Cara Menghilangkan Kutu Kucing

Salah satu hewan peliharaan yang lucu dan menggemaskan ialah kucing, maka tak heran jika banyak orang yang memeliharanya. Bahkan pemilik kucing pun biasanya rela mengeluarkan uang yang tidak sedikit untuk sekedar memberikan makanan terbaik dan perawatan untuk kucing kesayangannya. Kucing yang tidak dirawat dengan baik biasanya mudah terinfeksi oleh kutu maupun penyakit yang lain.

Ciri-ciri kucing yang terinfeksi kutu biasanya lebih sering menggaruk atau menggigit punggungnya, sebab kutu yang menempel pada kucing bisa menyebabkan rasa gatal. Jika seperti itu maka anda harus segera mencari tau tentang bagaimana cara menghilangkan kutu kucing.

Bagaimana Cara Menghilangkan Kutu Kucing?

Kutu yang menempel pada kucing memang terlihat kecil dan memiliki jumlah kaki yang banyak, namun masih bisa terlihat oleh mata. Bagi anda yang sudah berpengalaman memelihara dan merawat kucing mungkin sudah paham betul tentang bagaimana cara menghilangkan kutu kucing. Namun bagi anda yang membutuhkan informasi terkait dengan cara menghilangkan kutu kucing silahkan simak beberapa cara sederhana dibawah ini.

1. Menggunakan shampoo kucing

Anda harus menjaga kesehatan dan kebersihan hewan kesayangan anda, salah satu caranya ialah dengan rajin memandikan dan menggunakan shampoo. Ada beberapa merk shampoo yang secara khusus digunakan untuk memandikan kucing.

Selain aroma yang wangi shampoo tersebut juga bermanfaat untuk menghilangkan kutu pada kucing.

2. Menggunakan obat anti kutu pada kucing

Cara yang satu ini juga cukup ampuh, yakni dengan cara menggunakan obat anti kutu kucing. Sebagai bahan pertimbangan berikut adalah beberapa merk obat anti kutu kucing seperti frontline plus, detick, fluffy, dan lain sebagainya.

Obat-obat tersebut bisa anda beli di toko atau salon hewan, selain itu ada juga bisa memesannya di toko online yang memang sudah terpercaya.

3. Perawatan ke salon hewan

Jika anda belum bisa memandikan sendiri atau anda tidak memiliki waktu luang untuk memandikannya, anda bisa memanfaatkan jasa salon perawatan hewan. Selain menghemat waktu tentu hasilnya pun akan lebih maksimal, sebab hewan kesayangan anda ditangani langsung oleh seseorang yang memang sudah berpengalaman dan profesional.

Kutu pada kucing memang mudah dihilangkan, namun yang menjadi permasalahan ialah kutu pada kucing juga bisa sewaktu-waktu datang kembali. Bisa saja disebabkan oleh telur kutu yang masih menempel, kutu yang dibersihkan tidak hilang secara merata, atau penyebaran kutu dari tempat lain. Untuk mengatasi hal tersebut sebaiknya kutu tidak hanya dihilangkan, namun juga harus memang dibasmi secara tuntas.

Cara membasmi kutu pada kucing memang sedikit rumit, kita harus lebih teliti dan sabar. Memastikan bahwa kutu dan telur nya sudah betul-betul hilang pada tubuh kucing. Kutu yang sudah terlanjur bertelur di bagian tubuh kucing memang sedikit susah untuk dibersihkan.

Untuk membasmi kutu agar tidak kembali menyerang tubuh kucing anda mungkin bisa melakukan beberapa hal seperti rajin menyisir kucing, memberikan obat kimia yang sesuai anjuran dokter hewan, menggunakan spray cairan anti kutu, membersihkan lingkungan kucing, dan membatasi aktivitas kucing di luar rumah.

4. Cara alami menghilangkan kutu kucing

Selain itu menghilangkan kutu kucing juga bisa dilakukan secara alami. Dan berikut adalah beberapa cara menghilangkan kutu kucing secara alami yang bisa anda coba.

Pertama, menyemprotkan air rendaman lemon pada tubuh kucing. Kedua, oleskan gel lidah buaya yang sebelumnya sudah di blender dengan halus dan dicampur dengan sedikit cabe rawit. Ketiga, rendam kucing menggunakan air hangat yang sudah dicampur dengan garam.

(slawiayu/samsul)


#kutukucing #MenghilangkanKutuKucing #CaraMenghilangkanKutuKucing #kucing #hewanpeliharaan