Home » Bisnis » Usaha Ternak Kambing Etawa Paling Berhasil
Usaha Ternak Kambing Etawa Paling Berhasil
Usaha Ternak Kambing Etawa Paling Berhasil

Usaha Ternak Kambing Etawa Paling Berhasil

Saat ini usaha ternak kambing etawa sedang populer di sekitar kita, karena memang kambing ini prospeknya cukup bagus. Kambing Etawa merupakan jenis kambing yang berasal dari Etawah (daerah india), dinegara asalnya kambing ini disebut sebagai kambing Jamnapari.

Peternakan Kambing Etawa

Jika kita menilik manfaat yang bisa diambil serta peran yang ada, kambing ettawa termasuk jenis yang dwiguna yaitu kita bisa mengambil susu dan dagingnya. Bahkan tidak sedikit di Indonesia yang mengadakan kontes Kambing Etawa, mulai dari bentuk tubuh hingga keindahan yang ada.

Postur tubuh kambing ettawa ialah tubuh yang besar serta memiliki telinga menggantung panjang, bentuk muka agak cembung, tanduk yang dimiliki tergolong pendek, dan yang menarik yaitu bulu sekitar paha kaki belakang yang gondrong (panjang).

Pejantan kambing etawa bobot maksimalnya 90 kg, sedangkan kambing etawa betina hanya 60 kg saja. Walau bobot maksimal betina lebih ringan daripada jantan, tapi betina dapat menghasilkan susu kambing etawa 3-4 liter setiap harinya ketika puncak laktasi.

Bisnis ternak kambing etawa sebenarnya sudah berlangsung lama, yang terkenal yaitu wilayah Gumelar Banyumas dan Kaligesing Purworejo. Sedangkan ditempat lain sudah mulai dikembangkan PE (peranakan etawa) seperti di Lampung, Palembang, Sukabumi, Banyuwangi, Bogor dan Bandung.

Salah satu berternak unggulan di indonesia salah satunya tentu ternak kambing etawa, karena bisa menghasilkan keuntungan yang tidak main-main bagi pelaku usaha. Apakah Anda tertarik memulai ternak kambing etawa? Seperti apa cara ternak kambing etawa agar bisa menghasilkan keuntungan yang banyak? Berikut penjabaran tentang bisnis etawa.

Jenis Kambing Etawa

Sebenarnya kambing etawa itu hanya ada satu jenis saja, namun kalau dilihat dari kelas, fisik serta peranakan pembibitan yang telah dilakukan maka kambing etawa bisa dibagi menjadi beraneka jenis yaitu Etawa Super, Etawa Senduro, Etawa Kaligesing.

Kambing Etawa Super

Kambing etawa super merupakan dambaan bagi setiap pecinta kambing etawa khususnya keperluan kontes, karena postur tubuh yang besar dan cantik, memeliharanya yang sangat mudah dan poin utama yaitu harga Etawa Super yang cukup tinggi daripada jenis lainnya.

Kambing Etawa Senduro

Jenis kambing ettawa senduro adalah hasil silang dari Lumajang Jawa Timur, yang lebih persisnya dari kecamatan Senduro. Kambing ini dinamakan senduro karena ketika bencana gunung merapi, terjadi keajaiban yaitu semua peternak kambing etawa selamat yang kemudian kambing ini naik pangkat dihati para peternak. Ciri-ciri kambing etawa senduro ialah warna bulu yang berwarna putih di kepala dan kaki.

Kambing Etawa Kaligesing

Nama kaligesing diambil dari nama daerah Kaligesing Purworejo yang merupakan hasil silang kambing india (etawa) dengan kambing lokal, hasilnya kambing berbulu lebat berwarna putih cokelat, bercak hitam (dalmation). Kambing Etawa Kaligesing merupakan jenis yang biasa digunakan sebagai penghasil susu kambing etawa dan beberapa juga untuk kontes.

Usaha Ternak Kambing Etawa Paling Berhasil
55142
Komentar