Cek! 5 Produk Asuransi Yang Penting Plus Manfaatnya

Produk asuransi adalah salah satu instrumen keuangan yang digunakan masyarakat sebagai bentuk antisipasi terhadap risiko kerugian yang kemungkinan terjadi di masa depan.

Meskipun asuransi sudah ada sejak ribuan tahun lalu, tak sedikit masyarakat yang masih mempertanyakan tentang pentingnya asuransi untuk kehidupan. Apakah Anda salah satunya?

Sebagai informasi tambahan, kali ini kami akan membahas sedikit ulasan mengenai produk-produk asuransi yang penting dan paling banyak digunakan masyarakat Indonesia.

Selain produk asruansi yang salah satunya adalah asuransi mobil, terdapat juga informasi mengenai kredit mobil syariah yang bisa Anda ketahui.

1. Asuransi Kesehatan

Semua orang pastinya memerlukan asuransi yang satu ini, yaitu asuransi kesehatan (Askes).

Alasannya, tentu saja sebagai antisipasi apabila jatuh sakit, yang mana merupakan kondisi yang tak pernah bisa diprediksi entah saat masih muda atau di usia tua nanti. Apabila Anda ingin memiliki asuransi kesehatan, ada baiknya Anda melakukannya sejak dini.

Hal ini dikarenakan premi asuransi kesehatan jauh lebih mahal apabila Anda membelinya saat memasuki usia 30 tahun ke atas. Ada banyak sekali manfaat dari bergabung dengan asuransi kesehatan, antara lain sebagai berikut:

  • Pertanggungan biaya pembedahan, biaya rawat inap atau rawat jalan hingga biaya persalinan sebagai daftar manfaat tambahan.
  • Pertanggungan biaya perawatan gigi, mata dan beberapa penyakit kritis.
  • Terkadang ada perusahaan asuransi yang memberikan santunan harian tunai untuk nasabah yang sedang sakit

2. Asuransi Mobil

Perlu diketahui, asuransi mobil bersifat penting dan wajib dimiliki oleh setiap orang yang sudah memiliki mobil atau sudah berhasil mengambil kredit mobil syariah.

Bagi Anda yang ingin kredit mobil, membeli asuransi merupakan bagian dari persyaratan yang harus dipenuhi sehingga tidak ada alasan mobil baru atau bekas tidak diasuransikan.

Bukan tanpa alasan, asuransi mobil sangat penting karena berisiko tinggi terhadap kecelakaan, kerusakan hingga kehilangan. Terlebih melihat padatnya jalanan perkotaan hari ini dan tingginya angka kecelakaan.

Sekadar diketahui, berikut beberapa manfaat asuransi mobil:

  • Memberikan ganti rugi terhadap kerusakan kecil maupun rusak total.
  • Tanggungan atas kerusakan yang parah, kasus kehilangan atau rusak lebih dari 75 persen.
  • Memiliki tanggung jawab hukum pihak ketiga untuk membantu tertanggung atau nasabah membayar ganti rugi apabila tidak sengaja menyebabkan kecelakaan.
  • Memberikan santunan apabila terjadi cedera atau kematian pada pengendara pihak ketiga yang diakibatkan tertanggung atau nasabah asuransi.

3. Asuransi Jiwa

Selanjutnya ada produk asuransi jiwa yang memberikan jaminan finansial terhadap ahli waris tertanggung. Jaminan uang tunai ini akan diberikan apabila nasabah asuransi m&‌#1077;n&‌#1110;ngg&‌#1072;l dunia.

Karena alasan inilah, asuransi jiwa sangat penting dimiliki terlebih untuk nasabah yang telah memiliki keluarga.

Berikut beberapa manfaat yang bisa Anda dapatkan dari membeli asuransi jiwa, antara lain:

  • Memperoleh santunan m&‌#1077;n&‌#1110;ngg&‌#1072;l dunia yang akan diberikan pada ahli waris.
  • Santunan atas risiko cacat tetap total yang dialami tertanggung.
  • Tentunya memberikan keringanan untuk keluarga yang mendapatkan musibah

Asuransi ini sering juga disebut sebagai asuransi investasi dan kerap dikaitkan dengan asuransi kesehatan dan asuransi jiwa. Singkatnya, jika Anda membeli asuransi unit link Anda bisa mendapatkan manfaat asuransi sekaligus nilai tunai investasi.

Asuransi Unit Link sangat cocok untuk Anda yang belum memiliki asuransi dan tidak memiliki investasi sama sekali. Anda bisa mendapatkan 2 manfaat sekaligus hanya dalam satu polis asuransi.

Berikut ini beberapa manfaat dari asuransi Unit Link, antara lain:

  • Kesempatan mendapatkan 2 manfaat dalam satu produk asuransi.
  • Nilai premi akan berkembang seperti produk investasi pada umumnya.
  • Investasi akan diurus oleh manajer investasi dan perusahaan asuransi.
  • Cocok untuk investasi menengah dan jangka panjang

Baca juga ulasan tentang kredit mobil syariah untuk mengetahui asuransi mobil paling cocok.

5. Asuransi Kecelakaan

Asuransi kecelakan ialah produk asuransi yang memberikan ganti rugi bagi nasabah yang mengalami kecelakaan dan menyebabkannya m&‌#1077;n&‌#1110;ngg&‌#1072;l dunia, cacat tetap total, cacat sebagian atau cedera.

Asuransi ini baru bisa diklaim saat risiko kecelakaan diakibatkan oleh kecelakaan kerja, perjalanan dan kecelakaan lalu lintas.

Untuk itu, sangat penting memiliki asuransi kecelakaan mengingat risiko tinggi yang mengintai setiap aktivitas sehari-hari.

Berikut ini beberapa manfaat membeli asuransi kecelakaan, yaitu:

  • Memperoleh santunan m&‌#1077;n&‌#1110;ngg&‌#1072;l dunia akibat kecelakaan.
  • Mendapatkan santunan cacat tetap total.
  • Menerima ganti rugi atas biaya pengobatan karena kecelakaan

Demikianlah ulasan ringkas seputar macam jenis produk asuransi dan manfaatnya, semoga jenis asuransi terbaik di indonesia tersebut dapat bermanfaat.

(slawiayu/roy)


#asuransi #asuransiterbaikdiindonesia