Cara Memutihkan Ketiak Secara Alami Dan Permanen

Kita sering kali merasa tidak percaya diri dengan warna hitam yang ada di ketiak, untuk itulah perlu cara memutihkan ketiak yang benar untuk memunculkan kembali rasa percaya diri Anda.

Sebelum ke masalah inti cara memutihkan ketiak, perlu diketahui bahwa warna kusam atau hitam pada ketiak itu tidak muncul secara tiba-tiba. Namun ada yang menyebabkan ketiak berwarna hitam, apa saja penyebabnya?

Penyebab Ketiak Hitam

Ketiak berwarna hitam tentu akan mengurangi rasa percaya diri Anda, karena orang lain yang melihat pasti akan mengira bahwa Andalah penyebab bau tidak sedap (bau keringat) yang ada.

Padahal tidak semua ketiak hitam itu bau keringat, untuk itu perlu diketahui apa saja penyebab ketiak hitam.

Mencukur Rambut Ketiak

Penyebab menghitamnya ketiak pertama ialah proses pencukuran rambut ketiak, hal ini disebabkan karena kulit yang ada pada ketiak sangat sensitif sehingga mudah iritasi jika terjadi sesuatu yang dianggapnya tidak lazim.

Untuk itu jika akan mencukur rambut ketiak yang benar ialah ketika setelah mandi, kondisi seperti itu merupakan saat kulit ketiak dan tubuh masih segar, halus, dan lembap. Kulit ketiak sensitif tidak akan merasakan ada hal yang aneh (berbeda), karena antara kulit ketiak dan kulit tubuh lainnya kondisinya masih sama.

Sebagai tambahan cara memutihkan ketiak secara alami dan permanen yaitu saat sudah mandi itu, jangan lupa Anda mengoleskan krim pencukur bulu atau rambut terlebih dahulu. Itu akan melindungi kulit sensitif Anda tetap terjaga, terutama bagian ketiak sehingga tidak akan menghitam.

Penyakit Diabetes

Ternyata bagi Anda yang mengidap penyakit diabetes kemungkinan besar akan mengalami ketiak hitam, karena kondisi penderita diabetes akan terpengaruh kondisi kulit serta tubuhnya. Kadar gula darah yang tinggi bisa mengubah pigmen kulit, tidak heran ketika salah satu ciri Anda terkena penyakit diabetes atau tidak dimulai dengan munculnya bercak hitam di kulit.

Bercak hitam ini jika terjadi pada sekitar kulit ketiak maka akan cepat menyebar dan mengakibatkan kulit ketiak hitam, untuk itu perlu menjaga gula darah Anda tetap stabil.

Pakaian Terlalu Ketat

Bagi Anda yang suka menggunakan pakaian terlalu ketat kemungkinan akan mengalami ketiak hitam lebih besar daripada yang tidak, karena menggunakan baju ketat akan membuat ruang gerak lebih terbatas dan sempit.

Karena ruang gerak sangat terbatas akan membuat serat pakaian menggesek kulit ketiak, kita ingat bahwa kulit ketiak merupakan bagian jenis kulit bisa dibilang sangat sensitif.

Hal ini akan menjadi lebih parah ketika bahan pakaian tersebut berbahan sintetis dengan serat kasar, kemungkinan kulit ketiak menjadi warna hitam pun semakin besar peluangnya.

Menumpuknya Sel Kulit Mati

Salah satu alasan mengapa Anda harus rutin membersihkan diri (tubuh) yaitu untuk membersihkan kulit mati yang menumpuk, ketika kotoran dan bakteri tidak dibersihkan maka akan menumpuk sehingga menimbulkan sel kulit mati.

Sel kulit mati dapat mengakibatkan ketiak berwarna hitam, untuk cara memutihkan ketiak kasus ini maka harus dilakukan lulur atau scrubbing pada ketiak setelah mandi.

Hiperpigmentasi

Salah satu penyebab kulit ketiak menjadi kusam adalah hiperpigmentasi, sebuah gejala penyakit (kelainan) addison yang terjadi dikarenakan kelenjar adrenal gagal dalam memproduksi dua hormon, aldosteron dan kortison.

Cara Memutihkan Ketiak Secara Alami Dan Permanen

Jika sekarang Anda sudah mulai merasa tidak nyaman dengan adanya ketiak hitam, maka perlu membaca serta menerapkan cara memutihkan ketiak secara alami dan permanen berikut ini.

  • Biji Bunga Matahari / Kuaci
  • Lemon
  • Akar Manis / Licorice

Melihat bahan alami diatas yang bisa mudah kita dapatkan di warung / toko / pasar terdekat, menjadikan cara memutihkan ketiak secara alami dan permanen semakin mudah. Namun perlu penjelasan lebih lanjut tentang bahan alami diatas, untuk itu mari kita perhatikan segmen dibawah.

Biji Bunga Matahari / Kuaci

Selain disukai oleh tokoh kartun Hamtaro si hamster lucu, ternyata kuaci atau biji bunga matahari memiliki khasiat untuk mengatasi kulit ketiak menghitam. Biji bunga matahari mempunyai kandungan vitamin E dan C, bermanfaat untuk memutihkan serta mencerahkan pigmen kulit.

Namun yang digunakan untuk proses memutihkan kulit ketiak adalah sunflower seed oil atau minyak biji bunga matahari, oleskan minyak kuaci tersebut ke ketiak yang hitam tersebut.

Jika Anda merasa kesulitan mencari minyak biji bunga matahari, bisa alternatif menggunakan deodoran dengan kandungan sunflower seed oil.

Lemon

Banyak orang mengamini jika lemon memiliki berbagai khasiat bagi kesehatan, salah satu faedah Lemon ialah untuk memutihkan kulit. Cara memutihkan ketiak secara alami dan permanen menggunakan buah lemon dapat melembabkan kulit serta mencerahkan, hal ini disebabkan kandungan zat limonen.

Tidak hanya melembabkan dan mencerahkan, lemon rupanya bisa melindungi kulit dari fungi (infeksi jamur). Cara memutihkan ketiak memakai lemon adalah dengan memotong (iris) tipis kemudian menggosok ke ketiak yang hitam secara rata.

Akar Manis / Licorice

Bagi masyarakat Indonesia, akar manis sudah dikenal sebagai bahan pengobatan alternatif. Licorice mengandung Glycyrrhiza glabra yang berupa glabridin dapat menyerap sinar ultra violet A dan B (UVA & UVB).

Karenanya licorice atau akar manis akan mengurangi dampak dari hiperpigmentasi (penyebab kulit hitam), dengan penggunaan akar manis bisa menyembuhkan serta memutihkan kulit 50% lebih aman dan cepat.

Demikianlah pembahasan kita di situs Slawi Ayu ini mengenai cara untuk memutihkan ketiak, semoga bermanfaat bagi Anda semua serta bisa menjadi pembelajaran untuk kita agar selalu menjaga kebersihan tubuh.

(slawiayu/pastiin)


#caramemutihkanketiak #caramemutihkanketiakdenganbakingsoda #caramemutihkanketiaksecaraalamidanpermanen #caramemutihkanketiakdenganpastagigi #carauntukmemutihkanketiak #ketiakhitam #PenyebabKetiakHitam