Cara Membuat Surat Lamaran

Selain kartu tanda penduduk dan berkas lainnya surat lamaran kerja ialah salah satu persyaratan yang harus anda buat jika akan melamar kerja. Sebelum tahap interview berkas persyratan dan surat lamaran kerja anda akan diseleksi terlebih dahulu. Surat lamaran kerja harus ditulis dengan benar dan baik, agar anda masuk pada tahap berikutnya.

Namun meskipun demikian surat lamaran kerja juga harus ditulis dengan sebenar-benarnya, tidak ada unsur pemaksaan dan informasi palsu. Membuat surat lamaran kerja memang mudah, namun juga sangat diperlukan ketelitian dan teknik penulisan tertentu agar surat lamaran kerja mudah dan enak dibaca.

Dari sekian banyak pelamar pekerjaan atau calon tenaga kerja di sebuah perusahaan hanya beberapa saja yang akan diterima sebagai pekerja. Surat lamaran yang masuk akan diseleksi begitu ketat.

Bagaimana Cara Membuat Surat Lamaran Yang Benar?

Maka disinilah nilai pentingnya membuat suarat lamaran yang benar. Untuk membuat surat lamaran sebaiknya anda perhatikan langkah-langkah berikut ini.

1. Baca dengan baik profil dan kebutuhan sebuah perusahaan

Sebelum membuat surat lamaran kerja sebaiknya anda pahami terlebih dahuli tentang profil perusahaan tersebut, selain itu anda juga wajib mencari informasi terkait dengan job kerja apa saja yang sedang dibutuhkan. Hal ini juga akan memudahkan anda jika masuk pada tahap berikutnya yakni tes interview.

Menulis menggunkan bahasa Indonesia yang baik dan benar

Dalam penulisan surat lamaran kerja jika menggunakan bahasa Indonesia maka anda harus menggunakan bahasa yang sesuai dengan kamus besar bahasa Indonesia. Tidak menggunakan kata singkatan dan perhatikan besar kecilnya huruf.

2. Pemilihan kata

Penulisan surat lamaran kerja sebaiknya mengggunakan bahasa yang mudah dipahami, sopan, jelas, dan terbiasa digunakan (bukan menggunakan bahasa yang asing didengar atau bahasa intelektual seperti sebuah karya tulis ilmiah).

3. Baca kembali surat lamaran yang sudah anda buat

Pastikan bahwa surat lamaran pekerjaan yang sudah anda tulis tidak ada kesalahan penulisan, baik itu terkait dengan tanggal penulisan, nama perusahaan, dan informasi lainnya. Atau anda juga bisa meminta untuk dibacakan oleh orang lain sekaligus memberi masukan dan penilaian.

4. Hindari menggunakan tip-ex

Surat lamaran kerja yang anda buat harus terlihat bersih dan rapi. Tidak ada bekas tip-ex, coretan bolpoin, dan kertas yang terlipat sehingga menimbulkan kesan lusuh. Ini menunjukan keseriusan dalam membuat surat lamaran kerja dan kepribadian anda.

Kini anda sudah tau bagaimana cara atau langkah untuk memulai menulis surat lamaran kerja. Selanjutnya adalah terkait dengan isi dalam surat lamaran kerja.

Pada umumnya surat lamaran kerja memiliki karakter yang sama, hanya ada beberapa bagian tertentu saja yang perlu digubah.

Dan berikut adalah beberapa isi yang ada pada surat lamaran kerja.

  • Tempat dan tanggal penulisan surat lamaran kerja (biasanya ditulis pada bagian pojok atas kertas).
  • Kepada siapa surat lamaran tersebut ditujukan.
  • Salam pengantar dan pembukaan.
  • Informasi terkait data pemalamar (nama lengkap, tempat tanggal lahir, alamat, agama, jenis kelamin, stasus pernikahan, pendidikan terakhir, nomor handphone atau alamat email).
  • Informasi terkait berkas atau persyaratan sebagai calon pekerja ( pas foto sesuai ukuran, foto copy KTP, foto copy ijazah terakhir, foto copy transkip nilai, daftar riwayat hidup, surat keterangan catatan kepolisian, dan beberapa sertifikan penghargaan jika ada).
    Kalimat penutup dan salam.
  • Tanda tangan dan nama terang.
(slawiayu/samsul)


#SuratLamaranKerja #MembuatSuratLamaranKerja #CaraMembuatSuratLamaranKerja