BERITA
Home » Kesehatan » Obat Radang Tenggorokan di Apotik
Obat Radang Tenggorokan di Apotik
Obat Radang Tenggorokan di Apotik

Obat Radang Tenggorokan di Apotik

Kita akan sangat menderita ketika mengalami radang tenggorokan, karena tenggorokan akan terasa sakit dan panas kemudian sulit untuk menelan makanan maupun minuman. Ketahui Obat Radang Tenggorokan di Apotik yang dapat anda beli tanpa resep dokter.

Berikut ini beberapa Obat Radang Tenggorokan di Apotik yang dapat membantu mencegah infeksi pada kerongkongan, karena kalau dibiarkan saja maka akan terjadi infeksi yang semakin parah.

Faringitis atau radang tenggorokan pada umumnya akan sembuh dengan sendirinya dalam jangka waktu satu minggu, tapi kebanyakan orang tidak tahan dengan sakit yang dirasakan. Apakah ada Obat Radang Tenggorokan di Apotik yang dapat mengurangi rasa sakit yang dirasakan?

Ternyata ada Obat Radang Tenggorokan di Apotik yang bisa kita beli tanpa resep dokter, karena ada beberapa jenis obat yang tidak boleh diedarkan secara bebas. Nah, kali ini beberapa obat sakit tenggorokan yang bisa dibeli tanpa resep di apotek.

Obat Radang Tenggorokan di Apotik

1. Ibuprofen

Obat radang tenggorokan yang pertama ialah Ibuprofen, sebuah obat anti peradangan ini cukup ampuh untuk penderita radang tenggorokan. Ibuprofen tergolong obat nonsteroidal anti-inflammatory (NSAID).

Obat sakit tenggorokan ini menghalangi substansi alami tubuh secara berlebih yang menjadi penyebab peradangan, manfaat lain dari Ibuprofen ialah mengurangi nyeri dan bengkak yang terjadi.

Cara pakai Obat Radang Tenggorokan Ibuprofen ialah setiap 4-6 jam diminum dengan segelas air 250ml, kecuali jika anda berobat dan mendapat anjuran berbeda dari dokter.

Jangan berbaring setelah minum obat ini, berikan jangka waktu tunggu 10 menit terlebih dahulu baru anda bisa berbaring. Ada beberapa orang yang akan mengalami sakit perut setelah konsumsi obat Ibuprofen, maka barengi dengan minum susu, makan atau antasida (obat asam lambung).

2. Aspirin

Asetil salisilat atau yang biasa disebut dengan Aspirin merupakan Obat Radang Tenggorokan di Apotik, sebuah olahan senyawa salisin yang terkandung pada tumbuhan. Senyawa ini memiliki fungsi yang sangat bagus, aspirin menghambat enzim yang mengatur prostaglandin atau senyawa dalam tubuh yang pada saat terjadi peradangan akan diproduksi meningkat.

Penggunaan Obat Radang Tenggorokan di Apotik aspirin sebagai anti demam dan anti nyeri dan peradangan ialah 300~900 mg yang diberikan setiap 4-6 jam. Pemberian aspirin maksimal dalam sehari ialah 4gram, jika berlebihan maka akan memberikan efek samping.

3. Methylprednisolone

Yang ketiga Obat Radang Tenggorokan di Apotik merupakan sejenis steroid yang dapat menekan immunosupresan (kekebalan tubuh), sehingga dapat mengurangi gejala inflamasi atau peradangan seperti nyeri, demam dan pembengkakan.

Biasanya methylprednisolone untuk meredakan alergi dan nyeri, tapi bisa juga untuk penyakit lain seperti Crohn, beberapa jenis kanker, ulseratif kolitis, dan asma.

Namun untuk mendapatkan methylprednisolone anda harus memiliki resep dokter.

Begitulah beberapa Obat Radang Tenggorokan di Apotik yang bisa anda beli, beberapa tanpa resep dokter dan beberapa lagi dengan resep dokter. Namun jika anda masih kurang yakin, akan lebih aman anda konsultasikan kepada dokter atau ahli mengenai sakit tenggorokan anda.

Obat Radang Tenggorokan di Apotik
55133
Komentar