Alasan Kenapa Domain Penting Untuk Bisnis

Industri 4.0 saat ini memberikan dampak yang luar biasa terhadap cara hidup masyarakat Indonesia, mulai yang awalnya harus datang ke kantor pos untuk mengirim surat namun dengan perkembangan teknologi saat ini sudah mulai bergeser ke pemanfaatan sumber daya elektronik. Singkat cerita muncul pertanyaan, mengapa domain penting untuk bisnis?

Sebelum kita lebih jauh membahas apa alasan kuat memilih dan menggunakan nama domain dalam usaha (bisnis), kami rasa perlu mengingatkan Anda tentang apa itu domain.

Website Bisnis

Untuk keperluan bisnis di 2019 ini, banyak pelaku usaha mengamini bahwa website merupakan sebuah kewajiban. Tidak sekedar untuk gaya dan punya-punya saja, namun ternyata memiliki banyak fungsi yang dapat meningkatkan penjualan bisnis kita, seperti :

  1. Website,
    • Situs utama bisnis, disini bisa ditampilkan profil perusahaan atau informasi lainya.
    • Situs penjualan, pengunjung website dapat melakukan pembelian karena melihat aneka produk yang ditampilkan.
    • Sistem manajemen, tidak sedikit perusahaan yang memiliki aneka sistem (penjualan, kepegawaian, penggajian, dll) yang ditanam pada website.
    • dll
  2. Email,
    • Promosi, pelaku bisnis dapat mengirimkan aneka penawaran melalui email ke pelanggan atau calon pelanggan.
    • Sharing, perusahaan besar mengirimkan file penting antar divisi dan antar cabang melalui email.
    • dll

Melihat manfaat yang sangat banyak itulah, website bisnis tidak bisa dibuat sembarangan. Karena menentukan bagaimana kedepan anomali ekonomi dalam usaha tersebut, tentunya untuk target global.

Domain Bisnis

Setelah website menjadi hal prioritas maka sudah waktunya Anda menentukan domain untuk bisnis, karena dengan pemilihan nama domain yang baik maka dapat menentukan bagaimana pelanggan Anda kedepan.

Kami ingatkan sekali lagi, bahwa domain adalah sebuah nama yang merujuk ke sebuah website sebagai pengganti alamat IP, contohnya : slawiayu.com / google.com dan lain sebagainya.

Didunia ini ada banyak sekali domain yang ada, namun lazimnya menggunakan domain akhiran dot com (.COM). Jika kita hitung satu persatu, total akhiran domain di dunia ini ada ratusan.

Apa keistimewaan akhiran antar domain tersebut? Sebenarnya tidak ada nilai plus dan minus dari domain tersebut, karena sebenarnya hanya untuk mempermudah klasifikasi saja.

Misal domain akhiran dot id (.ID) menandakan bahwa website tersebut dimiliki atau beroperasi di kawasan Indonesia, domain akhiran dot sg (.SG) menandakan bahwa website tersebut beroperasi di kawasan singapora, dan lain sebagainya.

Bagi pelaku bisnis seperti Anda, kami sangat menyarankan untuk menggunakan nama domain dot com (.COM) atau dot id (.ID) dengan alasan, domain .com lebih familiar bagi sebagian masyarakat Indonesia, sedangkan domain .id sebenarnya sudah mulai digunakan oleh perusahaan besar di Indonesia dan juga akhiran yang cukup singkat, yaitu 2 digit saja.

Bangga Pakai Domain ID
Bangga Pakai Domain ID

Kelebihan domain Indonesia (.ID) antara lain :

  • Identitas Jelas
  • Pembayaran Mudah
  • Lebih Kredibel
  • Lebih Cepat
  • Lebih Aman

Mari kita bahas satu persatu kelebihan domain .ID diatas.

