Bisnis Online Modal Kecil

Era digital ini semuanya dikaitkan dengan online, mulai dari pendataan online, komunikasi online, bahkan bisnis pun dengan media online. Seperti apa bisnis yang dilakukan di online itu, apakah berbeda dengan bisnis konvensional?

Bagi sebagian masyarakat kabupaten Tegal sudah tidak asing lagi dengan Bisnis Online, karena terbukti dengan banyak pengusaha bisnis online yang sukses di wilayah Tegal.

Seperti yang terjadi pada seorang pengusaha muda yang kemarin mengundang Ari Lasso hanya untuk acara pribadinya, dia ternyata menjalani bisnis online yang bisa dibilang sukses.

Sebenarnya konsep bisnis online itu tidak ada bedanya dengan bisnis darat atau bisnis konvensional pada umumnya, karena intinya ya tetap sama hanya media pemasarannya menggunakan internet.

Berikut ini bisnis online yang dapat menjadi pandangan Anda dalam memilih bisnis online yang menjanjikan namun tidak mengeluarkan modal besar.

Jual Beli Online

Bisnis online yang pertama dan paling mudah dimengerti oleh orang awam yaitu jual beli online, seperti menjual barang di pasar atau di dunia nyata namun disini produk dipajang melalui media internet.

Media yang paling sering digunakan oleh masyarakat Slawi Ayu dan Kabupaten Tegal antara lain facebook, whatsapp, instagram, tokopedia, bukalapak, shopee.

Menjual barang di facebook (contohnya Jual Beli Tegal) tidak membutuhkan modal besar, karena Anda hanya perlu menyiapkan produk kemudian share di postingan atau disebar melalui group wilayah Tegal, sudah beres.

Jika barang yang dijual memang menarik, maka tidak sampai 10 menit sudah banyak yang menghubungi melalui PM, Telepon atau whatsapp.

Hal yang perlu diperhatikan dalam menjual secara online ialah nama barang harus jelas, harga harus clear, deskripsi harus sesuai kenyataan, foto sebisa mungkin sesuai dengan barang yang dijual, dan tidak ada unsur tipu menipu.

Bayangkan jika Anda menjual flashdisk (misalnya) didunia nyata atau bukan online, Anda harus menyediakan tempat untuk berjualan. Itupun sudah disebut modal yang tidak sedikit, kemudian harus menyiapkan tempat yang luas jika barang yang dijual itu dalam skala besar.

Kalau jual di online, misalkan barang yang akan dijual cukup banyak bisa ditempatkan di rumah-pun tidak masalah. Karena target pemasaran melalui online sehingga jangkauan calon pembeli lebih luas, disitu nilai lebihnya.

Dropship

Bisnis online yang kedua ialah dropship, sebenarnya hampir sama menjual barang di internet namun barang tersebut kita tidak punya. Orang tegal biasa bilang bakul lingser, barang ada di toko A tapi kita atas ijin A menjualkan melalui internet.

Dengan metode dropship maka Anda tidak perlu membeli stok barang, karena Anda akan meneruskan ke pemilik barang hanya jika ada yang membeli dari Anda.

Dari pantauan SlawiAyu.Com di wilayah Tegal juga ada beberapa yang membuka usaha bisnis online Dropship, maksudnya tempat itu memiliki team/karyawan/CS untuk melayani semua orderan yang masuk.

Ketika kami lakukan tanya jawab dengan salah seorang pemilik bisnis Dropship skala besar tersebut, dia memberikan gaji untuk satu orang CS sebesar 100ribu per hari. Padahal CS yang dimiliki ada sekitar 20 orang yang melayani orderan.

Itu berarti bisnis online dalam hal ini Dropship sangat menjanjikan sekali, karena tidak membutuhkan modal besar.

Biasanya para pemain dropshipper menjual "lagi" produknya di marketplace seperti shopee, tokopedia, bukalapak.

Penulis Online

Lalu bisnis online selanjutnya yang bisa Anda coba yaitu sebagai penulis online, disini Anda dituntut sudah menguasai penulisan berita maupun artikel.

Dalam hal ini Anda sudah lancar mengetik 10 jari (jika secara teori), jika tidak lancar tidak jadi masalah selama Anda lancar dalam mengetik tulisan dan bisa mengarang tulisan.

Setelah tulisan Anda dirasa enak dibaca dan layak diterbitkan, biasanya ada webmaster atau website yang mau mempekerjakan Anda sebagai penulis.

Dalam sebulan bisnis online sebagai penulis bisa menghasilkan 2 juta rupiah, itu pun kalau belum terlalu tinggi (hasil tulisannya).

