Bukit Gumantung, Destinasi Wisata Di Desa Gantungan

Potensi wisata di Kabupaten Tegal sangat banyak, saat ini muncul destinasi wisata baru di Desa Gantungan Kecamatan Jatinegara, yakni Wana wisata Bukit Gumantung yang berada di dalam Hutan Jatinegara.

Ide munculnya pengembangan potensi wanawisata bukit gumantung dimunculkan oleh Beberapa Mandor hutan, mereka yang melihat potensi alam gumantung yang indah kemudian berinisiatif mengembangkanya menjadi destinasi wanawisata yang dibuka untuk masyarakat umum.

Wana wisata bukit gumantung dipelopori oleh Ide Jarwono, mandor hutan yang kemudian diikuti beberapa mandor dan pihak lain yang mendukung melalui ide dan sumbangsih dana.

Mandor Hutan, Suwarno menjelaskan proses pembuatan wana wisata mulai dibangun pada Juli 2018, melalui sistem investasi oleh 4 orang yang berprofesi mandor hutan. "Kemudian ikut bergabung juga profesi lainnya, ada yang dari anggota polsek, Dinas Kesehatan, dan pengusaha ayam potong. Jadi total 7 orang, sebagai para investor di wana wisata bukit gumantung," paparnya.

"Perhutani sedang menggalakan pengembangan wisata, sehingga kami berinisiatif membentuk wanawisata bukit gumantung. Nanti kalau sudah jadi 100 persen, hasilnya akan dibagi 2 antara investor dan perhutani dengan presentasi yang belum bisa disebutkan sekarang," kata Suwarno.

Suwarno juga menambahkan, saat ini wana wisata bukit gumantung sudah bisa dinikmati walaupun belum selesai 100 persen, tidak ada karcis di pintu masuk karena masih kami gratiskan. "Sembari promosi kepada masyarakat luas, tapi lain nanti ketika sudah selesai 100 persen," tambahnya.

Bukit Gumantung masih dalam proses pengembangan, namun nantinya akan menawarkan beberapa wahana untuk selfie dengan background pemandangan alam yang memanjakan mata serta udara yang segar.

Bagi anda pecinta selfie Wanawisata Bukit Gumantung sangat mendukung untuk mendapatkan view yang bagus untuk koleksi foto anda. Dan juga tempat ini dapat digunakan untuk tempat jogging track, dan juga bersantai bersama keluarga.

(slawiayu/siswandi)


Desa : Gantungan, Kecamatan : Jatinegara, Kab. Tegal #bukitgumantung