Cara Menjaga Daya Tahan Tubuh Anak Dengan Mengkonsumsi Vitamin C Anak

Makanan 4 Sehat 5 Sempurna merupakan salah satu faktor penting dalam memenuhi kebutuhan manusia, makanan 4 sehat 5 sempurna merupakan beberapa makanan yang mengandung gizi lengkap. Terutama kesehatan bagi anak Anda, kekurangan vitamin c anak bisa menurunkan daya tahan tubuh si kecil, karenanya harus selalu menjaga asupan gizinya.

Macam- macam makanan 4 sehat 5 sempurna mengandung gizi yang lengkap, meliputi :

  1. Karbohidrat
  2. Protein
  3. Vitamin
  4. Lemak
  5. Mineral

Selain untuk memenuhi kebutuhan asupan gizi, makanan yang sehat memiliki peran penting dalam proses metabolisme tubuh. Metabolisme yang baik merupakan salah satu faktor untuk menjaga daya tahan tubuh.

Pada masa pancaroba atau pergantian musim, banyak dari mulai orang dewasa hingga anak - anak yang jatuh sakit. Selain faktor cuaca, kekebalan daya tahan tubuh juga berpengaruh. Apalagi musim seperti saat ini, merupakan musim yang extrem. Sebentar hujan, sebentar panas terik. Hal inilah yang membuat sistem metabolisme menurun. Oleh karenanya, asupan gizi yang benar harus diperhatikan.

Asupan Bergizi

Untuk memenuhi kandungan gizi dari 4 sehat 5 sempurna kita perlu mengenal macam - macam makanan yang memiliki kandungan tersebut.

1. Karbohidrat

Karbohidrat merupakan salah satu jenis nutrisi yang di perlukan oleh tubuh sebagai salah satu sumber energi bagi tubuh. Nasi, sagu, kentang, gandum, singkong, jagung dan ubi-ubian merupakan beberapa jenis makanan sebagai sumber karbohidrat.

2. Protein

Protein bisa didapat dari dua sumber, bisa didapat dari sumber hewani dan sumber nabati. Sumber protein hewani seperti ikan, daging merah tanpa lemak, ayam, telur, keju, dan susu / yogurt. Sedangkan Sumber protein nabati meliputi kacang-kacangan dan olahannya seperti tempe, tahu, susu kedelai, dll.

Protein juga sangat diperlukan oleh tubuh untuk proses memperbaiki jaringan sel - sel dalam tubuh yang rusak, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, dan juga salah satu nutrisi yang membantu proses pembentukan hormon serta enzim yang berfungsi menjaga organ didalam tubuh.

3. Vitamin

Untuk menjalankan fungsinya dengan normal, tubuh kita membutuhkan vitamin. Vitamin adalah suatu zat yang diperlukan oleh tubuh yang berasal dari jenis buah dan sayuran. Bermacam - macam jenis vitamin, ada vitamin A, B, C, D, E, dan K.

Walaupun bukan dalam jumlah yang banyak, namun tubuh tetap memerlukan vitamin untuk tumbuh dan berkembang. Sayangnya, tubuh tidak bisa memproduksi vitamin sendiri, oleh karenanya kita tetap harus mengkonsumsi makanan yang mengandung vitamin, seperti buah dan sayur.

Bahkan beberapa orang memerlukan dalam jumlah lebih, atau dalam kondisi tertentu, seperti karena alergi. Sehingga beberapa orang mengkonsumsi suplemen untuk menunjang kurangnya asupan vitamin yang diperlukan oleh tubuh.

4. Lemak

Lemak juga salah satu nutrisi yang penting untuk tubuh, fungsi dari lemak adalah mengatur suhu tubuh. Lemak melindungi kita dari hawa yang sangat dingin ataupun sangat panas. Selain itu ada banyak sekali fungsi dari lemak, salah satunya yaitu sebagai pengangkut vitamin A,D, E, dan K.

5. Mineral

Mineral ada dua jenis, yakni mineral makro dan mineral mikro. Mineral sama halnya dengan vitamin, di butuhkan dalam jumlah sedikit, namun harus tetap ada dan terjaga kadarnya di dalam tubuh.

Oleh sebab itu, beberapa orang dengan kondisi tertentu, bila kekurangan mineral harus meminum suplemen agar keseimbangan mineral dan nutrisi lain di dalam tubuh juga terjaga.

Mineral yang diperlukan tubuh ada banyak jenisnya, diantaranya Kalsium, Kalium, Fosfor, Zat besi, dan masih banyak lagi jenisnya. Untuk jenis makanan yang mengandung mineral bisa diperoleh pada daging, olahan seafood, sayur, kacang - kacangan, dll.

Vitamin C Anak

Selain dari makanan 4 sehat 5 sempurna, untuk menjaga dan meningkatkan daya tahan tubuh, Anda juga perlu mengkonsumsi beberapa suplemen untuk mengantisipasi kurangnya nutrisi di dalam tubuh. Namun harus diperhatikan jumlahnya, jangan sampai berlebihan apabila mengkonsumsi apapun.

Bagi Anda yang memiliki putra putri, pasti juga ada fase dimana anak susah makan sayur atau buah, hal ini akan berpengaruh pada tumbuh kembang serta sistem daya tahan tubuhnya. Padahal sistem imun didalam tubuh bekerja 24 jam tanpa henti setiap harinya. Untuk dapat mempertahankan serta melindungi tubuh, sistem imun membutuhkan asupan gizi yang cukup dan teratur. Apabila tubuh kekurangan asupan gizinya maka daya tahan tubuh juga akan menurun. Hal ini bisa menjadi berbahaya karena bisa menyebabkan anak jatuh sakit.

Apabila Anda tidak ingin anak sakit, harus benar - benar di jaga asupan gizinya, terutama anak yang susah makan sayur dan buah, pasti asupan vitamin terutama vitamin C juga akan kurang. Untuk memastikan tercukupnya vitamin c dalam tubuh, Anda perlu memberikan Redoxon Tablet Kunyah untuk mencukupi kebutuhan vitaminnya.

Redoxon Tablet Kunyah adalah suplemen vitamin c anak yang sangat aman dikonsumsi untuk anak. Redoxon Tablet Kunyah merupakan salah satu cara memenuhi asupan vitamin c pada anak. Jadi para orang tua kini tidak perlu khawatir lagi, apabila Anda memiliki anak yang tidak terlalu suka dengan buah atau sayur. Silahkan berikan pada anak suplemen vitamin c anak seperti Redoxon Tablet Kunyah.

Untuk membentuk sistem daya tahan tubuh anak yang baik, anak harus diberikan asupan gizi yang baik pula. Selain dari makanan, gaya hidup sehat juga perlu diterapkan. Oleh karenanya, konsumsi Redoxon Tablet Kunyah sebagai sumber tambahan untuk memenuhi vitamin c pada anak.

(slawiayu/roy)


#redoxontabletkunyah #vitamincanak #vitaminc #Redoxon