Cara Menghilangkan Bau Sepatu

Sudah menjadi sesuatu kebiasaan bagi sebagian orang Indonesia bahwa sepatu adalah alas kaki yang digunakan saat aktivitas resmi atau menghadiri acara-acara formal. Misalnya yakni ketika akan pergi ke sekolah atau kampus, berangkat kerja atau melakukan perjalanan dinas, dan ketika akan bertemu dengan seseorang yang lebih kita hormati. Namun seiring berkembangnya zaman dan trend fashion saat ini, sepatu juga sering digunakan oleh anak-anak muda sebagai alas kaki saat hendak pergi jalan-jalan maupun nongkrong di kafe.

Dengan menggunakan sepatu seseorang berharap bisa tampil lebih sopan dan keren, namun bagaimana jadinya jika ternyata sepatu yang kita pakai justru menimbulkan bau tak sedap. Bukan memperoleh hasil yang maksimal dalam berpenampilan namun justru sebaliknya. Tentu kita tau bahwa sepatu yang tidak dirawat dengan baik maka akan lebih cepat menyerap bau, baik itu sepatu yang harganya mahal maupun murah, sebab bahan dasar sepatu adalah kain yang memang mudah menyerap keringat.

Lalu bagaimanakah cara menghilangkan bau sepatu yang tepat dan mudah?

Untuk menghilangkan atau mengurangi bau sepatu anda bisa melakukan beberapa cara, salah satunya ialah dengan rajin mencuci dan mengganti kaos kaki, semprotkan pewangi pada sepatu, taburkan baking soda pada bagian dalam sepatu, taburkan bedak bayi pada kaki sebelum menggunakan sepatu, rajin mencuci sepatu maksimal adalah satu kali dalam satu bulan.

Jika cara diatas masih belum bisa menghilangkan bau tidak sedap pada sepatu anda, maka anda perlu melakukan terapi sederhana pada kulit bagian kaki. Dan berikut adalah beberapa terapi sederhana untuk menghilangkan bau sepatu yang bisa anda coba.

Merendam Kaki Menggunakan Garam

Selama ini anda mungkin menyangka bahwa garam hanya bisa digunakan sebagai penyedap makanan saja. Namun menurut seorang profesor ahli kulit menyatakan bahwa garam juga mampu membunuh bakteri pada kulit kaki dan mengurangi kelembaban, dengan seperti itu maka secara otomatis kulit pada kaki akan lebih jarang berkeringat dan mengeluarkan bau tak sedap.

Anda bisa memulainya dengan cara mempersiapkan air hangat secukupnya, campur dengan garam sebanyak tiga atau lima sendok. Rendam kaki anda selama 20 menit atau lebih, kemudian keringkan menggunakan handuk yang bersih. Lakukan hal tersebut setiap hari selama satu atau dua minggu.

Merendam Kaki Menggunakan Teh

Selain dijadikan minuman dan mempunyai banyak manfaat kesehatan untuk tubuh, teh juga dipercaya bisa untuk mengurangi bau tidak sedap pada sepatu yang disebabkan oleh keringat pada kaki. Anda bisa mencobanya dengan cara merebus satu atau dua kantong teh hingga mendidih, kemudian campur air rebusan teh tersebut dengan air dingin agar terasa hangat.

Rendam kaki anda pada air tersebut selama 30 menit atau lebih.

Merendam Kaki Dengan Air Cuka

Hampir mirip dengan garam, cuka juga dipercaya bisa membunuh beberapa bakteri yang berada pada kulit kaki. Namun perlu anda perhatikan terlebih dahulu, jika terdapat luka pada bagian kaki maka sebaiknya jangan lakukan hal tersebut.

Cara penggunaannya adalah dengan mencampurkan cuka secukupnya dengan air yang sudah berada di baskom, rendam kaki dengan air tersebut selama 20 menit. Anda bisa melakukannya satu hari sekali saja, semisal dilakukan ketika hendak istirahat atau tidur malam.

Itulah beberapa cara menghilangkan bau sepatu yang mungkin bisa anda coba. Sebagai catatan, rajin lah mencuci kaos kaki dan sepatu anda, sebab selain untuk menghilangkan bau tidak sedap cara tersebut juga sangat baik untuk kesehatan pada kulit kaki.

(slawiayu/samsul)


#bausepatu #CaraMenghilangkanBauSepatu #kaoskaki