haji Anda bisa dilihat pada bukti setor tersebut, bentuknya nomor 10 digit yang ada pada bukti setoran awal BPIH 2019.

CATATAN :

Nomor porsi itu BUKAN nomor SPPH, karena tidak sedikit calon jamaah yang mengira porsi itu nomor SPPH.

Bagi Anda yang mendaftar haji plus dan belum mendapatkan nomor porsi yang legal dari kementerian agama, maka bisa menanyakan ke travel haji 2019 dimana Anda mendaftar haji plus tersebut.

Pada saat ini haji plus juga harus bersabar, karena tetap harus menunggu beberapa tahun. Namun jangka tahun keberangkatannya tidak selama haji reguler, karena biayanya juga cukup mahal.

Untuk itu bagi Anda yang mendaftar haji 2019, harus mengetahui dan melakukan pengecekan jadwal berangkat dengan kuota porsi yang Anda dapatkan. Dengan begitu menandakan bahwa Anda memang sudah terdaftar dan legal sebagai calon jamaah haji indonesia.

(slawiayu/kemenag)


Desa : Slawi Kulon, Kecamatan : Slawi, Kab. Tegal #CekNomorPorsiHaji #cekhaji #hajikemenag #cekporsihaji2019