Identitas Jelas

Semua orang yang akan mendaftarkan domain .ID diwajibkan untuk memberikan informasi pribadi secara lengkap seperti KTP (Kartu Tanda Penduduk), ini memudahkan kita untuk mengetahui siapa pemilik website tersebut.

Dalam hal ini tidak semua orang bisa melihat identitas pemilik, namun pemerintah melalui POLRI, KOMINFO, dan pihak Pengelola Nama Domain Internet Indonesia (PANDI) dapat memantau jika terdapat penyalahgunaan website.

Pembayaran Mudah

Tidak seperti pembelian domain luar negeri (internasional) lainnya, metode pembayaran domain .id sudah bisa dipastikan melalui bank lokal (BRI, BNI, Mandiri, BCA, dll), bahkan beberapa penyedia domain dan hosting memberikan fasilitas pembayaran melalui Indomaret dan Alfamaret.

Berbeda jika Anda membeli domain .COM misalnya ke penyedia luar negeri seperti Name*heap atau Go*addy, Anda harus menggunakan creditcard atau paypal untuk membayar biaya domain.

Lebih Kredibel

Pada pembahasan poin satu sudah dijelaskan bahwa pendaftar domain ID wajib menyertakan identitas KTP, karena itulah sudah jaminan bahwa situs domain id akan lebih kredibel. Karena jika menyebarkan berita bohong, palsu, atau ujaran kebentian maka akan lebih mudah dilacak oleh pihak terkait.

Karena itulah mereka yang membuat website untuk berniat jahat, jarang sekali menggunakan domain berakhiran dot ID.

Lebih Cepat

Secara logika dasar saja, domain indonesia pasti akan lebih cepat dibuka oleh pengunjung dari Indonesia. Ini bukan berarti pengunjung dari luar negeri akan lebih berat dan lama, tidak.

Namun dari waktu tempuh (route), masyarakat Indonesia akan lebih cepat membuka domain .ID karena route-nya tidak perlu ke server luar negeri terlebih dahulu untuk sampai ke server Anda.

Lebih Aman

Domain indonesia dijamin lebih aman dibandingkan dengan domain lainnya, karena seperti yang sudah dijelaskan pada poin 1 dan 3 maka bisa dipastikan keamanan data website terjamin.

Jika ada nama domain yang melanggar hukum maka bisa dihapus oleh PANDI setelah dinyatakan bersalah oleh Pengadilan, cukup hebat kan proteksi terhadap domain Indonesia?

Pemilihan Domain Bisnis

Kali ini masuk ke segmen jawaban dari pertanyaan, mengapa domain penting untuk bisnis?

Karena untuk mengembangkan bisnis di era Industri 4.0 tahun 2019 ini, sangat perlu menentukan domain sesuai dengan bisnis Anda atau setidaknya mewakili dari bisnis Anda.

Kriteria berikut ini akan membantu Anda dalam memilih nama domain ID :

  • Gunakan yang mudah di ingat.
  • Jangan gunakan terlalu banyak huruf / kata.
  • Cari yang sesuai dengan bisnis Anda.

Untuk membantu Anda dalam membayangkan kriteria yang ada diatas, kami berikan beberapa contoh nama domain Indonesia untuk kegiatan bisnis.

  • jd.id
  • ot.id
  • kai.id
  • tirto.id
  • jne.co.id
  • shopee.co.id
  • kaskus.co.id
  • zalora.co.id
  • dll

Melihat contoh domain indonesia diatas mungkin Anda sudah ada bayangan mengapa domain penting untuk bisnis, semoga pembahasan kita kali ini bermanfaat untuk Anda semua. Hal yang perlu diingat bahwa penggunaan nama domain Indonesia itu sangat bagus, karena dapat menjadi ciri tersendiri bagi website bisnis Anda kedepan.

(slawiayu/roy)


#namadomain #domain #mengapadomainpentinguntukbisnis #pandi #PengelolaNamaDomainInternetIndonesia #domainpenting #namadomainbisnis #websitebisnis