Home » Bisnis » Memilih Bibit dan Persiapan Kandang Kambing Etawa
Memilih Bibit dan Persiapan Kandang Kambing Etawa
Memilih Bibit dan Persiapan Kandang Kambing Etawa

Memilih Bibit dan Persiapan Kandang Kambing Etawa

Ketika Anda akan memulai usaha ternak kambing etawa, hal yang paling penting yaitu memilih bibit dan persiapan kandang kambing etawa. Karena jika Anda memilih bibit yang salah, maka hasil produksi Anda juga tidak bagus. Kemudian dengan kandang yang baik, maka kesehatan dan pemeliaraan kambing etawa akan lebih mudah.

Memilih Bibit Kambing Etawa

Dalam upaya pengadaan bibit indukan maupun anakan kambing etawa yang kualitas unggul, alangkah baiknya jika Anda membeli dari kelompok peternak kambing etawa yang sudah memiliki nama yang baik dan juga terpercaya dalam menjual bibit kualitas super.

Ciri-ciri kambing etawa pejantan yang bagus ialah :

  1. Tidak cacat fisik
  2. Punggung lurus
  3. Postur besar
  4. Kaki kokoh
  5. Umur minimal 1,5 tahun

Ciri-ciri kambing etawa betina yang bagus ialah :

  1. Postur tubuh proporsioal
  2. Jinak
  3. Puting bagus (lengkap) dan kenyal
  4. Kaki lurus

Kemudian hal yang jangan sampai ketinggalan ketika memilih hewan ternak, pastikan kambing etawa yang dibeli tidak dalam kondisi sakit.

Cara paling ampuh dalam menentukan bibit unggul atau bukan, bisa Anda lihat keturunan secara langsung di kandang. Amati satu persatu semua anakan dari indukan yang ada (1 keturunan), apakah yang dilahirkan sama atau tidak. Maksudnya kepala, bulu, telinga apakah ada anakan yang cacat atau tidak.

Telinga kambing yang bagus ialah yang menjuntai lemas kebawah dan juga panjang, bahkan jika semakin panjang maka semakin bagus kambing tersebut. Kemudian dicek juga apakah anak kambing (cempe) yang ada memiliki tulang yang kuat, karena dengan tulang kambing etawa yang kuat maka tingkat keberhasilan produksi kambing etawa yang besar akan berhasil.

Kandang Kambing Etawa

Dalam bisnis ternak kambing etawa, syarat kedua yang harus Anda perhatikan secara matang yaitu Persiapan Kandang Kambing Etawa. Memilih lokasi kandang juga tidak boleh sembarangan, maksudnya Anda jangan membuat peternakan kambing etawa ditengah perumahan. Tentu saja hal ini akan mengganggu warga sekitar karena bau yang begitu menyengat, untuk itu setidaknya Anda harus memiliki tempat yang luas (sirkulasi udara yang lancar) dan lingkungan yang teduh namun terkena sinar matahari.

Kandang Kambing Etawa Yang Benar

Kandang Kambing Etawa Yang Benar

Kandang kambing merupakan penentu keberhasilan ternak kambing etawa, karena tempat hidup habitat kambing serta melindungi dari cuaca yang tidak menentu. Kandang kambing etawa yang sanitasi kesehatannya baik maka juga tingkat keberhasilan usaha ternak kambing etawa Anda.

Kandang kambing sebaiknya dibuat menggunakan bahan yang kuat namun harganya murah karena untuk menekan biaya produksi, lalu ventilasi yang cukup, serta tempat makan yang bisa dengan mudah dijangkau.

Tidak ketinggalan pula ketika membuat kandang kambing etawa, sirkulasi kotoran harus dibuat lancar. Maka dari itu bentuk kandang kambing seperti rumah panggung dan alasnya biasanya menggunakan bambu (pring) agar kotoran bisa dengan mudah dibuang kebawah.

Saat Anda akan berternak kambing etawa, seekor kambing etawa membutuhkan 1 x 1,5 = 1,5 m2. Jadi kalau Anda akan memelihara 10 ekor kambing ettawa, maka luas satu kandang setidaknya 15 meter persegi.

Namun perlu Anda pertimbangkan lagi ketika akan membangun kandang kambing etawa, untuk membuat kandang lebih luas dari estimasi awal. Hal ini bentuk antisipasi jika kambing tersebut beranak atau perluasan bisnis ternak etawa, Anda sudah persiapan sejak awal.

Begitu juga jika Anda membuat kandang kambing terlalu luas, maka kambing etawa akan bersifat agresif dan akan membuat tubuh kambing kurus karena banyak bergerak.

Kambing etawa beranak: 130cm x 150cm /ekor
Kambing etawa indukan: 100cm x 150cm /ekor
Kambing etawa anakan: 100cm x 125cm /ekor
Kambing etawa pejantan: 130cm x 150cm /ekor
Kambing etawa dewasa: 130cm x 150cm /ekor

Memilih Bibit dan Persiapan Kandang Kambing Etawa
55149
Komentar