Cara Mengusir Nyamuk Dengan Sereh

Pasti Anda merasa terganggu dengan adanya nyamuk, serangga kecil yang suka menghisap darah ini tidak jarang membuat kita kesal dengan kehadirannya. Ternyata ada cara mengusir nyamuk dengan sereh, bagaimana itu? Yuk kita bahas bersama.

Ada sebagian yang menyebut serai, dan ada juga yang menyebut sereh, adalah sebuah tumbuhan yang masuk dalam klan rerumputan yang lazimnya digunakan untuk bumbu dapur.

Serai atau daun sereh ternyata selain biasa dimanfaatkan sebagai tambahan makanan maupun pewangi (aromaterapi) bisa juga digunakan sebagai solusi alternatif untuk mengusir nyamuk. Banyak yang mempercayai bahwa dengan daun sereh / daun serai sejak dahulu sudah digunakan nenek moyang untuk mengusir nyamuk.

Cara Usir Nyamuk

Mendengar informasi ada cara mengusir nyamuk dengan sereh, maka muncul berbagai pertanyaan dibenak kita. Kenapa nyamuk tidak suka aroma sereh? Bagaimana sereh mengusir nyamuk? dan lain sebagainya, kami mendapat jawaban dari dokter Fauzan.

"Daun sereh itu tumbuhan yang mengandung minyak Citronella, jadi sebenarnya bukan mengusir nyamuk tapi menghambat nyamuk untuk menemukan bau manusia" kata dokter Fauzan.

Cymbopogon Citratus merupakan bahasa latin dari serai (sereh), sebuah tumbuhan yang memiliki Citronella yang cukup kuat.

Cara nyamuk bisa menemukan tubuh untuk dihisap darahnya ialah dari bau asam laktat dan karbondioksida, ini banyak pada tubuh manusia sehingga nyamuk akan langsung mendekat ke tubuh kita.

"Karena itu, cara mengusir nyamuk dengan sereh cukup bagus. Dalam penelitian, 40 persen nyamuk tidak bisa mendarat di tubuh manusia jika ada bau Citronella" imbuh Fauzan.

Nyamuk akan kesulitan dalam mendeteksi tubuh manusia jika menggunakan minyak Citronella, jadi bukan mengusir namun hanya menghambat nyamuk untuk mendarat dan menancapkan jarumnya ke kulit kita.

Seperti Apa Daun Sereh?

Ada masyarakat yang membuat sendiri minyak sereh dengan cara menyuling daun serai, tentunya dipakai sebagai pengusir nyamuk tradisional.

Budidaya Tanaman Serai
Budidaya Tanaman Serai

Untuk meyakinkan Anda tentang kandungan yang ada pada sereh, maka bisa dilihat pada tabel dibawah ini.

KingdomPlantae
  1. Angiospermae (Berbunga)
  2. Monokotil (Biji berkeping tunggal)
OrdoPoales
FamiliPoaceae
SpesiesC. citratus
GenusCymbopogon
Nama BinomialCymbopogon citratus

Alternatif Mengusir Nyamuk

Cukup penting untuk Anda perhatikan jika daun sereh mungkin bisa menangkal nyamuk, tapi komponen aktif dan dosis pada daun serai tidak cukup untuk solusi terbaik untuk mengusir nyamuk.

Tanaman Serai Daun Sereh
Tanaman Serai / Daun Sereh

Jelas saja karena cara mengusir nyamuk dengan sereh ini hanya alternatif saja, bukan untuk pengusiran nyamuk dalam skala besar. Saat ini sudah banyak produsen anti nyamuk yang membuat obat untuk mengusir nyamuk, dan saat ini yang sedang naik daun ialah anti nyamuk oles dan spray.

Produk anti nyamuk spray menawarkan Anda perlindungan ekstra terhadap nyamuk membandel, karena dengan dosis yang cukup untuk mengamankan keluarga Anda dan tidak menimbulkan iritasi pada kulit.

Tapi bagi Anda yang memiliki anak kecil, tidak boleh menggunakan obat pengusir nyamuk secara berlebihan. Untuk itulah perlunya menggunakan alternatif pengusir nyamuk, daun sereh adalah salah satu yang wajib Anda coba dirumah.

(slawiayu/roy)


#caramengusirnyamukdengansereh #usirnyamuk #mengusirnyamuk #caramengusirnyamuk #AlternatifMengusirNyamuk #Daunsereh #daunserai #Herbal