BERITA
Home » Berita » Akan Terbit Al-Quran Bahasa Tegal
Akan Terbit Al-Quran Bahasa Tegal Slawi Ayu
Akan Terbit Al-Quran Bahasa Tegal Slawi Ayu

Akan Terbit Al-Quran Bahasa Tegal

Beberapa waktu yang lalu Kementerian Agama menerbitkan kitab suci umat islam Al-Quran dengan terjemahan berbagai bahasa daerah diseluruh nusantara, seperti Al-Quran terjemah bahasa jawa sudah cukup lama diterbitkan.

Baru-baru ini telah terbit Al-Quran Umat Islam dengan daerah Nusantara, khususnya menggunakan bahasa Banyumasan.

Ahmad Tohari, seorang sastrawan serta budayawan terkenal dari Jatilawang Banyumas memiliki inisiatif untuk menterjemahkan kitab suci umat Islam ini dalam bahasa banyumas.

Seolah tidak terima dengan majunya tetangga sebelah, budayawan Tegal juga ingin menerbitkan Alquran dengan terjemahan Bahasa Jawa Tegal alias Bahasa Tegalan.

Beberapa tim budayawan Tegal mendatangi Ahmad Tohari untuk berdiskusi mengenai penyusunan Alquran (bahasa daerah) Bahasa Tegalan.

Atmo Tan Sidik merupakan salah satu tim sastrawan dan budayawan Tegal yang menyusun Quran Bahasa Tegal.

“Persoalan bangsa di Indonesia sekarang ini yaitu umat islam tidak memahami kitab sucinya dan tidak diterapkan kedalam kehidupan sehari- hari. Salah satu ikhtiar yang dapat dilakukan ialah dengan Alquran menggunakan terjemahan bahasa daerah, pasti lebih mudah dipahami masyarakat lokal” kata Atmo.

Disamping itu juga dalam upaya melestarikan Bahasa Tegalan, kita ketahui bahwa bahasa tegal hampir punah karena banyaknya kosakata baru.

“Sebenarnya, yang membuat terjemahan Alquran itu berasal dari tim ahlinya Kementerian Agama. Kami hanya memberikan masukan beberapa kosakata bahasa asli Tegal” imbuhnya.

Maestro Pelestari Warisan Budaya ini meminta doa kepada seluruh masyarakat Tegal agar proses penyusunan Al-Quran Bahasa Tegal ini diberikan kelancaran dan kemudahan.

Akan Terbit Al-Quran Bahasa Tegal
55133
Komentar