BERITA
Home » Bisnis » Membuat Kerajinan Dari Barang Bekas
membuat kerajinan dari barang bekas potongan kayu
membuat kerajinan dari barang bekas potongan kayu

Membuat Kerajinan Dari Barang Bekas

Era modern sekarang ini diperlukan generasi kreatif, salah satunya yang bisa membuat kerajinan dari barang bekas. Karena sekarang ini banyak sekali produk asal indonesia yang di export keluar negeri, padahal produk tersebut dibuat dari barang bekas.

Lalu apa saja contoh dari produk yang berhasil dikirim keluar negeri, mari kita membuat kerajinan dari barang bekas berkualitas.

1. Membuat Kerajinan Dari Barang Bekas Kaleng Susu Anak

membuat kerajinan dari barang bekas kaleng susu tempat tisu

membuat kerajinan dari barang bekas kaleng susu tempat tisu

Apakah anda memiliki kaleng susu anak yang sudah tidak terpakai, coba dengan sedikit kreatifitas maka bisa disulap menjadi tempat tisu. Dalam membuat kerajinan dari barang bekas kaleng susu bisa dikatakan sangat mudah, karena anda hanya perlu membersihkan kaleng susu kemudian diberikan cat dasar.

Setelah memberikan cat dasar berwarna putih, kemudian bisa diberi warna sesuai dengan kesukaan. Untuk membuat kerajinan dari barang bekas kaleng susu anak yang bernilai ekonomis, perlu sedikit sentuhan seni yaitu dengan menggambar aneka macam seperti bunga, hewan, dan berbagai macam lainnya.

2. Membuat Kerajinan Dari Barang Bekas Kardus

membuat kerajinan dari barang bekas kardus celengan

membuat kerajinan dari barang bekas kardus celengan

Melihat begitu banyaknya kardus tidak terpakai membuat orang kreatif berfikir, membuat kerajinan dari barang bekas seperti apa yang berbahan dasar kardus. Ternyata kardus bekas bisa dibuat celengan imut dan juga boneka danbo, dan membuat celengan kardus ini juga mudah kok.

Untuk membuat kerajinan dari barang bekas kardus, anda harus menyiapkan kardus yang teksturnya keras dan tebal. Lalu menggambar pola untuk dibuat celengan, setelah pola dibuat maka potong kardus itu sesuai pola.

Untuk mengkaitkan sisi-sisi bagian kita akan menggunakan cableties (kabeltis), hal ini akan menjadikan tampilan semakin cantik dan memiliki nilai artistik. Berbeda jika hanya menggunakan lem, akan terlihat seperti prakarya anak SD saja.

Jika anda tidak memiliki cableties maka bisa diganti dengan tali yang diikatkan melalui bagian dalam, maka akan tersambung rapi dan kuat.

3. Membuat Kerajinan Dari Barang Bekas Kulit Telur

membuat kerajinan dari barang bekas kulit telur

membuat kerajinan dari barang bekas kulit telur

Berbekal kulit telur ayam yang biasa untuk jamu, ternyata kita bisa membuat kerajinan dari barang bekas yang bernilai seni. Kulit telur dijadikan sebagai pot tanaman, tapi tentu saja tanaman hias yang ukurannya mini.

Ternyata membuat kerajinan dari barang bekas dengan kulit telur seperti ini sudah banyak dipraktekkan di beberapa negara seperti jepang dan korea, karena tekstur serta bentuk kulit telur yang unik sangat cocok dijadikan wadah tanaman hias mini.

4. Membuat Kerajinan Dari Barang Bekas Kaleng

membuat kerajinan dari barang bekas lilin kaleng

membuat kerajinan dari barang bekas lilin kaleng

Kaleng susu bendera atau kaleng bekas sarden ternyata juga bisa dimanfaatkan untuk membuat kerajinan dari barang bekas, salah satunya dibuat tempat lampu atau tempat lilin. Tak tanggung-tanggung, hanya kerajinan seperti ini saja laku dijual seharga 80 ribu rupiah untuk satu buah.

Cara membuat kerajinan dari barang bekas kaleng yaitu dengan mencuci bersih, kemudian di cat dengan warna kesukaan. Lalu agar menambah nilai seni dalam membuat kerajinan dari barang bekas, kita lubangi agar membentuk sesuatu. Misalnya bentuk daun, karakter kartun, dan lain sebagainya.

Tempat lilin dengan kaleng bekas ini selain mudah dibuat juga murah biaya pembuatannya, padahal untuk membuat kerajinan dari barang bekas ini paling modal hanya 10 ribu rupiah saja. Namun jika sudah menjadi kreasi dan bernilai seni, bisa melipat gandakan harga.

5. Membuat Kerajinan Dari Barang Bekas Botol Minuman

membuat kerajinan dari barang bekas pot bunga

membuat kerajinan dari barang bekas pot bunga

Hanya dengan botol minuman 1 liter, kita dapat membuat kerajinan dari barang bekas yang sangat cantik. Caranya siapkan botol bekas sp*it atau f*nta ukuran 1 liter, kemudian bersihkan.

Lalu kita membuat kerajinan dari barang bekas ini dengan menggunting sesuai dengan bentuk yang diinginkan agar terlihat sebuah karakter lucu dan imut, lalu diberi warna dasar. Setelah warna dasar rata dan kering, kemudian berikan warna garis agar semakin jelas bentuk dan gambar karakter yang kita buat.

Fualla kita sudah berhasil membuat kerajinan dari barang bekas dengan botol plastik 1 liter, selain bentuknya comel juga bisa dimanfaatkan sebagai pot bunga plastik atau tempat pensil.

Begitulah kira-kira cara membuat kerajinan dari barang bekas yang sedang digemari anak muda kekinian, terlebih lagi untuk masyarakat SlawiAyu (kabupaten tegal) wajib berkreasi agar tercipta produk unggulan dari Tegal.

Semoga tulisan ini menjadi inspirasi bagi kita semua agar selalu meningkatkan kreatifitas, hanya dengan barang bekas yang awalnya tidak bernilai maka akan menjadi sebuah karya yang akan dibeli orang dengan harga yang cukup tinggi. Selamat mencoba.

Membuat Kerajinan Dari Barang Bekas
55135
Komentar