Bripka Dede, Sulap Motor Dinas Menjadi Perpustakaan Keliling

Menjadi pembina keamanan dan ketertiban masyarakat sudah kewajiban Bripka Dede Kosasih yang saat ini bertugas sebagai Bhabinkamtibmas Polsek Kedungbanteng diwilayah Desa Sumingkir Kecamatan Kedungbanteng Kabupaten Tegal.

Namun, selain kewajiban tugas tersebut, Bripka Dede Kosasih merupakan salah seorang petugas kepolisian yang menjadi penggerak giat membaca di Desa Sumingkir.

Demi menggerakan kembali minat baca, saat ini Bripka Dede menyulap motor dinasnya menjadi perpustakaan keliling. "Motor dinas ini saya jadikan perpustakaan keliling, sambil membina keamanan dan ketertiban saya manfaatkan untuk perpustakaan," kata Bripka Dede saat ditemui slawiayu.com, kamis (28/2)

Dia menjelaskan, setiap tugas turun ke Desa Sumingkir disempatkan untuk menyambangi warga dan anak-anak yang kemudian berkumpul menyerbu buku yang ada dimotor dinasnya.

“Saya keliling ke Desa dan sekolah setiap pagi bahkan sore hari. Alhamdulillah, anak-anak dan siswa sekolah antusias. Bahkan tak jarang wali murid siswa ikut pula meminjam dan membaca,” ucapnya.

Bripka Dede berharap dengan adanya perpustakaan keliling ini, budaya membaca akan terus ditularkan kepada masyarakat. Sebab dirinya sangat prihatin anak-anak sekarang sudah banyak yang meninggalkan budaya membaca buku. malah kebanyakan bermain gadget untuk game dan menonton youtube.

Sebelumnya, Bripka Dede sudah mengajak masyarakat Desa Sumingkir dengan menginisiasi Ranggon atau gubuk siskamling menjadi perpustakaan yang dinamakan Pustaka Bhayangkara. Saat ini, ranggon baca pustaka bhayangkara masih berjalan dan dimanfaatkan warga sekitar untuk sarana membaca dan kegiatan lainya.

"Ranggon baca pustaka bhayangkara saat ini masih berjalan dan masih dikunjungi warga, walaupun masih kekurangan buku bacaan terbaru," katanya.

Dia meminta kepada para penggiat taman baca dan para dermawan lainya, kalau ada sumbangan buku untuk perpustakaan keliling dan ranggon baca, dirinya siap untuk menampung dan menyalurkan kepada masyarakat," imbuhnya.

(slawiayu/sis)


Desa : Sumingkir, Kecamatan : Kedungbanteng, Kab. Tegal #pustakabhayangkara #BripkaDede #DesaSumingkir