Cara Mengusir Tikus Di Rumah

Tikus digambarkan sebagai binatang yang sangat rakus sebab hampir seluruh benda apapun bisa dimakannya, seperti bumbu dapur, makanan sisa, bahkan terkadang kabel dan sabun mandi pun ikut menjadi santapanya. Selain itu tikus juga dikenal sebagai binatang yang jorok dan menjijikan, jika dibiarkan saja maka tikus juga bisa menimbulkan beberapa penyakit yang cukup membahayakan diri anda.

Ada beberapa jenis penyakit berbahaya yang disebabkan oleh tikus, diantaranya adalah hantavirus, hemorrhagic fever with renal syndrome, penyakit pes, lymphocytic chorio meningistic, rat bite fever, dan leptospirosis. Maka dari itu sangat penting untuk dipahami tentang bagaimana cara mengusir tikus.

Mengusir hewan yang satu ini memang tidak mudah, apa lagi jika sudah terlanjur masuk ke dalam rumah dan memiliki tempat persembunyian. Cara yang paling sering dilakukan adalah dengan menggunakan racun tikus, namun yang menjadi permasalahan ialah jika tikus tersebut mati di tempat yang sulit untuk kita ambil dan menimbulkan bau tak sedap.

Suara Pengusir Tikus

Namun anda tidak perlu khawatir sebab masih ada beberapa cara mengusir tikus dengan mudah dan aman, salah satunya yakni dengan cara mengaktifkan suara pengusir tikus.

Anda bisa memanfaatkan teknologi ultrasonik dengan frekuensi tinggi yakni 35.000 Hz sebagai suara pengusir tikus. Dengan suara tersebut maka akan menimbulkan rasa tidak nyaman pada pendengaran tikus, dan secara otomatis tikus akan bertahap m&‌#1077;n&‌#1110;ngg&‌#1072;lkan rumah anda. Terkait dengan teknologi ultrasonik anda juga bisa mendapatkan dengan mudah, yakni bisa dengan melakukan pencarian di youtube maupun mendownload aplikasi yang sudah tersedia di playstore.

Cara mengusir tikus menggunakan suara memang membutuhkan waktu yang cukup lama. Maka sebaiknya gunakan suara pengusir tikus tersebut ketika malam hingga pagi hari, dan letakkan pada ruangan rumah yang biasa menjadi tempat tikus berkeliaran, yakni bisa anda coba di sekitar dapur. Jika cara tersebut tidak berhasil maka anda perlu mencoba beberapa cara lain seperti di bawah ini.

Gunakan Perangkap Tikus

Cara yang satu ini adalah cara yang paling sering dilakukan, selain minimnya resiko cara ini juga tergolong sangat mudah untuk di praktekan. Anda bisa membeli alat perangkap tikus di pasar tradisional maupun secara online di marketplace.

Letakkan perangkap tikus tersebut di ruangan rumah yang paling sering dilewati, berikan umpan atau makanan favorit agar tikus lebih mudah masuk kedalam perangkap. Untuk menghindari penyakit yang disebabkan virus, jangan lupa untuk menggunakan masker dan sarung tangan ketika anda hendak mengambil tikus tersebut.

Memelihara Kucing

Kita semua tentu sudah tau bahwa kucing dan tikus adalah dua hewan yang saling bermusuhan. Jika di keluarga anda tidak ada yang alergi atau pun takut terhadap kucing maka cara ini bisa anda coba.

Anda bisa memulainya dengan mencoba memelihara satu kucing saja, tunggu hingga beberapa minggu dan jika kucing tersebut mampu menangkap tikus maka anda sudah berhasil. Namun perlu diingat bahwa tidak semua jenis kucing bisa menangkap tikus, hal ini disebabkan karena kucing jenis tertentu memiliki tubuh yang tergolong lemah.

Untuk itu jika ingin mengusir tikus dari rumah dengan memelihara kucing, maka harus memikirkan kucing jenis apa yang kuat dan benar-benar berani ketika melihat tikus. Jangan sampai ketika Anda sudah memelihara kucing, tapi ketika kucing itu melihat tikus justru kabur ketakutan.

Memanggil Jasa Pengusir

Beberapa cara di atas ialah hanya bisa dilakukan jika jumlah tikus masih dalam kategori wajar, namun jika tikus di rumah anda jumlahnya sangat banyak maka anda sangat disarankan untuk menggunakan jasa pengusir tikus/hama. Cara mengusir tikus jika dilakukan oleh yang berpengalaman biasanya lebih aman dan lebih cepat diselesaikan.

Mereka yang membuka jasa pengusir hama (salah satunya mengusir tikus) sudah pasti terlatih, tau dengan betul dimana letak persembunyian tikus dan bagaimana mengusirnya. Biasanya menggunakan alat ultrasonik dan dibantu sedikit bahan kimia, namun tentunya jasa pengusir hama akan menggunakan bahan yang aman dan tidak berbahaya untuk manusia.

Gunakan Aroma yang Tidak Disukai Tikus

Tikus memiliki indra penciuman yang sangat tajam dan tikus juga mempunyai beberapa macam aroma yang tidak disukai sehingga ketika mencium aroma tersebut tikus akan pergi dengan sendirinya. Beberapa aroma yang tidak disukai tikus adalah sebagai berikut:

  • Aroma kopi
  • Cangkang telur
  • Buah mengkudu
  • Bawang putih
  • Cabai rawit
  • Cengkih
  • Aroma buah durian

Namun dari hasil ujicoba kami menggunakan aroma yang tidak disukai tikus, buah durian merupakan pilihan terbaik. Karena tikus-tikus langsung lari m&‌#1077;n&‌#1110;ngg&‌#1072;lkan atap rumah ketika kami mencipratkan air bekas cuci tangan durian di loteng. Bahkan ada dua ekor tikus yang pingsan di halaman depan, akhirnya dibawa oleh kucing tetangga.

Demikianlah tutorial pembahasan bagaimana cara mengusir tikus di rumah, semoga dapat bermanfaat untuk Anda semua dan bisa diterapkan dalam upaya menghilangkan tikus nakal di loteng rumah.

(slawiayu/samsul)


#caramengusirtikus #caramengusirtikusdirumah #usirtikus #suarapengusirtikus #jasapengusirtikus #jasapengusirhama #perangkaptikus