Cara Menghilangkan Tahi Lalat

Bintik hitam yang menempel pada tubuh manusia atau yang sering disebut tahi lalat bisa muncul pada bagian tubuh mana saja. Bagi sebagian orang ada yang bangga dengan tahi lalat yang dimilikinya, katanya tahi lalat juga mempengaruhi wajah seseorang hingga terlihat lebih manis.

Namun apa jadinya jika memiliki tahi lalat yang terlalu banyak, atau muncul pada bagian tubuh yang kurang tepat, di atas hidung misalnya. Tentu hal tersebut membuat kamu kurang nyaman dan mengurangi rasa percaya diri. Maka tak heran jika ada beberapa orang yang dengan sengaja mencoba untuk menghilangkan tahi lalat tersebut.

Bagaimana Cara Menghilangkan Tahi Lalat?

Pada dasarnya tahi lalat bukanlah termasuk pada kategori penyakit medis, adanya tahi lalat sama sekali tidak mempengaruhi kesehatan seseorang dan juga tidak menimbulkan rasa sakit. Salah satu alasan seseorang ingin menghilangkan tahi lalat adalah sebab ingin merubah penampilannya.

Pada umumnya tahi lalat bisa dihilangkan dengan cara menggunakan laser, operasi ringan, atau menggunakan salep khusus. Namun ada juga cara lain yang mungkin lebih cocok dan praktis untuk dicoba. Berikut adalah cara menghilangkan tahi lalat.

1. Teknik pembekuan

Cara menghilangkan tahi lalat yang satu ini hanya boleh dilakukan oleh dokter. Pada bagian kulit yang terdapat tahi lalat akan diberi cairan yang sangat dingin, kemudian tahi lalat tersebut akan melepuh dengan sendirinya. Mungkin kamu akan sedikit merasakan rasa sakit, namun jangan khawatir sebab dokter tentu akan membius sebelum melakukan pembekuan.

2. Mengoleskan krim tahi lalat

Krim untuk menghilangkan tahi lalat kini sudah mulai bebas terjual di pasaran, baik pasar online maupun offline. Kebanyakan orang melakukan cara ini adalah untuk menghindari operasi kecil, namun sebetulnya cara tersebut sangat kurang efektif. Cara menghilangkan tahi lalat menggunakan krim juga sangat tidak dianjurkan, sebab ada beberapa efek samping yang cukup berbahaya diantaranya ialah menimbulkan bekas luka, lubang pada kulit, dan kulit menjadi rentan terkena infeksi.

3. Menggunakan sinar laser

Jika anda ingin menghilangkan tahi lalat alangkah baiknya berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter kulit atau kecantikan. Cara menghilangkan tahi lalat menggunakan metode sinar laser biasanya digunakan untuk jenis tahi lalat yang tipis, kecil, dan berwarna coklat cerah.

4. Dibedah atau operasi ringan

Biasanya cara ini dipilih oleh dokter jika tahi lalat terlihat besar dan menonjol. Sebelum melakukan pembedahan untuk menghilangkan rasa sakit kamu akan terlebih dahulu di bius. Proses pembedahan pun tidak terlalu lama, hanya beberapa menit saja. Namun untuk masa penyembuhan kamu memerlukan waktu sekitar satu minggu.

5. Ellipse excision surgerye

Kebanyakan tahi lalat memang tidak berbahaya namun juga jangan diremehkan, sebab ada jenis gejala tumor yang hampir menyerupai tahi lalat. Jika memang seperti itu maka sudah dipastikan dokter akan melakukan tindakan ellipse excision surgery.

Tahi lalat yang menempel pada bagian tubuh kamu akan dicongkel hingga ke akar-akarnya. Setelah dijahit dan diperbal kamu juga membutuhkan waktu yang cukup lama dalam masa proses penyembuhan.

Selain menggunakan cara-cara di atas dapat menghilangkan tahi lalat juga bisa dilakukan dengan cara alami yakni dengan manggunakan bawang putih, cuka apel, baking soda yang sudah dicampur minyak jarak, kulit pisang, dan tea tree oil.

Itulah beberapa cara menghilangkan tahi lalat, namun demi kesehatan alangkah baiknya berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter kulit sebelum kamu memutuskan dengan cara yang bagaimana ketika akan menghilangkan tahi lalat.

(slawiayu/samsul)


#CaraMenghilangkanTahiLalat #TahiLalat