Dengan bertambahnya pengalaman dan skill, maka hasil tulisan Anda akan semakin bernilai maka rupiah yang akan didapat juga semakin besar.

Blogger / Webmaster

Bisnis online yang berpeluang mendapatkan uang besar dari internet yaitu sebagai blogger atau webmaster, yaitu mengelola satu atau lebih website yang berkualitas untuk nantinya menjadi ladang uang bagi Anda.

Bisnis online mengelola website sebenarnya membutuhkan modal namun terbilang kecil, untuk modal awal setidaknya Anda harus menginvestasikan dana sebesar 1 juta rupiah untuk membeli hosting dan domain. Kemudian platform website bisa menggunakan CMS wordpress, lalu Anda mulai membuat konten tulisan.

Jika Anda memiliki modal lebih dan tidak bisa menulis, maka Anda bisa menggunakan jasa penulis online (seperti pada pembahasan sebelum ini). Misalkan modal 1 juta untuk membeli artikel berkualitas, kemudian di publish ke website Anda.

Setelah website/blog Anda tinggi ratingnya maka Anda bisa menghasilak puluhan juta rupiah setiap bulannya, bahkan tidak sedikit juga yang menggeluti Bisnis Online blogger di tegal mencapai 200 juta per bulan.

Designer Grafis Online

Bagi Anda yang memiliki hobi dan skill design grafis, Anda bisa mencoba peruntungan di bisnis online juga.

Karena ada beberapa situs yang menyediakan tempat bagi para designer untuk menampilkan hasil editan designnya, sebut saja situs bernama Fiver.com yang dikenal untuk menjajakan hasil designnya.

Didalam fiver Anda selain bisa memajang hasil produk design, bisa juga menawarkan jasa design yang tentunya target klien Anda itu orang luar negeri jadi penghasilan Anda juga dalam bentuk dollar.

Youtuber

Akhir-akhir ini bisnis online sebagai youtuber menjadi tren tersendiri bagi anak muda, karena selain mengincar kekayaan (penghasilan) dari bisnis online youtube, orang itu juga mencari ketenaran.

Banyak sekali para youtuber yang sukses di Indonesia, bahkan di Kabupaten tegal sendiri ada beberapa youtuber terkenal yang sudah memiliki subscriber melimpah.

Sebut saja :

Sate Tegal Kebut, Galuh Cuisine, dan lainnya.

Setidaknya jika Anda sudah memiliki subscriber ratusan ribu dan jam tayang yang cukup tinggi, akan menghasilkan uang diatas 8 juta rupiah setiap bulannya.

Namun karena ketatnya peraturan youtube terbaru membuat gentar para pemain pemula di dunia youtube, untuk itu bagi Anda yang ingin terjun di bisnis online youtube maka harus memikirkan bahwa jangan mencari penghasilan terlebih dahulu melainkan membesarkan channel Anda.

Demikian beberapa bisnis online modal kecil yang bisa Anda kerjakan dirumah, karena sebenarnya tidak hanya jualan dipasar atau kerja dikantor saja yang bisa mendapatkan uang. Kerja didepan laptop dan berselancar didunia maya juga ternyata bisa menghasilkan uang yang tidak sedikit.

Untuk menunjang Anda dalam ber bisnis online, maka perlu mengikuti komunitas yang TERBUKTI anggotanya sudah menghasilkan ribuan dolar perbulan dari internet.

Komunitas bisnis online atau internet marketing tegal yang sedang naik daun ialah IMNU (Internet Marketers nahdlatul Ulama) Kabupaten tegal.

Dalam skala nasional-nya, anggota IMNU ada yang sudah menghasilkan ratusan juta perbulan dan bahkan ada yang sudah milyaran rupiah per bulan. Bagaimana tidak, karena beberapa situs besar di Indonesia ternyata pemiliknya tergabung didalam IMNU (kami tidak dapat menyebutkan, karena privasi).

Bagi Anda yang ingin bergabung dengan komunitas internet marketer terbesar di Indonesia, silahkan hubungi perwakilan cabang IMNU didaerah Anda. Khususnya IMNU Tegal, silahkan komen dibawah ini.

(slawiayu/roy)


Desa : Slawi Kulon, Kecamatan : Slawi, Kab. Tegal #BisnisOnline #IMNU #IMNUTegal #InternetMarketersNahdlatulUlama #AndriKawel #Youtuber #DesignerGrafis #Blogger #Webmaster #PenulisOnline #Dropship #JualBelitegal