Cara Menghilangkan Ketombe

Pengelupasan kulit mati pada bagian kepala dengan jumlah banyak atau yang sering disebut dengan ketombe bisa terjadi kepada siapa saja, baik itu seorang laki-laki maupun perempuan. Ketombe memang bukan sesuatu permasalahan yang serius, namun hal ini tentu bisa mengganggu rasa kepercayaan diri seseorang. Apa lagi jika ketombe tersebut terlihat dengan jelas atau menempel di baju, tentu akan menimbulkan kesan jorok bagi penderitanya. Selain itu ketombe juga bisa menimbulkan rasa gatal pada bagian kepala.

Meskipun ketombe bisa terjadi pada siapa saja namun umumnya ketombe lebih sering terjadi pada kulit kepala perempuan. Penyebab munculnya ketombe pun bermacam-macam, ada yang disebabkan oleh kurang menjaga kebersihan rambut, tertutup nya rambut, dan bisa juga diakibatkan oleh perasaan stres. Cara paling mudah menghilangkan ketombe ialah dengan menggunakan shampo khusus anti ketombe.

Dengan berbagai macam merk shampo khusus anti ketombe sangat mudah kita jumpai di swalayan maupun toko rumahan. Selain menggunakan shampo cara menghilangkan ketombe membandel juga bisa dilakukan dengan beberapa cara lain. Diantaranya adalah sebagai berikut.

Lidah Buaya

Sudah bukan menjadi rahasia lagi bahwa kandungan yang terdapat pada tanaman lidah buaya sangat baik untuk kesehatan kulit kepala dan rambut. Tidak hanya untuk menghitamkan rambut dan mencegah rambut rontok saja, lidah buaya juga dipercaya bisa untuk menghilangkan ketombe. Cara menghilangkan ketombe menggunakan lidah buaya juga sangat mudah.

Silahkan anda ambil secukupnya daun lidah buaya, kemudian kupas hingga terlihat gel didalamnya, oleskan secara merata dan pijat dengan lembut pada bagian rambut dan kepala anda, diamkan selama 30 menit untuk kemudian dibilas menggunakan air bersih.

Minyak Kemiri

Ada berbagai macam khasiat dari minyak kemiri, dan yang paling populer ialah minyak kemiri sering digunakan sebagai penyubur rambut. Namun ternyata minyak kemiri juga bisa dijadikan sebagai cara untuk menghilangkan ketombe. Ambil secukupnya minyak kemiri dan kemudian oleskan pada rambut, diamkan selama 30 menit.

Jika sudah silahkan bersihkan atau bilas menggunakan dengan air bersih dan menggunakan shampo.

Cuka Apel

Cara menghilangkan ketombe menggunakan cuka apel juga tergolong sangat mudah. Anda bisa mengambil secukupnya cuka apel kemudian dicapur dengan shampo dan gunakan untuk kramas. Atau bisa juga dengan cara mengoleskan cuka apel yang sudah dicampur dengan air pada bagian rambut, kemudian tutup rambut anda menggunakan handuk dan diamkan selama 30 menit.

Selain untuk menghilangkan ketombe cuka apel juga dipercaya mampu menjaga kesehatan rambut agar tidak mudah rontok. Seiring bertambahnya usia dan perubahan hormon pada diri manusia maka rambut pun akan lebih mudah rontok.

Untuk menghindari ketombe dan rambut rontok anda juga bisa melakukan beberapa perawatan, yakni dengan cara menggunakan masker rambut minimal satu kali dalam satu minggu, rajin menyisir rambut dan menggunakan sisir yang lembut, menggunakan shampo khusus, perbanyak mengkonsumsi sayuran dan minum air mineral, melakukan perawatan dengan cara pergi ke salon rambut yang memang sudah terpercaya.

Untuk menjaga penampilan tentu anda tidak mau bukan? terlihat lebih tua disebabkan oleh rambut yang mulai rontok. Cara menghilangkan ketombe dan rambut rontok memang terlihat mudah, namun jika ketombe dan jumlah rambut rontok anda sudah tidak wajar maka sangat disarankan untuk berkonsultasi dengan ahlinya.

Seperti yang sudah disampaikan di atas, anda bisa mencoba untuk berkonsultasi dengan salon rambut yang memang sudah terpercaya. Atau jika dimungkinkan anda juga bisa berkonsultasi dengan dokter kecantikan.

(slawiayu/samsul)


#CaraMenghilangkanKetombe #caramenghilangkanketombedanrambutrontok #rambutrontok #ketombe