6 Aplikasi Tes Kecepatan Internet Ini Dijamin Mudah Dan Akurat

Tes kecepatan internet menjadi sesuatu yang penting bagi pengguna internet, seperti game online. Kecepatan internet dibutuhkan pemain game online untuk memastikan sesi gaming mereka dapat berjalan dengan nyaman, karenanya speed test 2021 terbaik harus diketahui.

Selain untuk gaming, kecepatan internet juga diperlukan untuk memasang Wi-Fi dan memastikan biaya bulanan yang dibayarkan sesuai dengan kecepatan yang didapat.

Untuk melakukan tes kecepatan internet, kamu bisa menggunakan aplikasi. Ada beberapa aplikasi yang dapat kamu gunakan untuk mengetes kecepatan internet.

Aplikasi Tes Kecepatan Internet

Kamu mungkin selama ini bingung cara melakukan tes kecepatan internet. Berikut ini beberapa aplikasi yang bisa digunakan untuk mengetahui kecepatan internet yang kamu gunakan.

-Speedtest by Ookla

Speedtest by Ookla biasa digunakan untuk mengecek kecepatan download, upload maupun ping. Selain itu, aplikasi ini juga dapat digunakan untuk mengetahui resolusi ideal untuk streaming.

Speedtest by Ookla akan memutar beberapa klip untuk melihat jumlah resolusi maksimal yang dapat dicapai saat streaming video. Aplikasi ini nantinya akan meminta akses lokasi dan lainnya agar dapat bekerja dengan maksimal.

Speed Test 2021
Speed Test 2021

 

-Speedtest Master

Dengan menggunakan Speedtest Master, kamu bisa langsung mengetahui kecepatan internet dengan mudah. Sayangnya, untuk mengetes kecepatan download dan upload, harus melewati iklan yang muncul terlebih dahulu.

Selain firur utama, Speestest Master juga dibekali dengan beberapa fitur sampingan, seperti pendeteksi jaringan Wi-Fi di sekitar dan mengetahui kekuatan sinyal Wi-Fi. Jika ingin bebas dari iklan, kamu bisa menggunakan aplikasi yang versi premiumnya.

-Meteor

Untuk mengetahui kecepatan internet pada jaringan 3G, 4G, 5G maupun Wi-Fi, kamu bisa memanfaatkan aplikasi Meteor. Hanya dalam hitungan detik aplikasi ini sudah bisa menampilkan hasil dengan akurat.

Aplikasi ini mampu menampilkan detail dari kecepatan download, upload dan ping. Meteor dibekali dengan fitur ekstra, yaitu kemampuan mengetes aplikasi, seperti Maps, Youtube dan Chrome apakah berjalan maksimal pada koneksi internet kamu.

-WiFi Router Master

Banyak yang WiFi Router Master untuk mengetahui kecepatan internet dan siapa saja yang terkoneksi ke jaringan WiFi, serta mengecek kekuatan sinyal. Pada aplikasi ini kamu juga bisa mengakses riwayat pengecekan dan informasi lainnya dari jaringan internet koneksi kamu.

Sayangnya, WiFi Router Master memiliki iklan yang harus dilewati saat menggunakannya.

-Speed Test

Speed Test merupakan aplikasi yang mudah digunakan untuk mengetahui kecepatan koneksi Hp. Aplikasi ini mampu mengecek kecepatan download, upload dan ping rate.

Speed Test mengusung UI simpel yang memudahkan kamu menggunakannya. Kamu juga akan mendapatkan detail ekstra seperti jaringan yang terhubung serta waktu pengetesan. Aplikasi ini tidak dibekali dengan banyak fitur tambahan, tetapi hasil pengetesan yang ditampilkan sangat akurat.

-Internet Speed Test Meter

Dengan Internet Speed Test Meter kamu bisa mendapatkan informasi mengenai kecepatan download dan upload dari koneksi yang terhubung ke hp. Aplikasi ini dibekali dengan UI sederhana dan mudah dinavigasikan.

Sama halnya dengan aplikasi sejenisnya, Internet Speed Meter juga mempunyai opsi mode gelap jika kamu membutuhkan. Hasil dari pengetesan yang dilakukan dengan aplikasi ini akan tersimpan dan dapat dilihat pada tab riwayat.

Sayangnya, aplikasi ini memiliki iklan dan akses pengecekan yang terbatas setiap harinya. Namun, kamu bisa menggunakan versi premium agar terbebas dari iklan dan akses yang tidak terbatas.

Demikianlah 6 aplikasi tes kecepatan internet yang dijamin mudah dan akurat. Silakan kamu pilih yang terbaik dan sesuai dengan kebutuhan kamu.

(slawiayu/andriyanto)


#Speed #Test #Speedtest #tes #kecepatan #teskecepatan #kecepataninternet