BERITA
Home » Hiburan » Serba Serbi » 4 Makanan Khas Purwokerto
4 Makanan Khas Purwokerto
4 Makanan Khas Purwokerto

4 Makanan Khas Purwokerto

Pada postingan yang lain kita sudah membahas makanan enak di tegal, sekarang kita akan mengulas tentang makanan khas purwokerto. Kenapa harus purwokerto, karena masyarakat tegal khususnya SlawiAyu banyak yang kuliah di purwokerto. Bagi mereka yang sudah lama tidak ke kota ini, atau akan mengunjungi kota “medok” ini perlu tau apa saja makanan khas purwokerto.

Tanpa bertele-tele lagi, mari kita langsung melihat daftar makanan khas purwokerto yang paling disukai orang.

Makanan Khas Purwokerto, Mendoan

Mendoan merupakan makanan khas purwokerto yang menempati urutan paling dikenal masyarakat luas, mendoan merupakan varian dari tempe. Mendoan purwokerto terbuat dari kedelai sehingga memiliki kandungan serat dan protein yang sangat tinggi.

Perbedaan mendoan dengan tempe biasanya yaitu biasanya mendoan itu tempe yang belum terlalu matang (dalam fermentasinya), lalu di iris tipis kemudian dilumuri dengan adonan tepung yang sudah dicampur bumbu. Kemudian ciri paling terlihat yaitu ketika mendoan digoreng sebentar alias setengah matang, ini akan memberikan sensasi dan rasa mendoan terlihat menonjol.

Makanan khas purwokerto ini paling enak ketika dimakan dalam kondisi panas, lalu dicocol dengan kecap cabai, aduuh rasanya sangat menggoda sekali. Saat ini keberadaan mendoan bisa ditemukan diberbagai tempat, di SlawiAyu pun tidak sedikit yang menjual tempe mendoan. Tapi ingat ya, mendoan itu setengah matang, kalau mendoan yang dijumpai di Slawi dan Tegal kebanyakan digoreng mateng sekali jadi cita rasa mendoan asli tidak ada. Mendoan di slawi (tegal) lebih condong ke tempe goreng biasa, karena tempe (fermentasi) sudah matang kemudian digoreng matang, itu ya namanya tempe goreng tepung biasa.

Kalau ingin mencoba makanan khas purwokerto yang asli, memang paling enak ya harus datang ke purwokerto. Anda akan menemukan perbedaan antara mendoan purwokerto dengan mendoan tegal, bagaimana apa tertarik?

Makanan Khas Purwokerto, Soto Sokaraja

Lalu makanan khas purwokerto berikutnya yaitu soto sokaraja, kenapa disebut sebagai soto sokaraja karena soto ini berasal dari daerah Sokaraja – Purwokerto. Soto ini unik karena dibuat dengan kuah kacang lalu toppingnya kerupuk warna warni, dinikmati dengan kuah kaldu yang cukup kental.

Soto sokaraja yang berlokasi di purwokerto yaitu disekitar Jalan Bank, katanya dulu mantan presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) pernah menikmati hidangan ini disini.

Makanan khas purwokerto ini ada dua pilihan yaitu menggunakan daging ayam dan daging sapi, anda lebih suka yang mana? Jangan pilih-pilih begitu, langsung sikat saja dua porsi.

Makanan Khas Purwokerto, Lumpia Boom

Lumpia merupakan makanan khas semarang dengan nama lunpia, tapi ditangan pengusaha kreatif asal purwokerto bisa menyulap lunpia semarang yang berisi rebung (bambu muda) menjadi tidak biasa.

Lumpia Boom Purwokerto ini menjadi salah satu tempat paling ramai dikunjungi oleh mahasiswa dan para wisatawan, selain rasanya sangat enak juga harganya cukup murah untuk kalangan mahasiswa (anak kos).

Makanan Khas Purwokerto

Makanan Khas Purwokerto

Alasan makanan khas purwokerto ini disebut Lumpia Boom karena ukuran lumpia purwokerto ini tidak lazim, lumpia boom memiliki panjang 20CM dan diameter 4CM. Wooow, dijamin anda puas makan lumpia boom. Berbeda dengan lumpia semarang yang hanya dijadikan cemilan, Lumpia Boom justru lebih lezat sebagai lauk pendamping nasi.

Lumpia Boom isinya bukan rebung melainkan berbagai sayuran yang kita bisa memilih isian seperti

  1. Lumpia Boom Ayam
  2. Lumpia Boom Jamur
  3. Lumpia Boom Bakso
  4. dll

Warung lumpia bom bisa anda lihat di beberapa titik di purwokerto, yang paling fenomenal yaitu di komplek Unsoed tepatnya pertigaan pabuaran. Harga lumpia boom mulai 6 ribu rupiah hingga 15 ribu rupiah, cukup murah kan.

Makanan Khas Purwokerto, Getuk Goreng

Biasanya getuk dibuat dengan cara di rebus/kukus, tapi getuk sokaraja ini digoreng. Karena unik makanan khas purwokerto ini biasa dijadikan oleh-oleh khas purwokerto, karena selain rasanya enak juga dapat bertahan cukup lama.

Begitulah makanan khas purwokerto yang menjadi primadona masyarakat lokal dan pendatang, apakah anda sudah pernah mencicipi salah satu dari yang dijelaskan diatas? Atau anda memiliki referensi lain makanan khas purwokerto yang belum disebutkan atau belum diketahui orang lain, tulis di komentar ya.

4 Makanan Khas Purwokerto
55125
Komentar