Cara Daftar BPJS Kesehatan Secara Online

Apakah kamu tahu cara daftar BPJS Kesehatan secara online? Jika belum tahu. Ada beberapa syarat harus kamu penuhi. Pendaftaran BPJS kesehatan secara online bisa dilakukan dengan Handphone di aplikasi Mobile JKN. Sehingga kamu tidak perlu lagi datang ke kantor cabang BPJS kesehatan yang terdekat.

BPJS kesehatan merupakan program jaminan sosial pemerintah yang bertujuan untuk memberikan pelayanan kesehatan bagi masyarakat, tidak hanya yang kurang mampu  saja namun untuk semua masyarakat Indonesia. Kamu hanya perlu membayar setiap bulan satu kali sesuai dengan kelas yang dipilih. Untuk sistem online ini mudah buat kamu untuk melakukan pendaftaran.

Cara Daftar BPJS Kesehatan 2022

Cara daftar BPJS Kesehatan secara online 2022 bisa dilakukan dengan mudah menggunakan aplikasi yang kamu install. Aplikasi yang biasa digunakan adalah mobile JKN yang kamu unduh di play store. Jika kamu selesai install aplikasi tersebut, tinggal menunggu pendaftarannya melalui online. Nah, untuk itu ada beberapa cara untuk daftar BPJS kesehatan secara online dengan mudah yaitu:

1. Download dan install aplikasi

Nah, di tahap ini kamu harus mendownload dulu aplikasi mobile JKN di Handphone kamu. Setelah di download kamu install aplikasi tersebut guna mempermudah kamu mendapatkan info selanjutnya.

2. Daftar

Ditahap kedua kamu klik daftar. Lalu setelah itu pilih pendaftaran peserta baru guna mengisi identitas kamu sendiri.

3. Syarat ketentuan

Setelah itu baca syarat ketentuan pendaftaran peserta BPJS kesehatan. Kemudian pilih kolom “ Saya Setuju” dan pilih klik selanjutnya. Syarat tersebut harus kamu baca secara benar. Tujuannya agar tidak terjadi kesalahan data yang kamu input.

4. Masukkan NIK atau E-KTP

Untuk tahap selanjutnya kamu masukkan NIK atau E-KTP . Kemudian kamu klik kode Captcha pada tempat yang sudah disediakan. Lalu kamu pilih selanjutnya. NIK tersebut digunakan untuk mendata nama kamu, apakah NIK atau E-KTP kamu itu benar atau tidak.

5. Menampilkan data keluarga

Setelah itu layar handphone kamu akan menampilkan daftar data keluarga dan calon peserta BPJS kesehatan. Kamu harus mengisi data keluarga tersebut dengan benar agar data terdeteksi dengan cepat. Lalu kamu pilih selanjutnya untuk melanjutkan ke tahap berikutnya.

6. Masukkan data diri

Masukkan data diri kamu sesuai E-KTP yang dimiliki. Lalu kamu klik selanjutnya. Pilih fasilitas kesehatan dan gigi yang mudah diakses. Sehingga memudahkan kamu untuk melanjutkan ke tahapan berikutnya.

7. Masukkan Email

Selanjutnya masukkan email kamu yang aktif. Kemudian kamu klik simpan, lalu sistem JKN akan mengirim nomor verifikasi lewat email. Setelah mendapatkan verifikasi email, kamu dapat melanjutkan ke tahap berikutnya.

8. Verifikasi Nomor

Selanjutnya nomor verifikasi yang sudah terkirim disalin ke mobile verifikasi yang sudah terkirim disalin ke Mobile JKN dan selanjutnya tampil data peserta yang didaftarkan. Jangan lupa kamu masukkan verifikasi nomor di handphone yang kamu gunakan untuk membuat BPJS kesehatan.

9. Bayar premi BPJS Kesehatan

Selain nomor verifikasi, peserta juga menerima nomor virtual account yang digunakan untuk bayar premi BPJS Kesehatan. Setelah bayar premi BPJS kesehatan itu tandanya kamu akan akhiri pendaftaran dan tinggal mencetak kartu.

10. Cetak Kartu BPJS

Setelah itu kamu bisa mencetak kartu BPJS Kesehatan. Cetak kartu itu dibuat pertanda kamu sudah mempunyai BPJS.

Nah, untuk kamu yang ingin mengetahui Cara Daftar BPJS Kesehatan Secara Online bisa kamu lakukan sendiri dengan cara yang mudah. Salah satu syaratnya adalah kamu harus mempunyai KTP atau KK. Kamu bisa dengan mudah mendapatkan kartu BPJS dengan mudah. Silahkan di coba, semoga berhasil.

(slawiayu/roy)


#BPJS #DaftarBPJS